Cara Membuat Blog Gratis Bagi Pemula

Panduan Cara Membuat Blog Gratis Bagi Pemula

Bagaimana sih cara membuat blog gratis bagi pemula? Dalam artikel singkat ini akan kami jelaskan bagaimana membuat blog secara gratis tanpa ribet.

Tapi sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan blog?

Apa itu Blog?

Blog merupakan jurnal atupun bisa disebut sebagai diari online yang bisa dibaca di Internet. Blogger merupakan orang yang membagikan cerita mereka melalui blog. Dan Blogging adalah istilah mereka yang melakukan dan membuat tulisan di blog.

Ada banyak tulisan yang bisa diluangkan dalam tulisan blog. Ada yang berupa cerita pengalaman pribadi ataupun cerita fiksi yang bertujuan untuk menghibur. Ada juga tulisan blog yang ditujukan untuk mencari traffic dan monetisasi. Jadi, kembali kepada pribadi masing – masing tujuan mereka membuat blog untuk apa.

Platform Blog Gratisan

Ada banyak sekali platform blog gratisan yang tersebar di dunia maya, tetapi hanya beberapa saja yang terkenal dan banyak digunakan oleh mereka para pemulu maupun para expert di duni blogging. Diantaranya adalah Blogger, WordPress, dan Tumblr. Tetapi, saat ini lebih banyak digunakan adalah Blogger dan WordPress.

Untuk WordPress sendiri, ada yang versi berbayar atau dengan menggunakan self hosting. Self hosting adalah hosting yang kamu beli sendiri dan bisa dikoneksikan dengan domain seperti https://www.namablogku.com. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba membuat blog dengan WordPress di hosting kamu bisa mencoba hosting gratis dari penyedia web hosting gratis terbaik di Indonesia.

Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

Kali ini kami akan memberikan tips cara membuat blog gratisan bagi pemula dengan menggunakan Blogger. Ya, blogger merupakan salah satu platform yang memberikan layanan gratis dalam hal pembuatan blog. Bagaimana caranya?

  • Yang pertama wajib kamu lakukan adalah registrasi akun Email di Gmail. Jika sudah memiliki, kamu bisa lanjut langkah dibawah.
  • Lanjut, kamu silahkan untuk login di Blogger.com.
  • Masukkan email dan password yang sudah kamu buat, email ini akan menjadi email akun Blogger kamu.
  • Jika ada ditampilkan halaman popnya, silahkan klik “Saya Setuju“.
  • Selanjutnya, kamu masukkan nama Profile Blogger kamu, kemudian pilih Lanjutkkan ke Blogger.
  • Kemudian, kamu bisa klik BUAT BLOG BARU.
  • Masukkan nama Blog kamu dan URL Blog yang kamu inginkan.
  • Silahkan pilih tema / template blog yang kamu inginkan.
  • Selesai.

Mudah bukan membuat blog gratis dengan Blogger? Selanjutnya adalah kamu dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam menghadirkan tulisan – tulisan terbaik agar semakin banyak yang berkunjung ke Blog kamu.

Nah, ketika kamu berhasil membuat blog gratis nama url blog kamu adalah misal https://namablogku.blogspot.com. Apakah bisa menjadi https://www.namablogku.com? Yaps, tentu saja bisa kamu harus melakukan yang namanya custom domain di blogspot.

Pentingkah Custom Domain di Blogspot?

Cara custom domain di Blogspot pun sangat mudah, tetapi ada hal yang lebih penting yaitu terlebih dahulu membeli domain yang kamu inginkan. Kami mempunyai informasi promo domain murah dari Niagahoster bagi kamu yang mencari domain murah.

Nah, pentingkan mengcustom domain blog kamu? Menurut kami sangat penting karena itu akan menambahkan nilai branding dari Blog kamu. Apalagi blog dengan menggunakan nama domain pribadi ataupun nama bisnis yang ingin dikenal khalayak ramai.

Bagaimana informasi mengenai cara membuat blog gratis bagi pemula yang kami share kali ini? Semoga banyak memberikan manfaat bagi para pembaca ya, karena kami akan semakin semangat memberikan artikel – artikel bermanfaat disini.

Tinggalkan komentar