Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Contoh Abstrak

8 min read

Para akademisi dituntut memahami contoh abstrak yang baik dan benar. Ini berlaku pula pada sistem pendidikan di Indonesia. Sedari awal, kita diperkenalkan struktur dan teknik penulisan yang tepat. Bagaimana menemukan permasalahan, menggunakan teori, hingga membedah dan menyajikannya dalam sebuah tulisan baik offline maupun online.

Abstrak sendiri menjadi ringkasan singkat yang menjelaskan sebuah karya tulis. Tak cuma berisi ringkasan, abstrak juga membantu penulis untuk tetap berada di jalur. Semua pokok bahasan telah ditentukan di awal, sehingga tulisan tidak terlalu melebar maupun mengerucut. Pembaca pun akan lebih mudah memahami alur dan tujuan serta hasil penelitian yang ingin disampaikan.

Dalam dunia akademisi sendiri, ada berbagai macam abstrak yang bisa dipelajari. Setiap abstrak punya ciri khas dan keunikannya masing-masing. Anda bisa mempelajari kerunutan penulisan dari ringkasan tulisan tersebut. Untuk lebih memahami cara kerja abstrak, beberapa contoh akan membantu Anda lebih jauh.

Contoh Abstrak
Contoh Abstrak

Contoh Abstrak Karya Ilmiah

Karya tulis ilmiah lazim ditemukan dan dikirimkan oleh akademisi dalam suatu acara. Umumnya, abstrak yang disertakan menjelaskan secara ringkas dan padat sistematika tulisan. Misalnya saja, tulisan terkait pendidikan, kondisi sosial, kesehatan, maupun teknologi. Anda bisa menemukan kata kunci yang mempermudah memahami isi abstrak secara keseluruhan. Di bawah ini, sebuah contoh abstrak karya ilmiah bisa menjadi refleksi atau pembelajaran. Untuk Anda yang hendak download formatnya bisa lihat disini abstrak karya ilmiah PDF.

Contoh Abstrak Karya Ilmiah
Contoh Abstrak Karya Ilmiah

Memberantas Buta Aksara Melalui Mendongeng Cerita Rakyat

Buta aksara menjadi masalah pemerintah Indonesia sejak beberapa dekade silam. BPS mencatat sekitar 3,29 juta penduduk Indonesia masih mengalami buta huruf. Para  penderita berada di rentang usia 15 – 59 tahun dan tersebar di 11 provinsi. Mendongeng bisa menjadi salah satu upaya pemberantasan buta huruf di kalangan anak dan remaja. Penelitian menunjukkan mendongeng mampu meningkatkan literasi dan kemampuan membaca individu. Kegiatan mendongeng kreatif seyogyanya mampu menarik minat masyarakat yang menjadi sasaran program pemberantasan buta huruf. Penyampaian materi melalui mendongeng pun dirasa lebih efektif sebab bisa disesuaikan dengan kondisi sosial maupun ekonomi masyarakat. Ada banyak cerita rakyat yang bisa dijadikan media mendongeng. Budaya mendongeng juga telah dikenal sejak turun-temurun oleh masyarakat Indonesia melalui sastra lisan.

Kata kunci : Mendongeng, buta aksara, sastra lisan, upaya pemberantasan buta aksara.

Baca Juga : Contoh Biodata Diri yang Baik dan Benar

Contoh Abstrak Makalah

Selain karya ilmiah, contoh abstrak makalah jadi kata kunci kedua yang paling sering dicari. Umumnya, para mahasiswa atau akademi diminta membuat makalah untuk tugas di kampus maupun sekolah. Struktur penulisan abstrak pada makalah sebenarnya tak jauh berbeda dengan lainnya. Penulis harus menentukan masalah yang ingin dibahas dan menawarkan solusi di dalamnya. Semua hal yang ingin disampaikan harus ditulis secara lugas dan ringkas. Tujuannya agar pembaca tak keliru menangkap makna dari tulisan tersebut. Download disini untuk yang mencari abstrak makalah PDF.

Contoh Abstrak Makalah
Contoh Abstrak Makalah

Penindasan Ganda dalam Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih

Perempuan menempati kelas kedua dalam tatanan hirarkis masyarakat. Citra lemah lembut dan rapuh melekat erat pada perempuan. Sosok perempuan selalu digambarkan tak berdaya dan tak memiliki suara. Suara perempuan selalu diwakilkan oleh laki-laki yang berada di sekitarnya. Penindasan terhadap perempuan tak cuma dilakukan oleh laki-laki, namun juga perempuan lain. Dalam cerita Bawang Merah dan Bawang Putih, tokoh utama menerima opresi ganda dari lingkungan sekitar. Sebagai perempuan, tokoh utama otomatis menempati kelas kedua dalam hirarki sosial. Dalam lingkup lebih kecil, kelas sosial dan posisi menempatkannya sebagai ‘korban’ penindasan pula. Subalternitas perempuan membuat perempuan membutuhkan telinga dan media untuk berbicara. Makalah ini akan mengupas penindasan ganda yang diterima oleh tokoh utama dalam cerita Bawang Merah dan Bawang Putih.

Kata kunci : Penindasan, opresi ganda, subalternitas, hirarki sosial.

Contoh Abstrak Jurnal

Saat mengirimkan tulisan ke sebuah jurnal, abstrak menjadi bagian paling penting. Pembaca maupun reviewer jurnal bisa mengetahui kompetensi tulisan hanya dari abstrak. Oleh sebab itu, penting menyusun abstrak yang lugas dan tepat, agar memudahkan pembaca dan reviewer. Jika abstrak yang disajikan menarik dan ditemukan pembaharuan, tulisan bakal lebih mudah lolos. Begitu pula sebaliknya, tulisan akan dianggap kurang kompeten kalau tak memenuhi kaidah tersebut. Guna membantu Anda memahami penulisan jurnal, berikut contoh abstrak jurnal yang bisa dipelajari. Silakan lihat format PDF nya disini abstrak jurnal PDF.

Contoh Abstrak Jurnal
Contoh Abstrak Jurnal

Citra Perempuan Baru dalam Cerita Rakyat Indonesia, Dewi Samboja dan Legenda Roro Mendut

Sastra lisan diwariskan dari satu generasi ke generasi lain dalam masyarakat. Sebagai warisan lokal, sastra lisan memegang peran penting sebagai pengingat. Masyarakat diingatkan dan diajarkan nilai-nilai hidup melalui cerita yang disampaikan. Peran dan posisi perempuan dalam masyarakat pun disampaikan pada cerita rakyat. Dewi Samboja dan Legenda Roro Mendut adalah 2 cerita yang menunjukkan posisi perempuan dalam tatanan sosial masyarakat. Dalam hierarki kemasyarakatan, perempuan menempati kelas kedua. Perempuan lekat dengan ketidakberdayaan dan suara yang tak tersampaikan. Sifat feminin pun disematkan untuk melanggengkan pemikiran tersebut. Posisi dan peran perempuan tersebut tergambar jelas melalui dua cerita rakyat, Dewi Samboja dan Legenda Roro Mendut. Tokoh utama pada kedua cerita justru mendobrak tatanan hirarki yang telah dibentuk untuk membangun citra perempuan baru.

Kata kunci : Sastra lisan, perempuan, kelas kedua, citra perempuan baru.

Contoh Abstrak Penelitian

Pendidikan bertujuan menghasilkan akademisi yang kritis dan terbuka. Hal ini diupayakan melalui penelitian yang dilakukan untuk mengasah daya kritis dan pikir para siswa dan mahasiswa. Untuk mengukur dan menilai kompetensi penelitian, laporan menjadi media paling tepat. Contoh abstrak penelitian selalu dilampirkan pada awal tulisan. Untuk yang mau download formatnya bisa lihat disini abstrak penelitian PDF.

Contoh Abstrak Penelitian
Contoh Abstrak Penelitian

Penggunaan Dialek Melayu Riau Pada Mahasiswa Asal Riau di Yogyakarta

Dialek bahasa Melayu Riau berbeda dari daerah lainnya. Sebagai cikal bakal bahasa Indonesia, bahasa Melayu tentu punya ciri khas dan keunikan tersendiri. Pada Melayu Riau ditemukan lebih dari 3 dialek yang masih dilestarikan sampai sekarang. Setiap dialek mewakili kabupaten maupun kecamatan asal para penggunanya. Keunikan dalam setiap dialek tak hanya berwujud pelafalan akhiran dan imbuhan semata. Beberapa kata pun mewakili perbedaan dialek dari setiap daerah. Penggunaan dialek Melayu Riau ternyata tetap digunakan oleh para mahasiswa di Yogyakarta. Para mahasiswa asal Riau mencoba mempertahankan budaya dan bahasa asli. Meskipun tidak semua dialek dipergunakan, setidaknya ada 7 dialek yang bisa ditemukan. Asimilasi budaya dan bahasa pun ditemukan pada penggunaan dialek Melayu Riau di Yogyakarta. Ini dikarenakan lingkup pergaulan serta penyerapan bahasa yang sangat cepat. Penelitian ini mencoba menemukan perubahan dan pergeseran dialek Melayu Riau pada mahasiswa asal Riau di Yogyakarta.

Kata kunci : Dialek Melayu Riau, asimilasi budaya, perubahan dialek, pergeseran.

Contoh Abstrak Bahasa Inggris

Selain menuliskan abstrak dalam bahasa Indonesia, ringkasan pun bisa disajikan dalam bahasa Inggris. Konteks penulisan abstrak dalam bahasa Inggris pun tak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Penyampaian tetap harus lugas, namun mengesankan tulisan akademik yang tertata. Pemilihan kata pun dirasa sangat penting dalam abstrak berbahasa Inggris. Supaya lebih mudah memahaminya, contoh abstrak bahasa Inggris ini bisa jadi diaplikasikan. Selengkapnya bisa Anda lihat disini abstrak bahasa Inggris PDF.

Contoh Abstrak Bahasa Inggris
Contoh Abstrak Bahasa Inggris

Subalternity Toward Women in Indonesian Folktales

Indonesian folktales were inherited by generation to generation within the society. As a local wisdom, folklores were as a learning tool and reminder. By using three folktales from Indonesia, Keong Mas, Bawang Merah and Bawang Putih, and Dewi Samboja, the objective of this study is determined. This paper discussed the struggle of women which breaks the patriarchy system in Indonesian. Women has taken the second class or subordinate position in the society. Are those women having similar oppression or not? What kind of the oppression that accepted by those characters?

This paper used the Gayatri Spivak theory to discuss about subaltern. This theory has put a woman as the second class within the perspective of postcolonialism. This theory strengthens the oppression of woman which has happened in our society. This paper collected the descriptions and phrases from the three folklores above. In this study, the oppression is also observed not only verbally, but also physically. The oppression is also depicted by the society. There is some tendentious view from this theory, as follow: (1) subordination toward women in patriarchy system, (2) the factors which influence the position of a woman within society’s structure, and (3) The struggle of woman against the gender inequality. From this study, the structure and moral value of the stories are identified from the struggle against gender inequality.

Contoh Abstrak Laporan PKL

PKL atau Praktik Kerja Lapangan adalah bagian dari program pendidikan. Di beberapa lembaga pendidikan, PKL dikenal pula dengan istilah magang. Para peserta PKL diharapkan mendapatkan pengalaman kerja sebelum terjun langsung. Selain mendapat wawasan secara riil, peserta dibentuk dan ditempa guna menghasilkan kompetensi unggul. Di akhir masa PKL, mereka wajib mengumpulkan laporan kegiatan. Contoh abstrak laporan PKL pun kerap ditemukan berseliweran di internet, seperti satu ini. Silakan klik disini abstrak laporan PKL PDF untuk Anda yang henda download.

Contoh Abstrak Bahasa Inggris
Contoh Abstrak Laporan PKL

Praktik Kerja Lapangan di PT. Bumi Sejahtera

Praktikan memilih PT. Bumi Sejahtera yang beralamat di Jalan Ki Ageng Suropati No. 125 Yogyakarta, Indonesia. Alasan praktikan memilih perusahaan sebab untuk mengetahui sistem perekrutan karyawan disini. Selama masa praktik, praktikan ditempatkan di unit sub unit Human Resource Department. Tugas praktikan adalah membantu mengamati dan membantu kegiatan perekrutan karyawan. Praktikan juga ditugaskan melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan di PT. Bumi Sejahtera. Dibawah manager HRD, praktikan melakukan koreksi dan penilaian bersama. Dengan program PKL, praktikan menemukan hal-hal baru dalam dunia kerja. Semua teori yang telah dipelajari bisa dikembangkan pada program ini. Selain menambah wawasan, PKL juga membantu praktikan lebih kompeten di bidang ini.

Contoh Abstrak Skripsi

Skripsi merupakan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh seorang calon sarjana. Mayoritas kampus di Indonesia mewajibkan para lulusannya menghasilkan satu karya tulis sebagai tugas akhir. Sebagai prasyarat, skripsi tentu harus menaungi bidang keilmuan yang diambil. Salah satunya mencantumkan contoh abstrak skripsi untuk mendapatkan pengesahan dan persetujuan dari pembimbing maupun penguji. Silakan download disini abstrak skripsi DOC buat Anda yang sedang mencari dengan format DOC atau dokumen.

Contoh Abstrak Skripsi
Contoh Abstrak Skripsi

Pengaruh Cerita Anak Terhadap Nilai Moral dan Sosial Anak-Anak

Dekadensi moral dan sosial pada anak terjadi dari waktu ke waktu. Hal ini terbukti dengan meningkatnya kasus perundungan dalam beberapa tahun terakhir. Sistem pendidikan dan pengajaran yang tak merata dan terintegrasi dianggap memberi pengaruh besar. Merosotnya nilai moral dianggap kegagalan bagi orangtua, tenaga pendidik, maupun sekolah. Cerita anak hadir sebagai media pembelajaran moral dan sosial yang dirasa efektif. Anak belajar menghargai, menghormati, dan menyayangi teman maupun keluarga dengan cara menyenangkan.

Peran dan tokoh yang digambarkan pun disesuaikan dengan tingkat usia dan pemahaman anak. Untuk melihat sejauh mana cerita anak bisa meningkatkan nilai moral dan sosial anak, peneliti mengkaji dua cerita anak berbahasa Inggris. Fifine and Her Cat dan A Friend in Need menggambarkan kehidupan pertemanan dan konflik emosi anak-anak. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan pengaruh cerita anak bagi perkembangan moral dan sosial. Dari penelitian ditemukan adanya signifikansi perubahan perilaku sosial maupun moral terhadap anak. Kedua, metode penceritaan yang dipilih pun memiliki andil besar terhadap penerimaan ide pada anak.

Kata kunci : Moral, sosial, cerita anak, pengajaran, metode penceritaan.

Contoh Abstrak Tugas Akhir

Tak cuma skripsi, prasyarat lainnya untuk kelulusan adalah tugas akhir. Ini sedikit berbeda dengan skripsi yang didasarkan pada penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Umumnya, tugas akhir menuntut adanya produk yang dihasilkan. Jikapun tak ada produk, tugas akhir biasanya diikuti oleh magang atau praktik oleh mahasiswa. Contoh abstrak tugas akhir pun tak berbeda jauh dengan skripsi, karena baik D-3 maupun S-1 pasti mempunyai penamaan yang berbeda. Untuk Anda yang hendak lihat format PDF bisa klik disini abstrak tugas akhir DOC.

Contoh Abstrak Tugas Akhir
Contoh Abstrak Tugas Akhir

Aplikasi Pariwisata Yogyakarta Berbasis User Friendly

Pariwisata daerah Yogyakarta memberi pengaruh besar pada perekonomian. Dalam menyambut ekonomi global, pariwisata daerah berbenah diri. Pemerintah melakukan pemeliharaan terhadap aset pariwisata di sekitar Provinsi Yogyakarta. Selain itu, sistem pengelolaan turut diperbaharui dan direvitalisasi demi memajukan dunia pariwisata. Guna mendukung ide tersebut, pembuatan aplikasi dirasa perlu  untuk memfasilitasi para wisatawan. Aplikasi berbasis user friendly akan membantu wisatawan menemukan destinasi wisata, penginapan, hingga tempat makan terdekat dari lokasi mereka. Wisatawan juga dibantu menemukan akses transportasi serta penjelasan tempat wisata secara terperinci. Pembuatan aplikasi ini akan menunjang sistem pengelolaan dan perawatan tempat wisata, sebab fitur keluhan pun dimunculkan.

Kata kunci : Pariwisata, aplikasi, user friendly, fitur.

Contoh Abstrak KTI

Karya tulis ilmiah atau KTI merupakan salah satu cara mengasah kemampuan berpikir para siswa. Pembuatan karya ilmiah biasanya didasarkan pada keresahan para murid. Dengan bimbingan para guru, beberapa penelitian kelas dunia pun dihasilkan. Buat Anda yang tengah mencari contoh abstrak KTI, berikut pemaparannya. Jika ada yang mau lihat PDF nya bisa lihat disini abstrak KTI PDF.

Contoh Abstrak KTI
Contoh Abstrak KTI

Probabilitas Tinta Cumi Sebagai Obat Kanker

Tinta cumi menjadi limbah rumah tangga yang tak terpakai. Masyarakat jarang memanfaatkan tinta cumi untuk kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan penelitian, tinta cumi memiliki kandungan yang berpotensi mengobati kanker. Pengolahan tinta cumi secara efektif mampu menekan biaya pengobatan kanker yang tinggi. Untuk mengetahui tingkat efektivitas tinta cumi, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Pada karya tulis ini, penulis mencoba melakukan penelitian terkait temuan tersebut. Peneliti menemukan potensi pengolahan terhadap tinta cumi secara lebih baik. Ekstrak tinta cumi menjadi bahan utama dalam penelitian ini.

Kata kunci : Tinta cumi, kanker, ekstrak tinta cumi.

Contoh Abstrak Paper

Ingin membuat paper lebih terlihat menarik? Cobalah menulis abstrak yang bisa dibaca dan dipahami dengan mudah. Pembaca akan tertarik mendalami dan mengikuti paper yang Anda tulis kalau abstrak disajikan secara tepat. Contoh abstrak paper ini mungkin akan membantu Anda merancang abstrak individual. Unduh disini abstrak paper DOC apabila Anda hendak menggunakannya dalam mengerjakan tugas.

Contoh Abstrak Paper
Contoh Abstrak Paper

Edukasi Penyelamatan Lingkungan Melalui Media Kartun

Global warming atau pemanasan global menjadi isu utama lingkungan dalam beberapa tahun terakhir. Indonesia memberi sumbangsih besar terhadap kerusakan lingkungan penyebab pemanasan global. Sistem pengelolaan sampah yang buruk dianggap sebagai salah satu penyebabnya. TIngkat kesadaran masyarakat yang sangat rendah terhadap pemanasan global pun menjadi masalah.

Hal ini dipicu oleh ketidaktahuan sekaligus keacuhan masyarakat pada upaya penyelamatan lingkungan. Minimnya budaya literasi dan media informasi turut memberi andil besar terhadap kerusakan lingkungan. Guna mengedukasi masyarakat, pembuatan kartun berbasis cinta lingkungan dirasa sangat efektif. Kartun menceritakan usaha baik yang bisa dilakukan sehari-hari. Pembuatan kartun diimbangi dengan penyebaran kartun secara merata melalui media sosial maupun media massa.

Kata kunci : Pemanasan global, kartun, kerusakan lingkungan, upaya penyelamatan.

Itulah beberapa contoh abstrak yang bisa Anda gunakan dalam mengerjakan tugas, semoga bermanfaat.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *