Contoh Bisnis Plan

Berikut beberapa contoh Bisnis Plan untuk jasa, franchise makanan dan minuman, dan cafe secara lengkap serta sederhana dengan format DOC dan PDF. Bisnis Plan adalah dokumen tertulis yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu bisnis baru akan mencapai tujuannya. Contoh Bisnis Plan menjabarkan rencana tertulis dari sudut pandang pemasaran, keuangan, dan operasional.

Bisnis Plan penting untuk memungkinkan perusahaan untuk menetapkan tujuan dan menarik investasi. Mereka juga merupakan cara bagi perusahaan untuk tetap berada di jalur yang benar.

Meskipun Bisnis Plan sangat berguna untuk perusahaan baru, setiap perusahaan harus memiliki Bisnis Plan. Idealnya, sebuah perusahaan akan meninjau kembali rencana tersebut secara berkala untuk melihat apakah tujuan telah dipenuhi atau telah berubah dan berkembang. Terkadang, Bisnis Plan baru disiapkan untuk bisnis mapan yang bergerak ke arah yang baru.

Apa itu Bisnis Plan

Contoh Bisnis Plan adalah alat mendasar yang dibutuhkan bisnis startup sebelum memulai operasinya. Biasanya, bank dan perusahaan modal ventura membuat Bisnis Plan yang layak sebagai prasyarat untuk investasi dana dalam bisnis.

Meskipun mungkin berhasil, beroperasi tanpa Bisnis Plan bukanlah ide yang baik. Bahkan, sangat sedikit perusahaan yang dapat bertahan tanpa satu. Jelas ada lebih banyak manfaat untuk menciptakan dan tetap berpegang pada Bisnis Plan termasuk mampu memikirkan ide-ide tanpa memasukkan terlalu banyak uang ke dalamnya — dan, pada akhirnya, kehilangan pada akhirnya.

Bisnis Plan yang baik harus menguraikan semua biaya dan kejatuhan dari setiap keputusan yang diambil perusahaan. Bisnis Plan, bahkan di antara para pesaing di industri yang sama, jarang identik. Tetapi mereka semua cenderung memiliki elemen yang sama, termasuk ringkasan eksekutif bisnis dan deskripsi rinci bisnis, layanan dan / atau produknya. Ini juga menyatakan bagaimana bisnis bermaksud untuk mencapai tujuannya.

Rencana tersebut harus mencakup sekurang-kurangnya ikhtisar industri di mana bisnis akan menjadi bagian, dan bagaimana ia akan membedakan dirinya dari pesaing potensial. Contoh bisnis plan sendiri merupakan salah satu cara memulai bisnis.

Struktur Bisnis Plan

Seperti disebutkan di atas, tidak ada dua Bisnis Plan yang sama. Tetapi mereka semua memiliki elemen yang sama. Di bawah ini adalah beberapa bagian yang umum dan paling penting dari Bisnis Plan.

Ringkasan eksekutif: Bagian ini menguraikan perusahaan dan menyertakan pernyataan misi beserta informasi apa pun tentang kepemimpinan, karyawan, operasi, dan lokasi perusahaan.

Produk dan layanan: Di sini, perusahaan dapat menguraikan produk dan layanan yang akan ditawarkannya, dan mungkin juga mencakup harga, masa pakai produk, dan manfaat bagi konsumen. Faktor-faktor lain yang mungkin masuk ke bagian ini termasuk proses produksi dan manufaktur, paten apa pun yang mungkin dimiliki perusahaan, serta teknologi yang dipatenkan. Setiap informasi tentang penelitian dan pengembangan (R&D) juga dapat dimasukkan di sini.

Analisis pasar: Suatu perusahaan membutuhkan penanganan industri yang baik serta target pasarnya. Ini akan menguraikan persaingan dan bagaimana faktornya dalam industri, bersama dengan kekuatan dan kelemahannya.

Strategi pemasaran: Area ini menjelaskan bagaimana perusahaan akan menarik dan mempertahankan basis pelanggan dan bagaimana bermaksud untuk menjangkau konsumen. Ini berarti saluran distribusi yang jelas harus diuraikan.

Perencanaan keuangan: Untuk menarik pihak yang membaca Bisnis Plan, perusahaan harus memasukkan perencanaan keuangan dan / atau proyeksi. Laporan keuangan, neraca, dan informasi keuangan lainnya dapat dimasukkan untuk bisnis yang sudah mapan. Bisnis baru dapat mencakup target untuk beberapa tahun pertama bisnis dan calon investor.

Anggaran: Setiap perusahaan yang baik perlu memiliki anggaran. Ini termasuk biaya yang terkait dengan kepegawaian, pengembangan, produksi, pemasaran, dan pengeluaran lain yang terkait dengan bisnis.

Baca Juga : Peluang Usaha yang Menjanjikan Saat Ini

Jenis Bisnis Plan

Bisnis Plan membantu perusahaan mengidentifikasi tujuan mereka dan tetap di jalur. Mereka dapat membantu perusahaan memulai dan mengelola diri mereka sendiri, dan untuk membantu tumbuh setelah mereka bangun dan berjalan. Mereka juga bertindak sebagai sarana untuk membuat orang bekerja dan berinvestasi dalam bisnis.

Meskipun tidak ada Bisnis Plan yang benar atau salah, mereka dapat jatuh ke dalam dua kategori yang berbeda — startup tradisional atau lean. Menurut Administrasi Bisnis Kecil, Bisnis Plan tradisional adalah yang paling umum. Mereka standar, dengan lebih banyak detail di setiap bagian. Ini cenderung lebih lama dan membutuhkan lebih banyak pekerjaan.

Bisnis Plan startup yang ramping, di sisi lain, menggunakan struktur standar meskipun tidak umum di dunia bisnis. Bisnis Plan ini pendek — sependek satu halaman — dan hanya memiliki sedikit detail. Jika suatu perusahaan menggunakan jenis rencana ini, mereka harus berharap untuk memberikan lebih banyak detail jika seorang investor atau pemberi pinjaman memintanya.

  • Pertimbangan Khusus
  • Proyeksi Keuangan

Bisnis Plan yang lengkap harus mencakup serangkaian proyeksi keuangan untuk bisnis. Laporan keuangan proyeksi masa depan ini sering disebut laporan keuangan pro-forma atau sekadar “pro-forma”. Termasuk di dalamnya adalah keseluruhan anggaran, pembiayaan saat ini dan yang diproyeksikan, analisis pasar, dan pendekatan strategi pemasarannya.

Dalam Bisnis Plan, pemilik bisnis memproyeksikan pendapatan dan pengeluaran untuk jangka waktu tertentu dan menggambarkan aktivitas operasional dan biaya yang terkait dengan bisnis.

Baca Juga : Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Pertimbangan Lain untuk Bisnis Plan

Gagasan di balik menyusun Bisnis Plan adalah untuk memungkinkan pemilik memiliki gambaran yang lebih jelas tentang potensi biaya dan kelemahan untuk keputusan bisnis tertentu dan untuk membantu mereka memodifikasi struktur mereka sebelum menerapkan ide-ide ini. Hal ini juga memungkinkan pemilik untuk memproyeksikan jenis pembiayaan apa yang diperlukan untuk menjalankan dan menjalankan bisnis mereka.

Panjang Bisnis Plan sangat bervariasi dari bisnis ke bisnis. Semua informasi harus masuk ke dalam dokumen setebal 15 hingga 20 halaman. Jika ada elemen penting dari Bisnis Plan yang menyita banyak ruang — seperti aplikasi untuk paten — elemen tersebut harus dirujuk dalam rencana utama dan dimasukkan sebagai lampiran.

Jika ada aspek bisnis yang sangat menarik, mereka harus disorot dan digunakan untuk menarik pembiayaan. Sebagai contoh, bisnis mobil listrik Tesla Motors pada dasarnya dimulai hanya sebagai Bisnis Plan.

Bisnis Plan tidak dimaksudkan sebagai dokumen statis. Ketika bisnis tumbuh dan berkembang, begitu pula Bisnis Plan. Tinjauan tahunan atas rencana tersebut memungkinkan pengusaha untuk memperbaruinya ketika mempertimbangkan pasar. Ini juga memberikan kesempatan untuk melihat ke belakang dan melihat apa yang telah dicapai dan apa yang belum. Anggap saja sebagai dokumen hidup yang tumbuh dan berkembang dengan bisnis Anda.

Baca Juga : Peluang Bisnis dari Rumah dengan Modal Kecil

Contoh Bisnis Plan Terlengkap

Berikut beberapa contoh bisnis plan yang dapat dijadikan acuan dalam membangun bisnis plan Anda sendiri

Contoh Bisnis Plan PDF

Untuk download lengkapnya dengan format PDF bisa langsung klik disini Bisnis Plan PDF.

Contoh Bisnis Plan Lengkap

Contoh Bisnis Plan Jasa

Ringkasan bisnis plan

Meskipun terjadi penurunan yang berkepanjangan dalam industri ini, segmen perumahan di pasar konstruksi AS memperoleh rekor $ 550,14 miliar tahun lalu. Sektor ini juga menunjukkan pertumbuhan yang stabil untuk dua tahun ke depan. Di antara sektor-sektor penghasil pendapatan utama di segmen ini adalah pembangunan perumahan keluarga tunggal baru, yang terdiri dari 67% dari total konstruksi perumahan di AS.

Selama bertahun-tahun, model bisnis di industri telah bergeser ke arah efisiensi biaya yang lebih besar. Hambatan masuk yang rendah (selain dari kebutuhan untuk mendapatkan lisensi dan pendaftaran berbasis negara) di industri telah melahirkan lebih banyak penyedia layanan di industri. Namun, persaingan sebagian besar didasarkan pada reputasi dan kinerja yang terbukti karena banyak pesaing baru merasa sulit untuk dengan cepat membangun pijakan di pasar.

Perusahaan yang ada memiliki beberapa keunggulan relatif terhadap pendatang baru. Mereka:

  • Memiliki akses ke kumpulan subkontraktor terampil.
  • Memiliki pengaturan yang berkelanjutan dengan pemasok bahan.
  • Memiliki pengaturan yang berkelanjutan dengan lembaga keuangan dan pengembang properti.
  • Dapat menampilkan contoh-contoh pekerjaan mereka di pasar lokal dan memanfaatkan referensi “dari mulut ke mulut”.
  • KnaelHaed ASPware (KnaelHaed) adalah penyedia aplikasi perangkat lunak pasar vertikal berbasis web. DigitalSuspenders adalah solusi perangkat lunak online yang ditawarkan oleh KnaelHaed ASPware dalam mendukung proses konstruksi bangunan.

Masalah

Industri konstruksi tertinggal dari industri lain dalam investasi penelitian dan pengembangan (R&D). Investasi litbang untuk perusahaan AS dewasa biasanya sekitar 3,5% dari penjualan. Untuk beberapa industri seperti dirgantara jumlahnya bisa 7% hingga 14%. Namun, industri konstruksi hanya menginvestasikan kembali 0,5% dari penjualan. Alasan rendahnya investasi ulang bervariasi, tetapi umumnya karena biaya dan kompleksitas. Sebagian besar perusahaan konstruksi kecil (kurang dari 10 karyawan) dan beroperasi dengan margin laba tipis. Jadi, pengeluaran teknologi sering dipandang sebagai kemewahan yang tidak terjangkau.

Solusinya

DigitalSuspenders akan menjadi keluarga terintegrasi aplikasi perangkat lunak berbasis web yang mendukung seluruh siklus hidup bangunan mulai dari konsepsi, hingga konstruksi, hingga manajemen fasilitas. Suite ini akan mendukung kebutuhan kontraktor kecil dengan menawarkan: kolaborasi online, lepas landas digital, memperkirakan, dan kemampuan manajemen proyek dan properti, semua disajikan dalam format yang mudah dipahami dan digunakan.

Ukuran Pasar

Industri konstruksi rumah terdiri dari 163.703 perusahaan dan mempekerjakan 796.880 orang menurut Sensus Ekonomi terbaru. Industri ini telah tumbuh dalam beberapa tahun terakhir ke rekor 175.000 perusahaan, sedangkan industri bangunan komersial dan kelembagaan terdiri dari 34.588 perusahaan di AS menurut Sensus Ekonomi terbaru. Industri konstruksi menyumbang sekitar 8% dari PDB AS.

Biaya awal

KnaelHaed ASPware mengantisipasi pada awalnya membutuhkan $ 120.000 untuk menyelesaikan prototipe beta dari DigitalSuspenders, menyediakan biaya hukum dan infrastruktur terkait untuk memulai dan menumbuhkan pelanggan potensial. Untuk membiayai permulaan, kami bermaksud mencari modal awal dari angel investor dan mitra perusahaan.

Potensi Hasil

KnaelHaed ASPware mengantisipasi titik impas dalam waktu dua tahun. Selain penjualan produk kami, kami mengharapkan pendapatan royalti dari melisensikan penginderaan posisi dan teknologi perangkat lunak kami. Dalam tiga hingga lima tahun, KnaelHaed ASPware mengantisipasi IPO atau penjualan perusahaan untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut dan untuk menawarkan likuiditas kepada investor.

Tim manajemen

Paul Peen, Presiden & Kepala Eksekutif saat ini, memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak komersial, termasuk menjalankan tugas di Microsoft dan Expedia.

Memanfaatkan konektivitas, interaktivitas, dan kecepatan, KnaelHaed ASPware adalah yang pertama dari jenisnya yang menawarkan strategi efisiensi dan penghematan biaya bagi pembangun dan subkontraktor. KnaelHaed menawarkan harga yang kompetitif untuk solusi dengan outsourcing.

KnaelHaed ASPware berkomitmen untuk menciptakan ide-ide baru dalam pengembangan modelnya yang berguna dalam mencapai tujuan klien. Bersama-sama, hasrat pemilik dan akumulasi pekerjaan lapangan telah membuat KnaelHaed ASPware lebih dari “hub lain-alih-alih-alih-alih”, tetapi merupakan katalisator bagi penemuan ulang e-commerce berikutnya.

Contoh Bisnis Plan Minuman

Contoh bisnis plan minuman

Contoh Bisnis Plan Makanan

Contoh bisnis plan makanan

Contoh Bisnis Plan Cafe

Ringkasan bisnis plan

The Watertower adalah restoran / kafe layanan lengkap yang terletak di Distrik Sweet Auburn Atlanta. Restoran ini memiliki menu lengkap makanan “kenyamanan” dengan harga sedang yang dipengaruhi oleh tradisi memasak Afrika dan Prancis, tetapi berdasarkan resep waktu yang dihormati dari seluruh dunia. Bagian kafe The Watertower memiliki kedai kopi dengan bar pencuci mulut, majalah, dan ruang untuk pertunjukan live.

Watertower akan dimiliki dan dioperasikan oleh The Watertower LLC, sebuah perseroan terbatas Georgia yang dikelola oleh David N. Patton IV, penduduk Zona Pemberdayaan. Anggota LLC adalah David N. Patton IV (80%) dan Historic District Development Corporation (20%).

Rencana bisnis ini menawarkan kesempatan kepada lembaga keuangan untuk meninjau kembali visi dan fokus strategis kami. Ini juga menyediakan rencana langkah demi langkah untuk memulai bisnis, membangun angka penjualan yang menguntungkan, margin kotor, dan profitabilitas.

Rencana ini mencakup bab tentang perusahaan, produk dan layanan, fokus pasar, rencana aksi dan perkiraan, tim manajemen, dan rencana keuangan.

1.1 Tujuan

Penjualan mendekati dan melampaui $ 1,9 juta pada akhir tahun pertama.

Menargetkan dan mempertahankan laba bersih minimal 14% pada tahun kedua.

Untuk menumbuhkan penjualan bulanan untuk mencapai $ 167.000 pada akhir bulan keempat operasi, dan $ 220.000 setiap bulan pada akhir tahun pertama operasi.

1.2 Misi

Konsep Watertower dibangun di atas kisah-kisah sukses dari banyak tempat makan santai dan kedai kopi di Atlanta. Terletak di Distrik Sweet Auburn, Atlanta, bersebelahan dengan Studioplex tentang pengembangan apartemen di Auburn.

The Watertower akan menyediakan makanan berkualitas tinggi yang terjangkau, produk berbasis kopi, dan hiburan bagi ribuan penduduk dan pengunjung hotel yang terletak dalam jarak lima mil. radius. Pada waktunya, The Watertower akan memantapkan dirinya sebagai “tujuan” pilihan bagi banyak penduduk wilayah metropolitan Atlanta yang lebih luas, serta banyak pengunjung luar kota.

Pendirian ini akan memberikan pengalaman malam “lengkap, berkualitas tinggi” bagi mereka yang mencari sesuatu yang dengan cepat menjadi populer di kalangan pengunjung Atlanta.

Pelanggan tidak hanya akan dapat menikmati makanan “kenyamanan” berdasarkan resep waktu terhormat dari seluruh dunia, mereka juga akan melakukannya di fasilitas yang berisi ruang teras yang luas untuk hiburan favorit penduduk Atlanta: makan di tempat terbuka.

Pelanggan juga akan memiliki pilihan untuk menikmati kopi, makanan penutup, dan hiburan langsung di kedai kopi The Watertower atau, permainan bocci santai di taman-taman yang berdekatan dengan ruang teras.

Tujuan kafe itu sederhana. Ini akan memberikan pengalaman bersantap dan / atau kedai kopi yang benar-benar canggih, sensual, namun santai bagi banyak orang Atlantik dan pengunjung yang sering mengunjungi tempat makan santai dan tempat hiburan kota.

Ini akan menjadi usaha yang terjangkau untuk pelanggan, yang akan mendorong mereka untuk kembali pada banyak kesempatan. Menu akan menampilkan ongkos hangat dari jenis yang sering di luar jangkauan profesional muda khas … di luar jangkauan karena waktu sering mencegah dia dari memasak makanan hangat seperti yang ditampilkan di menu kami.

Akhirnya, dan yang cukup signifikan, The Watertower akan menyediakan operasi makanan ritel berbasis lingkungan yang sangat dibutuhkan yang saat ini tidak tersedia di ujung selatan lingkungan Old Fourth Ward di Atlanta.

Tidak hanya diproyeksikan bahwa bisnis akan menghasilkan 21 pekerjaan baru, kemitraan yang bertanggung jawab untuk menciptakan The Watertower akan menghasilkan pendapatan tambahan yang didedikasikan khusus untuk membantu Historic District Development Corporation dalam upayanya untuk membawa perumahan yang terjangkau, pekerjaan baru, dan aktivitas komersial ke Bangsal Keempat Tua.

1.3 Kunci Sukses

Kunci keberhasilan dalam bisnis ini adalah:

Kualitas produk: Makanan, minuman berbasis kopi, dan hiburan adalah produk kami. Mereka harus berkualitas tinggi dan bernilai tinggi.

Layanan: Pelanggan kami membayar untuk bersenang-senang. Pengalaman mereka akan menderita jika layanan bukan kaliber tertinggi. Setiap anggota staf akan sopan, efisien, dan penuh perhatian.

Pemasaran: Kita perlu menargetkan audiens kita lebih awal dan sering. Sementara bisnis terletak di lokasi sentral dan dapat diakses, banyak orang harus diperkenalkan kembali ke lingkungan sekitar Situs Sejarah Nasional Martin Luther King dan Auburn Avenue.

Manajemen: Kita perlu memahami biaya makanan, minuman, dan tenaga kerja. Pengalaman bersantap / hiburan / kedai kopi harus disampaikan dengan cara yang tidak hanya akan menginspirasi bisnis yang berulang, tetapi mendorong rekomendasi dari mulut ke mulut kepada orang lain. Persediaan yang tepat, manajemen karyawan, dan kontrol kualitas adalah kuncinya.

Contoh Bisnis Plan Sederhana

Contoh Bisnis Plan Sederhana

Itulah beberapa contoh bisnis plan untuk cafe, jasa, franchise makanan dan minuman secara lengkap serta sederhana dengan format DOC maupun PDF.