Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Contoh Cerpen

9 min read

Bingung mengerjakan tugas sekolah untuk membuat contoh cerpen? Cerpen atau cerita pendek merupakan prosa naratif fiktif yang tak lebih dari 10 ribu kata. Ide cerita pendek umumnya sangat sederhana, berkisar pada kehidupan sehari-hari. Meskipun terbatas pada karakter dan penceritaan, cerita pendek justru lebih menarik untuk diikuti.

Bagi para pembaca yang tak nyaman dengan novel, cerita pendek bisa jadi pilihan. Pasalnya, cerpen disajikan dengan alur tunggal beserta konflik dan penyelesaiannya. Anda bisa menyelesaikan bacaan cerpen hanya dalam sekali duduk. Ada banyak tema yang bisa diangkat dalam menulis cerpen, misalnya persahabatan, keluarga, hingga horor.

Sebuah cerpen tersusun atas 6 struktur, yakni abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Sederhananya, cerpen dimulai dengan penggambaran singkat tentang para tokoh dan kejadian. Dari penceritaan tokoh dan waktu, penulis secara perlahan memunculkan konflik dan penyelesaian di akhir cerita. Pembaca akan menemukan hikmah atau pembelajaran yang dirangkum pada koda.

Contoh Cerpen Singkat

Menulis sebuah cerita pendek dapat dimulai dari menentukan tema dan alur cerita. Usahakan plot yang dipilih sederhana, sehingga mempermudah penyelesaian konflik. Mengingat keterbatasan karakter pada cerpen, tak ada salahnya membuat kerangka tulisan. Cara ini banyak dibuat oleh para penulis agar contoh cerpen singkat tetap pada koridornya, dan biasanya banyak ditemukan di beberapa website.

Contoh Cerpen Singkat
Contoh Cerpen Singkat

Kepergian Daina

Ananta memandang nanar layar ponselnya. Ia tak menyangka Daina memutuskannya secara sepihak. Tak ada pertemuan, tak pula obrolan hangat seperti biasanya. Daina memilih mengakhiri semuanya hanya melalui pesan singkat. Bak disambar petir, Ananta merasa hidupnya mulai kehilangan arah.

Selama 13 bulan menjalin hubungan, dia tak pernah sedikitpun melihat gerak-gerik aneh dari sang kekasih. Keduanya masih baik-baik saja tadi malam. Entah angin apa yang membuat Daina bertingkah tak biasa sepagi ini. Jam baru saja menunjukkan pukul 7 pagi, namun Ananta sudah harus menelan pil pahit. Paginya dimulai dengan hal kabar duka hingga mempengaruhi suasana hati sang pria.

Tak ingin berlarut-larut, Ananta mempercepat sarapannya di pagi ini. Ia bergegas ke kantor untuk menghadiri rapat rutin mingguan. Tak dihiraukannya lagi sakit hati yang dirasakan beberapa saat lalu. Ah, mungkin nanti sore ia bisa langsung menanyai Daina tentang keputusannya.

Dalam perjalanan ke kantor, sudut mata Ananta tak sengaja menangkap sosok sang kekasih.

“Daina? Sedang apa dia di kafe sepagi ini?” gumam Ananta.

Belum hilang rasa penasarannya, Ananta menangkap sosok lain yang tengah berjalan ke arah Daina. “Ruly? Dia di Jakarta? Kenapa aku baru tahu?”

Hal tak terduga terjadi di depan mata Ananta. Ruly memeluk Daina dengan hangat dan penuh kerinduan. Akhirnya, terjawab sudah alasan dibalik sikap aneh sang kekasih pagi ini. Ternyata ia bukan lagi satu-satunya pria yang mengisi relung hati Daina. Perlahan, ia melajukan kembali mobilnya menuju kantor.

Baca Juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Contoh Cerpen Persahabatan

Di kalangan remaja, tema persahabatan seringkali diangkat dalam novel maupun cerpen. Contoh cerpen persahabatan pun lumrah ditemukan dengan latar belakang sekolah maupun kuliah. Tak jarang, cerita semacam ini didedikasikan untuk sahabat yang telah lama berhubungan. Nilai moral yang kuat dalam contoh cerpen persahabatan pun menjadi pembelajaran tersendiri, terutama untuk anak-anak dan remaja.

Contoh Cerpen Persahabatan
Contoh Cerpen Persahabatan

Contoh Cerpen Panjang

Ingin memunculkan konflik berulang pada cerpen? Beberapa contoh cerpen panjang menunjukkan kemunculan lebih dari 1 konflik. Umumnya, cerpen semacam ini mempunyai klimaks atau konflik utama. Supaya cerita lebih menarik, konflik pendukung dimunculkan sepanjang cerita pendek. Tentunya konflik yang berkaitan dengan konflik utama atau klimaks.

Contoh Cerpen Panjang
Contoh Cerpen Panjang

Karma Sang Suami

Hujan tengah mengguyur kota sedari sore. Petir dan kilat menyambar bersahutan menambah kelam suasana. Suri masih saja terjaga dan belum berniat tidur. Ia cemas memikirkan sang suami yang tak ada kabar seharian. Perasaannya mulai tak enak, entah karena berita yang baru-baru ini ramai diperbincangkan.

Tak mau terlarut dalam prasangka buruk, Suri memutuskan menyalakan televisi untuk mengusir keheningan. Belum 5 menit ia terpaku melihat gambar di layar datar tersebut, telepon genggamnya berbunyi.

“Halo? Benar ini istrinya Bapak Radian?” tanya suara lembut di ujung telepon.

“Iya benar, saya sendiri. Ini siapa yah? Ada perlu apa?” cecar Suri.

“Maaf ibu mengganggu malam-malam. Saya ingin mengabarkan kalau suami ibu sedang di rumah sakit saat ini. Beliau mengalami kecelakaan di tol 1 jam yang lalu,” perempuan itu menjelaskan.

Tanpa aba-aba, air mata di pelupuk mata Suri berjatuhan. Dengan histeris, ia lantas menanyakan alamat rumah sakit. Belum juga tenang, telepon selanjutnya menambah cemas sekaligus memicu kemarahan Suri.

“Mau apa kamu telepon saya malam-malam?” cerocos Suri.

“Mas Radian kecelakaan mbak. Mbak sudah tahu?” terang perempuan itu.

“Apa peduli kamu? Darimana kamu dapat kabar itu?”

“Saya… Saya barusan menelepon ke handphone mas Radian. Suster yang mengangkat dan memberitahu saya,” jawabnya.

“Oh, jadi kamu masih berhubungan dengan suami saya? Masih belum puas kamu?”

“Mbak tenang dulu. Saya bisa jelaskan semuanya.”

“Menjelaskan apa lagi Din? Kamu sendiri yang mengakui perselingkuhan kalian. Kurang cukup bukti-bukti yang aku kasih ke kamu? Kamu mau mengelak?”

“Gak mbak. Saya memang salah, tapi saya ada perlu menghubungi mas Radian malam ini.”

“Urusan apa? Meminta transferan?” telepon terputus

Entah apa yang terjadi, obrolan diputus sepihak. Suri tak mau ambil pusing. Ia segera bersiap-siap ke rumah sakit. Suaminya, ah lelaki itu. Kenapa dia menyusahkan di saat-saat seperti ini?

Jujur, Suri tak lagi menyimpan rasa sayang untuk sang suami. Kemarahannya membakar habis semua yang tersisa. Saat ini, Suri tengah menanti sidang putusan perceraiannya dengan sang suami. Kecelakaan Radian justru membuat semuanya runyam.

Hujan lebat mengurungkan niat Suri untuk berkendara sendiri ke rumah sakit. Ia memutuskan memesan taksi online. Di tengah penantiannya, pihak rumah sakit kembali menghubunginya. Mereka mengabari bahwa sang suami tak berhasil diselamatkan. Suri hanya terdiam dan menyunggingkan sudut bibirnya. “Karma ternyata dibayar tuntas yah mas,” batinnya.

Contoh Cerpen Terbaik

Bagaimana menilai sebuah contoh cerpen terbaik atau tidak? Penilaian terhadap karya sastra memang lazim dilakukan. Di Indonesia sendiri, beberapa penghargaan dihelat untuk mengapresiasi cerpen terbaik setiap tahunnya. Beberapa unsur dinilai secara seksama untuk menentukan sang pemenang. Tak sedikit pula cerpen terbaik dibukukan dan bisa dinikmati oleh para pembaca. Untuk Anda yang ingin membuat cerpen bagus, tak ada salahnya belajar dari contoh ini.

Contoh Cerpen Terbaik

Contoh Cerpen Pendidikan

Cerita selalu mengandung nilai yang bisa dipetik oleh para pembacanya. Alasan ini membuat cerpen kerap dijadikan media pembelajaran. Bukan hanya mengajarkan moral dan karakter, contoh cerpen pendidikan pun menanamkan nilai-nilai kebaikan dan kerja keras. Satu diantaranya cerpen yang bisa Anda nikmati ini.

Contoh Cerpen Terbaik

Contoh Cerpen Pendidikan
Contoh Cerpen Pendidikan

Belajar dari Perundungan

“Dasar gendut, hitam, jelek,” ejek anak-anak.

Neina sudah biasa dengan ejekan semacam ini dari kecil. Saat usianya menginjak 2 tahun, tetangga di sekitar rumahnya kerap tersenyum sinis melihat Neina. Sang ibu bercerita kalau dulu bobot tubuh Neina justru lebih besar. Dokter pun sempat memperingatkan ibu Neina bahaya obesitas yang mungkin dialami sang anak.

Memasuki usia 3 tahun, ibu Neina mencoba mengatur pola makan sang putri. Apa mau dikata? Neina memang harus menjaga bobot tubuhnya agar tak membahayakan kesehatan. Bertahun-tahun memiliki bobot tubuh diatas rata-rata, Neina sebenarnya tak ambil pusing. Sejak di bangku SD pun, ia kenyang dijadikan bahan bully-an.

Sama seperti sekarang, Neina masih jadi bahan candaan sekaligus ejekan teman-teman sekolahnya. Ia kira teman di SMP jauh lebih terbuka dan menyenangkan, ternyata tidak. Efek perundungan yang dialaminya pun kian menjadi setelah naik ke kelas 9. Tekanan menghadapi ujian nasional ditambah ejekan teman-temannya membuat Neina uring-uringan.

Ia hanya bisa melampiaskan rasa sedihnya kepada sang ibu. Tak ada teman yang mau dekat dengannya. Setiap kali ia mencoba menyapa dan ikut mengobrol, teman-temannya langsung bubar. Neina sadar diri, ia tak pernah diharapkan dalam lingkup pertemanan manapun.

Tanpa disadari, mental Neina drop akibat perlakuan teman-temannya. Hal ini rupanya mengundang rasa curiga bu Indre, wali kelas Neina. Usai upacara, bu Indre memanggil Neina ke ruangannya. Ia menanyakan penyebab turunnya nilai Neina di semua mata pelajaran. Awalnya Neina enggan menceritakan semua yang dialami. Bahkan ia hanya diam mendengarkan kata-kata sang guru.

Bu Indre tak kehabisan akal. Ia mencoba mengulik perlahan-lahan. Neina menyerah dan menceritakan keluh-kesahnya. Keesokan harinya, bu Indre masuk ke kelas seperti biasa. Namun, ada hal menarik yang diceritakannya kepada anak-anak.

“Ibu ingin bercerita hari ini. Kalian mau mendengarkan?” tanyanya.

Semua murid hanya mengangguk, tanda setuju. Mulailah bu Indre bercerita tentang kasus perundungan. Awalnya anak-anak merasa risih, namun tetap mendengarkan. Di akhir cerita, bu Indre menekankan betapa buruknya merundung orang lain. Anak-anak terpaku dan mulai melihat ke arah Neina. Neina hanya tertunduk tak berani menatap.

Saat waktu istirahat tiba, satu per satu teman sekelas Neina mendekatinya. Mereka meminta maaf karena sudah mengejek Neina selama ini. Mereka tak sadar kalau ejekan itu membuat Neina sedih dan mengalami gangguan belajar.

Contoh Cerpen Beserta Strukturnya

Haruskah mempelajari contoh cerpen beserta strukturnya? Sebagai pemula, tak ada salahnya mengenal struktur cerpen. Hal ini akan membantu Anda menyusun alur cerita lebih menarik. Sistematika penulisan cerpen memang tak mengikat, namun cukup mudah diikuti. Keenam struktur utama cerpen, yakni abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda sangat mudah diingat.

Contoh Cerpen Beserta Strukturnya
Contoh Cerpen Beserta Strukturnya

Abstrak adalah bagian awal yang menggambarkan cerita. Sementara orientasi memperkenalkan tokoh dan waktu kejadian. Pada komplikasi, Anda akan menemukan urutan kejadian serta penokohan. Setelah komplikasi, evaluasi dan resolusi menjadi akhir cerita dan solusi yang diberikan. Koda sendiri justru menerangkan hikmah atau nilai yang bisa diambil.

Contoh Cerpen Remaja

Kehidupan remaja selalu menarik untuk diikuti. Sebagian orang menganggap usia remaja adalah usia emas yang tak mungkin dilupakan. Ada banyak kenangan indah yang terukir selama masa remaja, termasuk persahabatan dan cinta. Contoh cerpen remaja inipun akan mengulas indahnya usia belia bersama teman-teman.

Contoh Cerpen Remaja
Contoh Cerpen Remaja

Kisah Surat di Rumah Pohon

“Ingat yah, kita kesini lagi 10 tahun lagi. Nanti kita buka suratnya sama-sama,” sabda Lula.

Keempat sahabatnya hanya mengangguk.

Sepuluh tahun telah berlalu, hubungannya dengan para sahabatnya merenggang. Kesibukan dan kehidupan masing-masing membuat kelimanya jarang bertemu. Tapi Lula masih ingat tentang janji itu. Sebuah janji untuk berkumpul kembali di rumah pohon.

Lula mencoba menghubungi sahabat-sahabatnya untuk mengingatkan. Sayang, tak ada satu temannya pun yang merespon. Lula tak bisa menyembunyikan kesedihannya karena ulah sahabat-sahabatnya. Tak pelak, ia pun mengumpat di dalam hati, “Sial!”.

Demi menepati janjinya sendiri 10 tahun lalu, Neina memutuskan naik ke rumah pohon yang ada di belakang rumahnya. Perlahan, ia membongkar peti yang dijadikan penyimpanan. Ia menemukan toples terkubur diantara tumpukan benda-benda lainnya.

Perlahan, Lula mengangkat dan membuka toples. Ia mendapati 5 surat yang pernah ditulis saat berusia 8 tahun. Bergegas Lula memotret semua surat tersebut dan langsung mengirimkannya ke sahabat-sahabatnya. 30 menit berlalu dan tetap tak ada respon. Tak sabar, Lula membuka semua surat tersebut tanpa persetujuan sahabat-sahabatnya.

Alangkah terkejutnya Lula, ternyata isi surat-surat itu benar-benar menggambarkan keadaan persahabatannya kini. Para sahabatnya ternyata menyimpan ketidaksukaan satu sama lain. Pantas saja kalau hubungan mereka tak langgeng sampai dewasa. Lula hanya bisa menghembuskan napas dengan kasar dan kembali ke dalam rumah.

Contoh Cerpen Pendek

Contoh cerpen pendek tentu sudah sering Anda temui. Dalam sastra, cerpen tak mesti ditulis lebih dari 1 lembar. Meskipun ada aturan terkait jumlah maksimum kata, cerpen tak memuat jumlah minimum. Penulis bisa merangkai kata menjadi cerpen selama tema dan alur yang disampaikan jelas. Pembaca tentunya harus memahami jalan cerita yang ingin dibagikan pada cerpen tersebut.

Contoh Cerpen Pendek
Contoh Cerpen Pendek

Contoh Cerpen Beserta Unsur Intrinsik

Apa saja unsur intrinsik yang menyusun sebuah cerpen? Sama halnya dengan karya sastra umumnya, cerpen terdiri atas plot, tema, tokoh, setting, penokohan, dan sudut pandang. Sebenarnya, tak sulit mengenali contoh cerpen beserta unsur intrinsik selama memahami poin tersebut.

Contoh Cerpen Beserta Unsur Intrinsik
Contoh Cerpen Beserta Unsur Intrinsik

Kejutan di Hari Minggu

Bersepeda menjadi rutinitas mingguan keluarga Ernan. Ia bersama kakak dan adiknya sengaja mengayuh sepeda ke area CFD. Namun Minggu ini berbeda, adik dan kakaknya mendadak tak bisa ikut. Ernan dibuat bingung, padahal mereka baik-baik saja pagi tadi.

Mengingat Ernan sudah janji dengan teman-temannya ke CFD, ia tak mungkin mengurungkan niatnya. Ia tetap bersepeda seperti biasanya, tanpa kakak dan adiknya. Usai 2 jam bersepeda bersama teman-temannya, Ernan memutuskan untuk pulang ke rumah.

Sesampainya di rumah, Ernan sempat bingung dengan kondisi rumah yang sepi. “Pada kemana orang-orang?” pikir Ernan. Tanpa diduga-duga, dari arah belakang muncul ayah, ibu, kakak, dan adik Ernan. Mereka berjalan perlahan sambil menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun. Belum hilang keterkejutannya, Ernan melihat semua teman-temannya sudah berbaris rapi.

“Pantas saja mereka menolak bersepeda hari ini. Ternyata ada udang di balik batu,” gumam Ernan.

Plot : maju, menceritakan kejadian 1 hari

Tokoh : Ernan, adik, kakak, ayah, ibu, dan teman-teman

Penokohan : Ernan yang baik dan tak berburuk sangka

Sudut pandang : Orang ketiga

Setting : Rumah Ernan

Tema : Keluarga

Contoh Cerpen Motivasi

Penyampaian motivasi melalui cerpen telah lazim digunakan dari masa ke masa. Beberapa cerpen pun berkembang untuk memberikan nuansa berbeda kepada pembaca. Alih-alih menyampaikan motivasi dengan cara yang kaku, cerpen justru lebih mengalir. Pembaca biasanya tak menyadari contoh cerpen motivasi akan berdampak pada cara pandang dirinya.

Contoh Cerpen Motivasi
Contoh Cerpen Motivasi

Contoh Cerpen Bahasa Sunda

Selain dituliskan dalam bahasa Indonesia, beberapa cerpen kerap disajikan dalam bahasa daerah. Contoh cerpen bahasa Sunda menjadi satu diantaranya. Penulisan cerpen dalam bahasa daerah tentu memiliki maksud dan tujuan. Salah satunya melestarikan penggunaan bahasa daerah di kalangan masyarakat. Untuk lebih lengkapnya bisa Anda untuk dengan format PDF disini cerpen bahasa sunda PDF.

Contoh Cerpen Bahasa Sunda
Contoh Cerpen Bahasa Sunda

Obrolan Warung Kopi

“Eh maneh kamana wae?” semprot Abdi.

Aku bingung mau menjawab apa, karena tiba-tiba Abdi mencecar. Belum juga pantatku bertemu kursi, ia menanyakan kemana.

“Abdi teh sibuk. Naon?” aku bertanya balik.

“Kemarin kampung gempar. Maneh dengar?”

“Dengar naon?”

“Kunaon sih maneh. Masa kampung gempar teu nyaho”

“Di, abdi teh ke kampus dari pagi. Teu dengar apa-apa”

“Rumah pak Salim kemalingan, tapi barangnya utuh. Aneh kan?”

Aku cuma menganggukkan kepala. Maling mana yang masuk ke rumah orang tapi tak mengambil apapun. Apa ada yang hilang cuma pak Salim tak sadar?

“Orang-orang bilang, malingnya naruh santet di rumah pak Salim”

“Maneh jangan sembarangan Di,” sergahku.

“Terserah maneh mau percaya atau gak!” hardik Abdi.

Aku dan Abdi terdiam, tak melanjutkan obrolan kami. Di kepalaku masih berkecamuk alasan sang maling yang sebenarnya. Motif maling apa lagi yang dipakai pelaku?

Contoh Cerpen Bahasa Inggris

Ingin mencoba menulis contoh cerpen bahasa Inggris? Menulis cerpen dalam bahasa asing bisa membantu Anda mengasah kemampuan berbahasa sekaligus menambah kosakata baru. Dalam tulisan, tentu digunakan banyak sekali kosakata. Anda tak mungkin menggunakan 1 kata saja untuk berbagai hal. Pasalnya, bahasa Inggris mempunyai banyak pilihan kata untuk menggambarkan suatu hal. Maka dari itu silakan langsung download disini cerpen bahasa Inggris DOC.

Contoh Cerpen Bahasa Inggris
Contoh Cerpen Bahasa Inggris

Contoh Cerpen Bahasa Indonesia

Semasa sekolah, Anda tentu sering diminta membuat contoh cerpen bahasa Indonesia bukan? Tugas ini biasanya merupakan bagian dari pelajaran Bahasa Indonesia. Di setiap sekolah, setiap guru punya cara tersendiri untuk mengasah kemampuan menulis para siswanya. Salah satunya meminta untuk membuat cerpen. Tema yang diminta bisa bebas maupun mengikat, tergantung sang guru.

Contoh Cerpen Bahasa Indonesia
Contoh Cerpen Bahasa Indonesia

Suara-Suara Aneh

Binar menatap jalanan dari balik jendela ruangannya. Lalu lintas padat menjadi pemandangan rutin setiap sore. Jam pulang kantor membuat jalanan layaknya medan perang. Para pekerja seperti diburu-buru untuk segera sampai di rumah. Berbeda dari kebanyakan orang, Binar memilih pulang paling akhir. Ia tak ingin terjebak pada kemacetan.

Sore ini, cuma Binar yang masih betah berada di kantor. Semua temannya memutuskan segera pulang jam 5 sore. Tak ada satu orang pun yang tersisa, bahkan cleaning service. Sayup-sayup Binar mendengar suara tombol keyboard dari ujung ruangan. “Aneh!” batin Binar.

Tak dihiraukannya suara-suara tersebut. Ia melanjutkan lamunannya sambil menatap lampu jalanan yang mulai menyala. Sekali lagi, ia mendengar suara kursi yang ditarik. Seketika bulu kuduknya merinding tak karuan. “Apa perasaanku saja? tanyanya pada diri sendiri.

Tak sampai sedetik terdengar benda jatuh ke lantai. Suaranya menggema dan mengagetkan Binar. Nyali Binar pun ciut. Ia memutuskan tak menunggu jalanan lengang untuk pulang. Binar memilih pulang dan terjebak macet daripada harus menanggung rasa takut sendirian.

Itulah beberapa contoh cerpen alias cerita pendek yang bisa Anda jadikan panduan dalam membuat cerpen, semoga bermanfaat.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *