Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Contoh Essay

7 min read

Inilah contoh essay beasiswa, pendidikan, ilmiah, simak UI, ekonomi, dan LPDP bahasa Indonesia serta Inggris yang baik dan benar format DOC dan PDF. Contoh essay merupakan sebuah contoh tenteng karya yang berisi opini dari penulis mengenai suatu subjek tertentu secara argumentatif yang bisa dikaji. Bisa dibilang bahwa penulis mencoba mengeluarkan argumennya dalam esai yang dibuat. Penulis yang memutuskan untuk menulis esai berarti dirinya sedang mengumpulkan ide yang saling berhubungan agar melahirkan opini yang kuat.

Bentuk penulisan esai harus dibuat dengan rapi dan komunikatif sehingga pembaca lebih mudah memahaminya. Ada banyak model esai yang bisa Anda pelajari untuk dijadikan referensi. Berikut beberapa contoh essay yang bisa Anda gunakan dalam berbagai kepentingan.

Contoh Essay Beasiswa

Essay beasiswa merupakan jenis essay yang dipakai untuk mendapatkan beasiswa tertentu. Untuk mendapatkan beasiswa, biasanya ada persyaratan pembuatan essay yang harus Anda penuhi. Essay yang harus dibuat ini biasanya berisi tentang diri Anda sendiri. Bagaimana bentuk essay sangat mempengaruhi Anda lolos atau tidaknya pada proses seleksi. Agar lebih mudah, perhatikan contoh essay beasiswa berikut ini!

Contoh Essay Beasiswa
Contoh Essay Beasiswa

Aku, Calon Penggerak Generasi Bangsa

Untuk menjadi sukses, dibutuhkan sebuah proses yang panjang. Saya percaya bahwa apa yang saya dapatkan tidak akan pernah mengkhianati apa yang saya usahakan. Berasal dari keluarga sederhana, ayah saya bekerja sebagai karyawan swasta dengan gaji pas-pasan. Upah yang didapatkan hanya cukup untuk memenuhi keperluan sehari-hari yang terkadang harus ditambah dengan kerja lainnya. Untuk membiayai saya kuliah, gaji tersebut tidaklah cukup sehingga saya ingin mendaftar program Beasiswa Unggulan ini.

Saya bertekad untuk menempuh pendidikan tertinggi meski berasal dari keluarga yang tergolong kekurangan. Saya ingin membuktikan bahwa untuk meraih pendidikan, saya tidak perlu membebani keluarga saya. Setiap hari, saya selalu mengisi waktu luang dengan kegiatan yang kiranya bisa membantu saya sebagai bekal kuliah.

Meski berbagai celaan dari orang lain yang mengatakan bahwa saya tidak pantas kuliah karena ekonomi, saya ingin membuktikan anggapan itu tidak benar. Bagi saya, semua orang berhak menempuh pendidikan dalam kondisi apapun.

Berkat usaha keras, saya menjadi salah satu siswa yang berprestasi di sekolah. Sejak berada di Sekolah Dasar hingga tamat SMA saya selalu berhasil mendapatkan peringkat 1 atau 2 di kelas. Bahkan saya pernah menjadi juara 2 olimpiade biologi tingkat kabupaten dan melanjutkannya di tingkat provinsi. Selain itu, saya juga mengikuti berbagai lomba lainnya mulai dari LKBB, TTG, cerdas cermat, syarhil Quran, dan yang lainnya.

Saya memiliki cita-cita sebagai seorang guru yang akan mengantarkan generasi penerus bangsa menuju masyarakat yang lebih maju. Oleh karena itu, saya berharap melalui beasiswa unggulan ini cita-cita saya dapat terwujud. Saya harap bapak/ibu dapat memilih saya sebagai penerima beasiswa ini. Demikian essay ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Baca Juga : Contoh Surat Pribadi yang Baik dan Benar

Contoh Essay Pendidikan

Essay pendidikan merupakan essay yang membahas permasalahan terkait pendidikan. Banyak essay pendidikan yang mampu menggiring opini masyarakat di website. Berikut contoh essay pendidikan yang bisa dipelajari.

Contoh Essay Pendidikan
Contoh Essay Pendidikan

Kemuliaan Guru yang Tergerus Zaman

Guru merupakan panutan yang digugu dan ditiru oleh para kaum muda. Meski gaji yang diperoleh seorang guru tidak sebanding dengan perjuangannya, dedikasi guru akan selalu terukir sepanjang masa. Namun saat ini pandangan terhadap kemuliaan guru perlahan memudar.

Banyaknya kasus yang melibatkan para guru, membuat guru sering was-was terhadap ancaman ringan sampai berat. Keadaan sekarang sangat berbeda dengan masa lalu dimana menegur murid adalah bentuk betapa guru berusaha membentuk karakter yang lebih baik. Sekarang, guru yang menegur atau memberi sanksi pada siswanya dianggap melakukan pelanggaran HAM.

Zaman sekarang guru hanyalah mesin penggerak kebijakan pemerintah, bukan lagi sosok yang diteladani di dalam atau luar sekolah. Dunia pendidikan diwarnai dengan berbagai kasus kekerasan siswa terhadap guru dengan berbagai latar belakang.

Hal ini semakin memperjelas bahwa moral para siswa sudah mengalami penurunan dalam tingkat yang tajam. Untuk mengembalikan perspektif kemuliaan seorang guru, dibutuhkan kerja sama dari semua pihak. Kita harus bahu membahu dalam mengembalikan kemuliaan guru demi menciptakan generasi penerus bangsa yang bermoral.

Contoh Essay Ilmiah

Essay ilmiah merupakan jenis essay yang dibuat berdasarkan penelitian. Essay ini dianggap lebih terpercaya karena penelitian yang dibuat. Simak salah satu contoh essay ilmiah berikut ini!

Contoh Essay Ilmiah
Contoh Essay Ilmiah

Rumah Tanggap Bencana

Bencana merupakan sebuah kejadian yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Negara Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara yang rawan bencana karena letak geografisnya. Akibat yang ditimbulkan bencana selalu sangat merugikan berbagai pihak. Sehingga pemerintah mulai menerapkan Safe Community.

Dalam program tersebut, tenaga kesehatan dituntut untuk selalu siap siaga dan tanggap darurat. Penerapan Emergency Home Care (Rumah Tanggap Darurat Bencana) bertujuan untuk menurunkan angka krisis bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Melalui sistem kolaborasi secara preventif, kuratif dan rehabilitatif yang diterapkan, pemerintah berharap permasalahan yang terkait dengan bencana dapat diatasi dengan lebih mudah.

Contoh Essay yang Baik dan Benar

Saat membuat essay, ada kalanya seseorang tidak memperhatikan tata letak atau struktur yang dibutuhkan. Untuk membuat essay yang baik dan benar, Anda harus memperhatikan bagian susunannya. Berikut ini contoh essay yang baik dan benar!

Contoh Essay yang Baik dan Benar
Contoh Essay yang Baik dan Benar

Gaya Kepemimpinan Dalam Organisasi

Suatu organisasi selalu membutuhkan sosok pemimpin yang sesuai dengan harapan. Tanpa adanya leadership yang dapat diandalkan, suatu organisasi dapat berhenti di tengah jalan tanpa alasan yang jelas. Sebuah kepemimpinan dalam organisasi tentunya memiliki struktur atau bagian bawahan dari berbagai jabatan yang ada di dalamnya. Kepemimpinan menjadi  jabatan prestisius yang sangat diperlukan untuk menggerakkan segala jabatan di bawahnya dalam berorganisasi.

Gaya leadership yang dimiliki oleh pemimpin suatu organisasi mempunyai pengaruh yang sangat penting terhadap keberlangsungan organisasi. Gaya kepemimpinan ini tergantung pada karakter seseorang atau kebiasaannya dalam mendapatkan pendidikan. Pemimpin dengan gaya moderat atau demokratis adalah orang yang terbiasa terdidik secara moderat, sehingga memiliki kecenderungan lebih terbuka dan mudah diajak bicara. Gaya kepemimpinan yang bersifat kaku dan tegas menunjukkan pemimpin tersebut berasal dari lingkungan yang terdidik secara hukum atau militer. Pemimpin yang dibesarkan di lingkungan businessman., memiliki aspek kalkulasi yang menonjol dibanding lainnya.

Setiap gaya kepemimpinan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bawahan harus siap bergerak dengan berbagai macam gaya kepemimpinan. Pengaruh yang diberikan dari gaya kepemimpinan tersebut akan membuat organisasi lebih berkembang. Yang lebih penting, kepemimpinan dapat mengantarkan bawahan dalam mengembangkan diri.

Contoh Essay Simak UI

Seleksi masuk UI atau biasa dikenal Simak UI menjadi salah satu proses yang harus Anda lewati jika ingin menempuh pendidikan di UI. Dalam seleksi ini, Anda diharuskan menulis esai dalam waktu yang ditentukan. Seperti apa contohnya? Berikut salah satu contoh essay Simak UI yang bisa dijadikan referensi! Untuk yang mau download format DOC atau dokumen bisa langsung kunjungi disini Contoh Essay DOC.

Contoh Essay Simak UI
Contoh Essay Simak UI

Kebut-kebutan Awal Kehancuran

Saat tiba musim liburan atau musim mudik, angka kecelakaan di jalan raya mengalami peningkatan tajam. Faktor-faktor seperti mengantuk, kelelahan, mesin rusak, saling salip atau kebut-kebutan dan sebagainya menjadi penyebab angka kecelakaan selalu naik. Dari berbagai faktor tersebut, kebut-kebutan merupakan yang paling berbahaya. Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian dan jasa raharja, angka kecelakaan akibat kebut-kebutan berada pada kisaran 1000 lebih. Jumlah ini paling banyak dibandingkan kecelakaan yang diakibatkan oleh hal lain.

Berkendara dengan kecepatan tinggi atau ngebut memang membuat diri merasa diri seperti sedang berada di arena balap. Namun hal ini dapat melukai diri sendiri dan orang lain. Banyak nyawa yang hilang akibat orang yang berkendara dengan kecepatan diatas batas. Bahkan tak jarang pula banyak pejalan kaki yang meninggal di tempat karena ditabrak oleh pengendara yang sedang ngebut. Kejadian ini sering terjadi akibat bus yang dikendarai dengan ugal-ugalan. Seperti yang terjadi di Tugu Buaya, Jakarta dua tahun lalu, sebanyak 17 orang meninggal, dan 13 luka-luka karena tertabrak bus yang sedang melaju dalam kecepatan tinggi. Adu cepat sangat berbahaya bagi pengemudi maupun bagi pengguna jalan raya lainnya.

Contoh Essay Ekonomi

Essay ekonomi merupakan argumen yang isinya khusus berkaitan dengan masalah perekonomian yang sedang terjadi. Berikut ini contoh essay ekonomi yang bisa dipelajari!

Contoh Essay Ekonomi
Contoh Essay Ekonomi

Rupiah Melemah

Dari tahun ke tahun, nilai tukar Rupiah cenderung menurun tajam. Banyak faktor yang memiliki andil dalam kasus melemahnya rupiah yang terjadi di negara Indonesia ini. Melambatnya kegiatan ekonomi di Indonesia menjadi salah satu faktor yang menunjang lemahnya nilai tukar rupiah. Ada pula faktor merosotnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan pemerintah yang masih ragu-ragu menaikkan harga berpengaruh kuat dalam semakin melemahnya nilai rupiah. Nilai tukar rupiah yang dari tahun ke tahun semakin melemah disebabkan oleh penawaran yang tinggi dan permintaan yang rendah akan mata uang Indonesia ini.

Rupiah yang melemah mengakibatkan beberapa hal yang merugikan berbagai pihak seperti dinamika ekspor dan impor yang tidak menentu. Selain itu, nominal rupiah dari utang luar negeri semakin naik karena utang luar negeri dihitung menggunakan mata uang asing. Ditambah lagi dengan adanya investasi portofolio asing yang membuat para investor asing menukar Rupiah dengan US Dollar, sehingga terjadi peningkatan penawaran mata uang rupiah. Terakhir, faktor masyarakat Indonesia yang umumnya bersifat konsumtif membuat negara tidak produktif sehingga nilai rupiah pun makin turun di negara lain.

Contoh Essay Bahasa Inggris

Sesuai dengan jenisnya, essay bahasa Inggris tentu merupakan sebuah essay yang menggunakan bahasa Inggris. Pelajari contoh essay bahasa Inggris berikut ini!

Contoh Essay Bahasa Inggris
Contoh Essay Bahasa Inggris

Internet, Between Positive and Negative

Every day, technology is always evolving to make internet access very easy. This makes many people spend more time in front of a smartphone or PC. Many feel the presence of the internet makes it easier for humans to find resources for school and homework. With more speed and ease, anyone can get more knowledge. Besides, the internet also makes people in a country can communicate easily with other citizens. So, the internet can connect humans with other humans who are far away.

Unfortunately, the internet also makes someone addicted to playing the internet. This is very influential in social life because people are busier in front of the screen than directly socializing face to face. So, it can be said that the internet can have a negative and positive influence on a person. The use of the internet must be limited so as not to cause long-term losses later.

Contoh Essay Bahasa Indonesia

Essay yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia dapat mengangkat tema apapun sesuai dengan keinginan si penulis. Berikut ini contoh essay bahasa Indonesia yang bisa dipelajari dengan baik!

Contoh Essay Bahasa Indonesia
Contoh Essay Bahasa Indonesia

Pendidikan dan Manusia

Pendidikan merupakan sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Siapapun harus mendapatkan pendidikan sejak ia lahir hingga dewasa. Tanpa memperoleh pendidikan, seorang bayi tentu tidak akan bisa tumbuh menjadi manusia yang seutuhnya. Melalui pendidikan, manusia mendapatkan berbagai macam skill untuk meningkatkan produktivitas. Skill of life adalah bagian terpenting dari pendidikan. Tidak adanya skill of life yang dimiliki oleh seseorang, tentu seseorang tidak akan bisa menjadi manusia karena pendidikan adalah sebuah proses memanusiakan manusia.

Pendidikan menjadi sesuatu yang mutlak harus diutamakan sebuah negara demi majunya bangsa. Bangsa yang beradab adalah bangsa yang berasal dari pendidikan luar biasa. Cobalah kita tengok keadaan bangsa Indonesia saat ini. Sudahkah mereka layak disebut sebagai manusia? Seringkali kita temui berbagai kasus krisis moralitas yang mengusik sanubari. Krisis moralitas bangsa yang terjadi seolah-olah menunjukkan bagaimana sebuah pendidikan sangat berpengaruh dalam kehidupan. Manusia yang tidak bersikap layaknya manusia merupakan produk dari pendidikan yang gagal ditanamkan. Oleh karena itu, pendidikan yang berhasil adalah pendidikan yang memanusiakan manusia.

Contoh Essay LPDP

LPDP banyak diburu kaum muda untuk memperoleh beasiswa dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ada persyaratan essay yang harus dibuat peserta seleksi jika ingin lolos mendapatkan beasiswa LPDP. Berikut salah satu contoh essay LPDP yang bisa dijadikan bahan referensi Anda.

Contoh Essay LPDP
Contoh Essay LPDP

Turut Andil Dalam NKRI

Nama saya Malika Shara asal Bukittinggi. Saya baru menyelesaikan studi S1 di Universitas Slamet Riyadi pada jurusan Hubungan Internasional. Selama masa kuliah, saya sangat aktif dalam berorganisasi. Pada semester awal, saya sudah menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional. Lalu di tahun kedua, saya masuk menjadi anggota BEM Fakultas dan BEM Universitas. Saya menjabat sebagai wakil presiden BEM di tahun berikutnya. Selain itu, saya aktif menjadi MC untuk berbagai macam acara di dalam atau di luar kampus. Kuliah saya tidak terganggu sama sekali dengan jadwal yang begitu padat karena manajemen waktu yang baik.

Beasiswa LPDP membuat saya ingin terus menempuh pendidikan yang tinggi. Meski saya masih memiliki andil yang sedikit untuk NKRI, saya ingin memberikan andil yang lebih besar untuk negara tercinta Indonesia. Berbagai program yang saya ikuti membuat saya sadar betapa banyak tangan Indonesia yang membutuhkan uluran tangan kita. Apa yang sudah saya keluarkan sebanding dengan apa yang saya dapatkan. Jika dipercaya menerima beasiswa LPDP, saya akan memperdalam studi keilmuan Hubungan Internasional untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Agar bisa turut andil dalam kemajuan NKRI, saya siap memberi dan diberi. Saya akan selalu belajar dan belajar. Saya akan terus memantaskan diri terhadap apa yang sudah dipercayakan kepada saya.

Contoh Essay PDF

Membuat essay dalam format .pdf bukanlah sesuatu yang sulit. Anda tetap bisa membuat essay sesuai dengan keinginan menggunakan format pdf yang tersedia. Berikut ini salah satu contoh essay pdf yang Anda pelajari.

Contoh Essay Pdf
Contoh Essay Pdf

Itulah beberapa contoh essay yang bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam membuat essay yang baik dan benar.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *