Contoh Jurnal

Sebagian besar mahasiswa atau pelajar tentu familiar mencari contoh jurnal. Bahkan istilah ini sangat umum dipergunakan menjadi bahan pembelajaran. Jurnal merupakan artikel ilmiah yang diterbitkan secara periodik. Berbeda dengan jurnal ilmiah, jurnal akuntansi justru berisi catatan keuangan secara detail setiap hari.

Untuk jurnal ilmiah, Anda sebenarnya tersedia dalam bentuk fisik maupun daring. Anda bisa mengaksesnya melalui situs resmi jurnal. Menariknya, jurnal ilmiah ini membahas penelitian atau isu terkini yang bisa menjadi bahan penelitian lain. Dengan kata lain, beberapa penulis seringkali terinspirasi dari penelitian sebelumnya yang dirasa masih rumpang.

Beberapa jurnal ilmiah bisa diakses secara gratis, namun ada pula yang berbayar. Tak sembarang tulisan atau artikel bisa diterbitkan oleh jurnal nasional maupun internasional. Ada syarat dan ketentuan yang berlaku sebagai penilaian. Apakah artikel tersebut layak diterbitkan dan terpercaya atau sebaliknya? Guna memudahkan Anda memahami jurnal, berikut beberapa contohnya.

Contoh Jurnal Umum

Dalam akuntansi, istilah jurnal merujuk pada catatan keuangan permanen pertama pada perusahaan. Nantinya, jurnal umum bisa dipecah ke jurnal khusus untuk merinci seluruh transaksi keuangan perusahaan. Transaksi diurutkan berdasarkan frekuensi tertinggi dan ditulis secara rinci. Sistem keuangan akan lebih teratur dan mudah dicek melalui contoh jurnal umum tersebut.

Contoh Jurnal Umum
Contoh Jurnal Umum
Tanggal Keterangan Ref. Saldo
Debit Kredit
14 Juni Kas Rp 15.000.000
Modal Awal Rp 15.000.000
19 Juni Sewa Rp 5.000.000
Perlengkapan Rp 4.500.000
21 Juni Hutang Usaha Rp 5.500.000
25 Juni Pendapatan Rp 4.000.000

Contoh Jurnal Skripsi

Mahasiswa tingkat akhir pasti paham sulitnya menulis skripsi. Layaknya tulisan ilmiah lain, skripsi butuh observasi dan penelitian mendalam terkait topik yang ingin dibahas. Umumnya, para dosen pembimbing pun meminta mahasiswa mencari contoh jurnal skripsi. Tujuannya untuk menemukan topik menarik dan terhindar dari plagiat.

Contoh Jurnal Skripsi
Contoh Jurnal Skripsi

Contoh jurnal inipun bisa dijadikan bahan serta data pendukung penelitian skripsi. Hasil penelitian di dalam jurnal pun terbukti secara empiris maupun akademis. Sehingga sangat bagus dijadikan bahan rujukan atau kajian pustaka dalam skripsi.

Baca Juga : Contoh Berita Acara yang Baik dan Benar

Contoh Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah identik dengan dunia akademis atau pendidikan. Pasalnya, hasil penelitian dan tulisan seringkali diterbitkan oleh mahasiswa, dosen, maupun peneliti. Di Indonesia sendiri, ada 2 jenis jurnal ilmiah, yakni jurnal bereputasi dan non reputasi. Perbedaan keduanya terlihat dari ISSN atau International Standard Serial Number. Adapun contoh jurnal ilmiah bereputasi baik bisa ditemukan di universitas besar, seperti UGM dan UI.

Contoh Jurnal Ilmiah
Contoh Jurnal Ilmiah

SUBALTERNITAS TERHADAP PEREMPUAN DALAM CERITA RAKYAT INDONESIA: KAJIAN FEMINIS

Abstrak

Cerita rakyat diwariskan dari generasi ke generasi dalam masyarakat Indonesia. Sebagai kearifan lokal, cerita rakyat mengandung pembelajaran dan pengingat. Peneliti menggunakan dua cerita rakyat Indonesia, yakni Bawang Merah Bawang Putih dan Keong Emas untuk mencapai tujuan penelitian.

Penelitian ini membahas perjuangan perempuan mendobrak sistem patriarki di Indonesia. perempuan diposisikan sebagai kelas kedua atau subordinat dalam masyarakat. Apakah para perempuan mengalami penindasan yang sama? Apa saja bentuk penindasan yang diterima oleh masing-masing karakter? Penelitian ini menggunakan teori Gayatri Spivak tentang subalternitas.

Teori subalternitas menjelaskan posisi wanita sebagai kelas kedua dalam perspektif poskolonialisme. Subalternitas memperkuat penindasan terhadap perempuan dalam masyarakat. Pernyataan dan paragraph dari kedua cerita rakyat menjadi sumber data penelitian.

Dalam kajian ini, penindasan tidak hanya terjadi secara verbal, namun juga fisik. Penindasan turut dilanggengkan oleh masyarakat. Ada beberapa masalah penting yang bisa dikaji dengan teori ini, yaitu: (1) subordinasi perempuan dalam sistem patriarki, (2) faktor yang mempengaruhi posisi perempuan dalam struktur masyarakat, dan (3) perjuangan perempuan melawan ketidakadilan gender. Dari penelitian ini ditemukan nilai sosial dan struktur kedua cerita yang membangun perlawanan perempuan terhadap ketidakadilan gender.

Contoh Jurnal Penelitian

Pada dasarnya, jurnal penelitian masuk dalam kategori ilmiah. Seperti yang kita tahu, penelitian selalu dilakukan oleh akademisi atau orang yang berkompeten. Nantinya, hasil penelitian akan dimanfaatkan dalam dunia akademik maupun produksi. Jika berkaitan dengan produk, tentu produksi produk menjadi tujuan akhir.

Bagi akademisi dan peneliti, jurnal penelitian tak jauh berbeda dengan laporan penelitian. Beberapa diantaranya sengaja dipublikasikan melalui jurnal bersama penelitian dari penulis lain. Struktur dan format penulisan contoh jurnal penelitian pun tak berbeda jauh dengan jurnal ilmiah. Metode penelitian pun masih memanfaatkan kualitatif dan kuantitatif.

Contoh Jurnal Penelitian
Contoh Jurnal Penelitian

Contoh Jurnal Internasional

Jika jurnal ilmiah nasional bisa ditulis dalam bahasa Indonesia, berbeda dengan jurnal internasional. Dalam praktiknya, jurnal internasional hanya menerima artikel berbahasa resmi PBB, yakni bahasa Inggris, Tiongkok, Arab, Perancis, Spanyol, serta Rusia. Salah satu contoh jurnal internasional berbahasa Inggris yang bisa ditiru adalah.

Contoh Jurnal Internasional
Contoh Jurnal Internasional

The Police dalam The Secret Life of Bees Karya Sue Monk Kidd

Abstract

This paper will discuss the distribution of the sensible in The Secret Life of Bees which is written by Sue Monk Kidd. The distribution of the sensible is one of aristocrat’s design which divides the person into each division. In this paper, the writer will discuss the form of the distribution of the sensible which consist the politic and police. The aim of this paper is to reveal social structure in American society which becomes the background of this novel. The writer uses Jacques Ranciere’s theory, the distribution of the sensible (the police) to find the class social in The Secret Life of Bees. Based on Ranciere’s theory, he describes that the social class is formed by the social division of roles. Literature existed as the expression of the society to critique social class. This paper uses the qualitative method which is called as poetic knowledge. This method will analyze word, sense, and action from the subject. From this analysis, the writer finds the social structure which existed in American society in 1964. This social structure is influenced by the difference of race. The racism becomes the sensitive issue in American during 1964.

Contoh Jurnal Penyesuaian

Selain jurnal umum, jurnal penyesuaian merupakan jenis jurnal dalam akuntansi. Tetapi ada perbedaan mendasar antara jurnal umum dan jurnal penyesuaian. Pada jurnal penyesuaian, catatan dibuat pada akhir periode untuk menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran. Jurnal ini dibuat sebelum menyusun laporan akhir tahun.

Dari namanya, Anda tentu sudah bisa menduga poin yang tertera pada jurnal. Umumnya, perusahaan menggunakan jurnal ini untuk mengetahui aktiva aktif, pendapatan, pembayaran, hingga sewa. Tak sulit menemukan contoh jurnal penyesuaian beserta format yang tepat. Satu diantaranya contoh di bawah ini.

Contoh Jurnal Penyesuaian
Contoh Jurnal Penyesuaian

Contoh Jurnal Akuntansi

Dalam menyusun jurnal akuntansi, debit selalu ditulis terlebih dahulu dibandingkan kredit. Format ini untuk memudahkan Anda melakukan penyesuaian dan pengecekan pada setiap transaksi. Begitu pula dengan tanggal atau waktu yang harus ditulis secara runut. Cara pembukuan pada contoh jurnal akuntansi bisa dilakukan dengan single maupun double entry. Berikut contoh jurnal penjualan yang termasuk kategori akuntansi.

Contoh Jurnal Akuntansi
Contoh Jurnal Akuntansi
Tanggal No. Faktur Keterangan Ref. Syarat Pembayaran Piutang Dagang
3 Agustus 2020 SD Muara Cita 2/15, n/30 Rp 1.500.000
7 Agustus 2020 SD Maju Bersama 5/15, n/30 Rp 1.000.000
9 Agustus 2020 SD Sukacita 3/15, n/30 Rp 2.000.000

Contoh Jurnal Bahasa Inggris

Sering membaca jurnal berbahasa asing? Apa yang biasanya Anda cari? Secara akademik, jurnal internasional memiliki tingkat kredibilitas lebih tinggi. Peer-review dalam proses penerbitan artikel dinilai sangat kompetitif, sehingga menjamin kebenaran dan otentik penulisan. Ini pula yang ditemukan pada contoh jurnal bahasa Inggris.

Contoh Jurnal Bahasa Inggris
Contoh Jurnal Bahasa Inggris

Ada begitu banyak jurnal berstandar internasional dan diakui, bahkan menempati indeks jurnal tertinggi. Sebut saja jurnal-jurnal di website terindikasi Scopus, Web of Science, hingga Scholarly. Topik bahasan dari setiap artikel pun terbilang update, sangat berpengaruh dalam dunia akademik. Beberapa peneliti dalam negeri pun kerap menjadikan jurnal berbahasa Inggris sebagai bahan rujukan.

Contoh Jurnal Pembelian

Setelah membahas jurnal penjualan, saatnya mengetahui format jurnal pembelian. Buku pembelian akan mendata seluruh transaksi pembelian dengan cara kredit. Pembayaran secara kredit yang tercatat melampirkan keterangan, tanggal, hingga jumlah. Sebagai gambaran, berikut contoh jurnal pembelian yang biasa digunakan.

Contoh Jurnal Pembelian
Contoh Jurnal Pembelian
Tanggal Ket. Ref. Debit Utang Dagang
Pembelian Serba-Serbi
Ref Akun Jumlah
9 Desember 2019 CV Ananta Rp 1.750.000 Rp 1.750.000
15 Desember 2019 CV Sorcha Rp 2.250.000 Rp 50.000 Rp 2.250.000
23 Desember 2019 CV Arsha Rp 1.250.000 Rp 1.250.000
Jumlah Rp 5.300.000

Contoh Review Jurnal

Para akademisi tentu sudah tak asing mengevaluasi atau review jurnal. Umumnya, review jurnal dilakukan pada tingkat pendidikan sarjana maupun pasca sarjana. Tujuannya untuk membiasakan diri membaca dan memahami topik bahasan dari sebuah jurnal. Dalam jangka panjang, review jurnal membantu para reviewer memilah dan menemukan topik otentik untuk penelitian selanjutnya.

Dalam proses review jurnal, Anda diminta untuk menemukan bahasan-bahasan pokok. Apa saja yang tengah dibahas? Metode apa yang digunakan oleh penulis? Adakah variabel terikat dan bebas yang mempengaruhi arah penelitian? Contoh review jurnal ini bisa Anda temukan, seperti berikut.

Contoh Review Jurnal
Contoh Review Jurnal

Contoh Resume Jurnal

Resume merupakan ringkasan yang dibuat dari sebuah buku, jurnal, maupun artikel. Sebuah resume memuat ide yang ingin disampaikan oleh penulis. Misalnya saja, contoh resume jurnal yang memaparkan isi pokok dan hasil penelitian. Di dalam resume, Anda bisa menuliskan kelebihan dan kekurangan dari artikel tersebut.

Contoh Resume Jurnal
Contoh Resume Jurnal

Judul Penelitian : Pengaruh Buku Cerita Anak dalam Meningkatkan Kreativitas Anak

Peneliti : Irawan Setiawan, S.Psi

Sumber : Jurnal Psikologi Indonesia, 2020, 87: 45 – 52

Latar Belakang : Peneliti ingin mengetahui seberapa jauh pengaruh membaca bagi kecerdasan dan kreativitas anak. Bahan bacaan yang digunakan berupa buku cerita anak bergambar yang ditulis oleh orang dewasa.

Metode Penelitian : Menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data-data, angka, serta penelitian lapangan. Semua hasil penelitian disampaikan dalam bentuk deskriptif atau penjelasan.

Hasil Penelitian : Ditemukan adanya pengaruh membaca dengan kemampuan anak dalam mencerna informasi yang diterima. Anak lebih aktif dan tanggap dalam berkomunikasi dan menanggapi pembicaraan. Kosakata anak lebih beragam dan jelas dalam mengungkapkan emosi dan sekitarnya. Anak pun lebih inisiatif dalam bermain dan menciptakan kreasi dari permainan maupun keadaan.

Kesimpulan : Membaca memberi pengaruh besar bagi tumbuh kembang anak. Manfaat yang bisa dirasakan tentu saja kecerdasan dan kreativitas anak yang meningkat dan lebih unggul dibanding anak lainnya.

Contoh Abstrak Jurnal

Abstrak merupakan tulisan yang memaparkan isi jurnal atau penelitian secara ringkas, padat, dan tajam. Melalui abstrak, pembaca bisa menduga arah penelitian serta kesimpulan. Menariknya, abstrak bisa menarik perhatian para pembaca untuk terus melanjutkan membaca atau sebaliknya. Oleh sebab itu, sangat penting menuliskan abstrak secara lugas dan tepat.

Ini pula yang membuat contoh abstrak jurnal sangat dicari. Pasalnya, masih banyak penelitian yang bagus tetapi mengesampingkan penulisan abstrak. Padahal pengaruh abstrak sangat bisa dirasakan dalam jumlah views maupun pengutipan. Supaya Anda tak salah menuliskan abstrak dan terkesan lugas, berikut contohnya.

Contoh Abstrak Jurnal
Contoh Abstrak Jurnal

Sebelum menulis jurnal, cobalah membaca dan memahami banyak jurnal sejenis. Cara ini sangat disarankan oleh para akademisi, terutama dosen. Dari membaca serta menganalisis jurnal, sudut pandang dan ketajaman Anda dalam melihat topik akan sangat terasa. Tak cuma itu, contoh analisis jurnal membantu Anda lebih terbuka akan banyak hal.

Contoh Analisis Jurnal

Judul : Kontradiksi Subalternitas dalam Novel Bawang Merah Bawang Putih

Isi Jurnal :

Penelitian dilakukan untuk mengetahui posisi para karakter di dalam novel. Objek penelitian melibatkan ketiga tokoh utama, yakni Bawang Merah, Bawang Putih, dan Ibu. Ketiganya merupakan perempuan yang menempati posisi subordinat dalam hirarki masyarakat. Meskipun berposisi sebagai kelas kedua, ketiganya mempunyai posisi berbeda dalam keluarga. Bahkan ditemukan adanya kontradiksi subalternitas pada ketiga tokoh. Tak semua tokoh mengalami peliyanan dan terbungkam. Dua tokoh ternyata mendominasi tokoh Bawang Putih yang mengalami diskriminasi ganda.

Kelebihan dan Kekurangan :

Topik yang diangkat sangat segar dan jarang diperhatikan. Selama ini hanya terlihat bagaimana Bawang Putih diliyankan dan diperlakukan berbeda oleh sang ibu. Namun tidak ada pembahasan lain bagaimana tokoh ibu dan Bawang Merah mampu bersuara dan memperlihatkan sisi perlawanan dalam dunia laki-laki. Kekurangan dari penelitian adalah referensi rujukan yang kurang memadai. Data pendukung pun tidak disertakan, sehingga tingkat kredibilitas sedikit dipertanyakan.

Contoh Footnote dari Jurnal

Sering melihat catatan kaki di jurnal ilmiah? Footnote atau catatan kaki lazim ditemukan sebagai tambahan. Posisi footnote seringkali ditampilkan di bagian bawah halaman dengan merujuk buku atau jurnal penelitian lainnya. Keberadaan catatan kaki sangat membantu pembaca menemukan penjelasan terkait topik yang dibahas.

Selain menjelaskan topik, catatan kaki juga bisa dijadikan referensi untuk bahan bacaan selanjutnya. Anda bisa memahami rujukan yang dijadikan referensi dan menemukan keunikan dari jurnal tersebut. Contoh footnote dari jurnal sendiri mudah ditemukan pada banyak jurnal internasional, seperti.

Contoh Footnote dari Jurnal
Contoh Footnote dari Jurnal

Contoh Soal Jurnal Umum

Bingung menyusun soal untuk membuat jurnal umum? Para pengajar atau akademisi pasti pernah mengalami hal serupa. Pasalnya, contoh soal jurnal umum mesti memberi gambaran terkait transaksi keuangan secara detail. Nantinya, soal tersebut dijadikan bahan untuk menyusun jurnal umum oleh murid ataupun mahasiswa. Selengkapnya mengenai soal jurnal umum bisa Anda lihat disini Soal Jurnal Umum PDF.

Contoh Soal Jurnal Umum

  • Tanggal 13 Juli 2020, Inaya menginvestasikan uang sebesar Rp 25.000.000 pada warungnya, Warung Makan Sederhana
  • Tanggal 25 Juli 2020 dibayarkan uang sewa sebesar Rp 10.000.000 selama 3 bulan.
  • Tanggal 25 Juli 2020 membeli perlengkapan warung sebesar Rp 5.000.0000 dan Rp 3.000.0000.
  • Tanggal 2 Agustus 2020 menerima pendapatan sebesar Rp 15.000.000 dalam seminggu.
  • Tanggal 9 Agustus 2020 membayar gaji karyawan untuk 2 minggu sebesar Rp 5.000.000.

Tinggalkan komentar