Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Contoh Landasan Teori

7 min read

Sebelum mengetahui tentang contoh landasan teori, tentunya harus diketahui terlebih dahulu tentang pengertian serta jenis-jenisnya. Landasan teori merupakan suatu gambaran atau konsep yang digunakan sebagai pondasi atau akar dalam sebuah penelitian.

Bentuk landasan teori berupa pernyataan yang disusun dengan terstruktur sehingga peneliti dapat melakukan penelitiannya dengan sistematis. Adanya landasan teori ini berfungsi sebagai penyusunan atau ringkasan wawasan dan sebagai pengembangan baru dari apa yang sudah ada. Agar lebih mudah memahami mengenai landasan teori, berikut beberapa contoh landasan teori yang bisa Anda pelajari.

Contoh Landasan Teori Makalah

Makalah merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang mewajibkan adanya teori dalam mengembangkan pemikiran si penulis. Dalam makalah yang dibuat, letak landasan teori ini berada di dalam BAB II. Agar lebih jelasnya, salah satu contoh landasan teori makalah yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan adalah sebagai berikut ini.

Contoh Landasan Teori Makalah
Contoh Landasan Teori Makalah

Landasan Teori

1.Pengertian Pendidikan

Pendidikan didefinisikan oleh banyak tokoh sebagai sesuatu yang bernilai tinggi. Menurut John Dewey, pendidikan merupakan proses pembentukan kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional yang menuju ke arah alam dan sesama manusia. Pembentukan kecakapan ini bertujuan agar generasi muda dapat mengamalkan nilai-nilai moral demi keberlangsungan hidup dan kehidupan. Menurut Masnur Muslich (2014) pendidikan merupakan proses internalisasi budaya ke dalam diri seseorang dan masyarakat sehingga dapat membuat manusia lebih beradab.

2.Pengertian Karakter

Karakter menurut Simon Philips (2008) merupakan kumpulan tata nilai yang arahnya menuju pada suatu sistem, melandasi suatu pemikiran, sikap dan perilaku yang ditampilkan. Menurut Koesoema A (2007) karakter itu sama artinya dengan kepribadian seseorang. Sedangkan menurut Prof. Suyanto, Ph.D, karakter merupakan cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama dengan baik.

Berdasarkan teori di atas, dapat dikatakan bahwa pendidikan karakter merupakan sebuah proses yang membuat manusia menjadi lebih berkualitas dan beradab.

Baca Juga : Contoh Cerpen Singkat yang Baik dan Benar

Contoh Landasan Teori Skripsi

Skripsi merupakan sebuah karya ilmiah yang diwajibkan bagi mahasiswa demi meraih gelar sarjana. Jika seorang mahasiswa tidak dapat menyelesaikan skripsinya, maka ia tidak akan lulus program S1nya. Ada beberapa bab dalam skripsi yang harus dikerjakan, salah satunya adalah bab landasan teori. Seperti apa? Berikut salah satu contoh landasan teori skripsi yang bisa dipelajari.

Contoh Landasan Teori Skripsi
Contoh Landasan Teori Skripsi

Landasan Teori

  1. Pengertian Kedisiplinan

Pengertian tentang disiplin telah banyak didefinisikan dalam berbagai versi oleh para ahli. Ahli yang satu mempunyai batasan lain apabila dibandingkan dengan ahli lainnya. Seperti yang dikemukakan oleh Rasdiyanah (dalam Amri, 2013: 168) tentang definisi disiplin, “Kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku.”

Aritonang (dalam Arifin dan Barnawi, 2012: 110) mengatakan, “Disiplin pada hakikatnya adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dalam bentuk tidak melakukan suatu tindakan yang tidak sesuai atau bertentangan dengan sesuatu yang telah ditetapkan.”

Semiawan (2002: 89) menyatakan bahwa disiplin secara luas dapat diartikan sebagai semacam pengaruh untuk membantu menghadapi tuntutan dari lingkungan. Disiplin adalah sebuah “pengaruh yang dirancang untuk membantu” seseorang “menghadapi tuntutan” dari tempatnya berada atau lingkungannya.

Berdasarkan uraian diatas, dapatlah disimpulkan bahwa kedisiplinan adalah sikap/ kepribadian seseorang yang menunjukkan bahwa orang tersebut patuh terhadap peraturan yang telah dibuat dalam suatu lingkungan dimana dia berada, yang kepatuhan tersebut dilakukan dengan senang hati, tanpa paksaan dan penuh kesadaran diri.

2. Unsur-unsur Disiplin

Harlock (dalam Amri, 2013:  165) menyatakan unsur-unsur disiplin meliputi :

  1. Peraturan sebagai pedoman perilaku.
  2. Konsistensi dalam peraturan.
  3. Hukuman untuk pelanggaran.
  4. Penghargaan untuk perilaku yang baik.

Disiplin itu lahir dan berkembang dari sikap seseorang di dalam nilai budaya yang telah ada di dalam masyarakat.

Contoh Landasan Teori Dalam Penelitian

Suatu penelitian yang dibuat haruslah mempunyai landasan yang dijadikan dasar dalam mengembangkan pemikiran. Apapun penelitian yang akan Anda buat, bab landasan teori selalu menjadi yang utama dari waktu ke waktu. Simak salah satu contoh landasan teori dalam penelitian berikut ini.

Contoh Landasan Teori Dalam Penelitian
Contoh Landasan Teori Dalam Penelitian

Landasan Teori

  1. Kode Etik Profesi

Kosasih dan Soetjipto (2009: 30) mengatakan, “Kode etik merupakan pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan di dalam melaksanakan tugas dan dalam hidup sehari-hari.”

Wiyani (2015: 25) menyatakan, “Kode etik merupakan asas dan nilai yang dijadikan sebagai pedoman oleh organisasi dalam bertingkah laku atau berbuat.”

Jadi bisa disimpulkan bahwa kode etik adalah pedoman untuk bersikap dalam melakukan sesuatu.

2. Fungsi dan Tujuan Kode Etik Profesi

Kode etik profesi dibuat agar suatu profesi dapat berjalan dengan semestinya. Sehingga jika suatu profesi dapat berjalan dengan baik, maka itu berarti kode etik profesi tersebut dapat berfungsi dengan baik. Suherman dan Saondi (2012: 97) mengatakan, “Kode etik profesi dapat menjadi suatu alat yang dapat menyeimbangkan sisi negatif dari sebuah profesi, sehingga dapat dikatakan bahwa kode etik seperti penunjuk arah moral bagi sebuah profesi dan sekaligus juga menjamin mutu moral profesi itu di mata masyarakat.”

Contoh Landasan Teori Laporan PKL

Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) menjadi sesuatu yang wajib dibuat ketika seseorang sudah menyelesaikan tugas PKLnya. Para peserta didik menyerahkan laporan PKL sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam menjalankan tugas. Berikut salah satu contoh landasan teori laporan PKL yang bisa dijadikan bahan referensi.

Contoh Landasan Teori Laporan PKL
Contoh Landasan Teori Laporan PKL

Landasan Teori

  1. Pengertian Food bank

Food bank merupakan sebuah badan amal yang mempunyai  beberapa program pangan dalam menjalankan kegiatan organisasinya. Dalam beberapa lembaga yang bersangkutan, program pangan menjadi misi utamanya dalam berorganisasi. Contoh lembaga yang menjadikan pangan sebagai misi utama adalah organisasi keagamaan. Sedangkan lembaga yang lain menjadikan program pangan hanya sebagai misi pelengkap mereka, bukan sebagai misi utama (Walters, 2010).

2. Bentuk Food Bank

Food bank mempunyai bentuk yang beragam sesuai dengan keperluannya. Pada umumnya, food bank berbentuk:

  • Pusat pengumpulan pangan yang berukuran besar
  • Pusat distribusi pangan yang berukuran besar
  • Penyedia pangan dalam situasi darurat yang berukuran kecil

Keberadaan food bank menjadi salah satu organisasi yang layak mendapat perhatian karena misi sosialnya.

Contoh Landasan Teori Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang dibuat untuk mencari solusi dari sebuah permasalahan yang terjadi. Dalam karya ilmiah, ada bagian landasan teori sebagai dasar membuat solusi dari suatu permasalahan. Berikut ini salah satu contoh landasan teori karya ilmiah yang bisa dipelajari!

Contoh Landasan Teori Karya Ilmiah
Contoh Landasan Teori Karya Ilmiah

Landasan Teori

  1. Sampah

Menurut US. Environmental Protection Agency (2001) sampah padat adalah semua sampah, limbah, atau polusi udara dan semua material yang dibuang dalam bentuk padat, cair, semi solid atau mengandung gas. Sampah ini berasal dari aktivitas industri, pertambangan, pertanian hingga rumah tangga. Kota-kota besar di Indonesia yang memiliki tingkat kesibukan tinggi memproduksi sampah sebesar sepuluh juta ton per tahun dengan rata-rata kenaikan 2% – 4% per tahun. Hal memilukan ini disampaikan Kementerian Lingkungan Hidup RI (2008).

2. Pengelolaan Sampah

Ada beberapa model pengelolaan sampah yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah model pengelolaan sampah secara konvensional. Yang termasuk dalam metode konvensional ini antara lain: komposting, insinerasi, pirolisis dan gasifikasi, anaerobic digestion dan refuse-derived fuel.

Contoh Landasan Teori Jurnal

Jurnal merupakan sebuah karya ilmiah yang harus menyertakan landasan dalam penulisannya. Landasan ini berasal dari rujukan yang sudah terjamin seperti buku, jurnal lainnya, paper dan sebagainya. Simak salah satu contoh landasan teori jurnal berikut ini. Untuk yang mau download filenya silakan kunjungi disini Landasan Teori DOC.

Contoh Landasan Teori Jurnal
Contoh Landasan Teori Jurnal

Landasan Teori

  1. Pengertian Profesi

Menurut de George (dalam Suherman dan Saondi, 2012: 94) profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.

Vollmer dan Mills (dalam Danim dan Khairil, 2010: 8) menjelaskan, “Profesi adalah sebuah jabatan yang memerlukan kemampuan intelektual khusus, yang diperoleh melalui kegiatan belajar dan pelatihan yang bertujuan untuk menguasai keterampilan atau keahlian dalam melayani atau memberikan advis pada orang lain, dengan memperoleh upah atau gaji dalam jumlah tertentu.”

Saud (2009: 4) mengatakan, “Profesi pada hakikatnya merupakan suatu pekerjaan tertentu yang menuntut persyaratan khusus dan istimewa sehingga meyakinkan dan memperoleh kepercayaan pihak yang memerlukannya.”

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa, profesi adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan keterampilan khusus dalam menjalankannya.

2. Ciri-ciri Profesi

Menurut Suherman dan Saondi (2012: 94) secara umum ada beberapa ciri atau sifat yang selalu melekat pada profesi, yaitu :

  • Adanya pengetahuan khusus, biasanya keahlian dan ketrampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun
  • Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi.
  • Mengabdi pada kepentingan masyarakat.
  • Ada izin khusus untuk menjalankan suatu profesi.
  • Menjadi salah satu anggota dari suatu profesi.

Sehingga dapat dikatakan bahwa ciri khusus profesi ialah keahlian khusus yang melibatkan kegiatan intelektual di dalamnya, yang keahlian tersebut diperoleh dari pendidikan yang perlu proses panjang bukan proses instan.

Contoh Landasan Teori Penelitian

Dalam melakukan sebuah penelitian selalu ada landasan teori yang dipakai untuk mengembangkan pemikiran. Jika tak ada landasan teori, maka penelitian yang dilakukan dianggap tak berdasar. Berikut ini salah satu contoh landasan teori penelitian yang bisa dipelajari.

Contoh Landasan Teori Penelitian
Contoh Landasan Teori Penelitian

Landasan Teori

  1. Pengertian Pola Asuh

Definisi pola asuh menurut Ellis Ormrod (2008) adalah pola perilaku umum yang digunakan orang tua dalam mengasuh anaknya. Sedangkan menurut Hidayah Rifa (200) pola asuh adalah perawatan, pendidikan dan pembelajaran yang diberikan orang tua terhadap anak mulai dari lahir hingga dewasa.

Pola asuh dapat didefinisikan sebagai pola interaksi antara anak dengan orangtua dalam memenuhi berbagai kebutuhan (seperti makan, minum dan lain-lain) dan kebutuhan psikologis (seperti rasa aman, kasih sayang dan lain-lain), serta sosialisasi norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Dengan kata lain, pola asuh juga meliputi pola interaksi orang tua dengan anak dalam rangka pendidikan karakter anak, demikian jelas Muslich (2014).

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pola asuh adalah sebuah bentuk interaksi antara anak dan orang tua yang berlangsung selama beberapa waktu.

2. Ragam Pola Asuh

Baumrind (dalam Lickona, 2012: 51) mengidentifikasikan tiga gaya pengasuhan yaitu, Bijaksana, otoriter, dan permisif. Orang tua otoriter menggunakan banyak perintah dan ancaman, tapi penalaran kecil. Orang tua permisif adalah penuh kasih sayang tapi rendah kebijaksanaanya. Sebaliknya, orang tua yang bijaksana adalah kombinasi orang tua otoriter dengan alasan, keadilan, dan cinta.

Sedangkan menurut Ellis Ormrod (2008: 95) ada beberapa ragam pola asuh lainnya dan para peneliti telah mengidentifikasi sejumlah ragam pola pengasuhan anak yang dilakukan banyak orang tua. Pola asuh (parenting style) berbeda-beda tergantung pada sifat kepribadian yang berbeda-beda pada anak.

Pola asuh yang beragam ini membuat karakter pada anak berbeda-beda. Apa yang diperolah dari orang tua atau dalam keluarga, sangat berpengaruh pada kehidupan seseorang. Pola asuh yang merupakan suatu bentuk interaksi yang terus menerus dilakukan tentu akan membentu sebuah pola baru pada hidup seseorang.

Contoh Landasan Teori Proposal

Proposal biasanya diajukan sebelum seseorang melakukan penelitian. Dalam proposal yang dibuat ada bab landasan teori yang harus diisi oleh peneliti. Berikut ini salah satu contoh landasan teori proposal yang bisa dijadikan bahan pembelajaran. Untuk Anda yang mau download filenya bisa langsung kunjungi disini Landasan Teori PDF.

Contoh Landasan Teori Proposal
Contoh Landasan Teori Proposal

Landasan Teori

  1. Pengertian Prestasi Belajar

Menurut Gunawan (2013:154) prestasi belajar adalah hasil belajar yang dapat dicapai oleh individu setelah melaksanakan serangkaian proses belajar.

Menurut Priansa & Karwati (2014: 155) prestasi belajar adalah perubahan perilaku individu. Individu akan memperoleh perilaku yang baru, menetap, fungsional, positif, disadari dan sebagainya.

Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu baik berupa perubahan tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan dan kemudian akan diukur dan dinilai yang kemudian diwujudkan dalam angka atau pernyataan.

2. Hubungan Lingkungan dengan Prestasi Belajar

Lingkungan yang ada di sekitar seseorang sangat mempengaruhi prestasi seseorang. Seorang anak yang hidup di lingkungan buruk biasanya memiliki prestasi yang buruk karena tak ada lingkungan belajar yang mendukung. Sangat penting bagi seorang anak untuk hidup di lingkungan terbaik demi mendukung prestasi belajar.

Contoh Bab 2 Landasan Teori

Bab 2 dalam struktur karya ilmiah selalu berisi tentang landasan teori atau kajian pustaka. Bab ini mengandung berbagai kumpulan teori yang disampaikan oleh banyak ahli. Simak salah satu contoh bab 2 landasan teori berikut ini.

Contoh Bab 2 Landasan Teori
Contoh Bab 2 Landasan Teori

Landasan Teori

  1. Pengertian Keluarga

Menurut Abdullah (2006: 10), keluarga merupakan masyarakat terkecil yang terdiri dari suami, istri dan anak-anak mereka (keluarga monogami).

Menurut Shochib (1998: 17), keluarga adalah sekumpulan orang yang hidup bersama dalam tempat tinggal yang sama. Mereka saling mempengaruhi satu sama lain dalam berbagai hal sehingga saling memperhatikan.

Sedangkan menurut Tim Dosen FKIP-IKIP Malang (1980: 14), keluarga adalah satu unit terkecil dalam masyarakat dan terbentuk berdasarkan sukarela dan cinta asasi antara dua subyek manusia (suami/istri).

Dari beberapa definisi tersebut, maka dapat dirumuskan pengertian keluarga di atas adalah kelompok sosial terkecil yang terbentuk atas ikatan darah atau perkawinan.

2. Lingkungan Keluarga

Pada hakekatnya keluarga merupakan hubungan keturunan yang berawal dari kehidupan perkawinan. Nantinya, keturunan-keturunan mereka menjadi sesuatu yang khusus mengikat hubungan mereka. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama untuk bersosialisasi bagi anak-anak.

Lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap masa depan seorang anak dan keluarga lainnya. Perlu disadari bahwa banyak hal yang bisa terjadi berangkat dari keluarga. Oleh karena itu, dalam keluarga perlu ada pranata keluarga yang mengatur pola-pola interaksi antar anggota, hak-hak dan kewajiban serta tanggung jawab tiap-tiap anggotanya.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *