Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Contoh Surat Izin

7 min read

Butuh contoh surat izin untuk keperluan formal di sekolah, kampus, atau kantor? Keberadaan surat izin fisik mungkin sudah jarang kita temui. Tapi tahukah Anda kalau surat izin masih sangat dibutuhkan? Pasalnya, beberapa instansi atau lembaga resmi hanya memberi izin kalau disertai surat. Jika Anda tak melampirkan surat izin, maka ketidakhadiran Anda dianggap kelalaian.

Secara harfiah, surat izin merupakan surat keterangan untuk meminta izin dari kampus, sekolah, atau kantor. Izin dapat diajukan dalam rangka sakit maupun keperluan mendadak yang tak bisa ditinggalkan. Umumnya, pihak sekolah, kampus, atau kantor akan memaklumi atau menerima permohonan izin. Dengan catatan, alasan tersebut valid dan didukung oleh bukti pendukung.

Pada beberapa instansi, surat izin harus disertai keterangan dokter saat sakit. Hal ini untuk mendukung pernyataan sang pengirim surat. Selain sakit, surat izin berlaku pula untuk kegiatan tertentu, seperti kompetisi, seminar, maupun kemalangan.

Absensi tanpa keterangan biasanya akan diganjar sanksi maupun hukuman. Lantas, bagaimana menuliskan surat izin yang tepat dan terkesan formal? Contoh-contoh berikut akan menunjukkan tata bahasa dan penulisan yang tepat.

Contoh Surat Izin Sekolah

Sistematika penulisan contoh surat izin sekolah menekankan pada kerunutan penulisan. Ini untuk menjamin kredibilitas tulisan serta isi surat tersebut. Pada dasarnya, sistematika surat izin terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Di dalamnya, harus tertera tanggal dan tempat, alamat, identitas siswa, dan tanda tangan dengan nama jelas. Jika memiliki nomor induk siswa, tak ada salahnya melampirkan dalam surat permohonan izin. Pencantuman identitas jelas akan membantu pihak sekolah dalam melakukan pendataan dan pemberian izin.

Contoh Surat Izin Sekolah
Contoh Surat Izin Sekolah

Jakarta, 26 Maret 2019

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Wali Kelas XI IPS 1

Di Tempat

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari siswa:

Nama : Jaya Chaniago

Kelas : XI IPS 1 SMA Luhur

Alamat : Jalan Jatinegara Gg. Mawar No. 93, Jakarta Timur

Hal ini sehubungan dengan ketidakhadiran anak kami ke sekolah dikarenakan acara keluarga. Oleh karena ini, anak kami tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar selama 4 hari ke depan. Kami bermaksud untuk memohon izin atas ketidakhadiran Jaya Chaniago. Sudi kiranya Bapak/Ibu memberikan izin.

Demikian surat ini dibuat. Terima kasih atas pengertian Bapak/Ibu.

Hormat kami,

Orang Tua

 

Aruan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Alasan ketidakhadiran siswa di sekolah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya acara atau kegiatan di luar sekolah yang berhubungan dengan prestasi. Meskipun diketahui dan diawasi langsung oleh pembina sekolah, para siswa biasanya tetap diminta mengajukan surat izin.

Tujuannya untuk menertibkan dan mengawasi setiap kegiatan yang diadakan oleh seluruh pihak. Saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sekolah pun bisa mengambil kebijakan dan langkah yang tepat karena adanya surat izin. Contoh surat izin tidak masuk sekolah ini tentu berbeda dengan sakit. Ini dapat dilihat dari contoh berikut.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Solo, 15 Juli 2018

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Wali Kelas IX-B

SMP Negeri 1 Solo

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Prastia Nugraha

Kelas : IX-B SMP Negeri 1 Solo

Alamat : Jalan Slamet Riyadi No. 133, Solo

Memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar pada tanggal 15 – 17 Juli 2018. Ketidakhadiran saya dikarenakan mengikuti Kompetisi Sains Nasional di Universitas Indonesia, Jakarta. Dengan ini, saya melampirkan surat keterangan dari pihak panitia atas keikutsertaan dalam kompetisi.

Untuk itu, sudi kiranya Bapak/Ibu memberikan izin kepada saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Prastia Nugraha

Baca Juga : Contoh Essay yang Baik dan Benar

Contoh Surat Izin Sakit

Bagaimana kalau anak sakit dan butuh mengajukan izin? Seyogyanya, orang tua wajib mengirimkan surat pemberitahuan kepada pihak sekolah. Setidaknya, tuliskan surat izin secara singkat dan padat. Perhatikan tata cara penulisan hingga pilihan kata yang tepat, seperti contoh yang diberikan. Di bawah ini sebuah surat izin sakit PDF yang bisa ditiru.

Contoh Surat Izin Sakit
Contoh Surat Izin Sakit

Surabaya, 11 Februari 2020

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII-C

SMP Sinar Cemerlang

 

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya selaku orang tua murid dari:

Nama : Citra Mewangi

Kelas : VII-C SMP Sinar Cemerlang

Alamat : Jalan Lowokwaru Timur No. 7D, Surabaya

Memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari Selasa, 11 Februari 2020 dikarenakan sakit. Saya memohon pengertian Bapak/Ibu untuk memberikan izin kepada anak saya.

Atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang Tua

 

Dedi Sujatno

Contoh Surat Izin Orang Tua

Sekolah terkadang mengadakan acara di luar sekolah yang melibatkan siswa. Bahkan beberapa acara dilakukan di luar kota dan harus menginap. Demi kelangsungan acara, siswa tentu harus memperoleh izin dari orang tua. Salah satu contoh surat izin orang tua ini bisa menjadi gambaran permintaan izin. Anda bisa meniru secara langsung atau memodifikasi isi surat yang telah ada sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Surat Izin Orang Tua
Contoh Surat Izin Orang Tua

Pontianak, 31 Mei 2017

Sekretariat Majalah Dinding

Sekolah Menengah Atas Pelita Cahaya

Jalan Sudirman No. 112, Pontianak

 

Nomor : 14/07/X/2017

Sifat : Dinas

Hal : Permohonan Izin

 

Kepada Yth.

Orang Tua/Wali Murid

Di Tempat

 

Dalam rangka kegiatan pelantikan anggota Sekretariat Majalah Dinding SMA Pelita Cahaya yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Jumat s/d Minggu, 2 – 4 Juni 2017

Waktu : 08.00 – selesai

Tempat : Gedung Wanita kota Pontianak

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, pihak sekolah memohon izin kepada Bapak dan Ibu orang tua/wali murid untuk memberikan izin kepada putra/putrinya mengikuti acara tersebut.

Berikut kami lampirkan nama-nama siswa yang terlibat dalam kegiatan dan terpilih sebagai anggota Sekretariat Majalah Dinding SMA Pelita Cahaya untuk periode 2017/2018.

Demikianlah surat permohonan izin ini dibuat. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

 

Kepala Sekolah                                                                                                       Ketua Pelaksana

 

Jeffri Lambesi                                                                                                          Joshua Bastian

NIP. 1279734793

Contoh Surat Izin Resmi

Diantara Anda mungkin masih ada yang bingung menulis surat izin. Merancang surat izin sebenarnya tak sesulit yang dibayangkan. Sudah banyak contoh surat izin resmi yang bisa ditemukan pula di internet. Meskipun demikian, disarankan untuk memikirkan alasan meminta izin secara cermat. Sebaiknya, beri alasan jelas terkait ketidakhadiran Anda di kampus, sekolah, atau kantor. Dalam menulis surat izin resmi, pastikan tidak ada kesalahan ketik maupun penulisan nama, tanggal, serta keterangan. Ada baiknya memeriksa kembali surat sebelum dikirim kepada pihak terkait.

Contoh Surat Izin Resmi
Contoh Surat Izin Resmi

Kencana Cantika

Ruko Bukit Garden Blok A1 No. 2 Jalan Alam Permai Jaya, Pekanbaru

Telp. 0761 83464

Website : www. kencanacantika.co.id Email : [email protected]

Pekanbaru, 30 Juli 2020

No      : 011/UXC/02/2020

Hal      : Permohon Izin Peminjaman Tempat

Yth.

Kepala Bagian Sarana dan Prasana

  1. Kencana Cantika

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami sampaikan bahwa pada:

Hari/Tanggal      : Senin, 3 Agustus 2020

Waktu                  : 10.00 – selesai

Akan diadakan rapat umum internal terkait laporan keuangan untuk pertengahan tahun 2020. Oleh karena itu, kami bermaksud memohon izin menggunakan ruang rapat CV. Kencana Cantika untuk kegiatan tersebut.

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan. Atas kerjasama dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Sekretaris Direksi

 

Kencana Cantika

Contoh Surat Izin Kuliah

Tak hanya sekolah, kampus pun memberlakukan aturan ketat perihal permohonan izin. Anda tak bisa seenaknya tak hadir mengikuti perkuliahan dalam kurun waktu tertentu. Kampus mungkin akan mentolerir 1 – 2 kali ketidakhadiran. Beberapa kampus diketahui menilai kedisiplinan mahasiswa melalui presensi pula. Supaya tak menjadi masalah, ada baiknya Anda menulis surat izin saat berhalangan. Untuk mempermudah, berikut contoh surat izin kuliah yang singkat dan padat. Dijamin, Anda tak akan kewalahan menulis surat izin semacam ini untuk kepentingan disipliner yang telah diterapkan oleh pihak kampus.

Contoh Surat Izin Kuliah
Contoh Surat Izin Kuliah

Cerenti, 9 Desember 2019

Kepada Yth,

Bapak Sudjatmiko S.E, M.Sc

di IAIN Kuansing

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya menyatakan bahwa:

Nama : Ratih Kumalasari

NIM : 18120063

Kelas : C

Program Studi : Manajemen

Fakultas : Ekonomika dan Bisnis

Memberitahukan bahwa saya tidak dapat menghadiri kuliah Manajemen Dasar pada hari Senin, 9 Desember 2019 dikarenakan sakit. Bersamaan dengan surat ini, saya lampirkan surat keterangan dokter.

Demikian surat permohonan izin ini dibuat. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ratih Kumalasari

Contoh Surat Izin Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, Anda tentu pernah mengikuti kegiatan di luar kampus, entah itu berkaitan dengan akademis ataupun tidak. Kegiatan semacam ini memang lumrah dilakukan demi menunjang prestasi mahasiswa. Mengikuti kegiatan di luar kampus seringkali dikaitkan dengan organisasi.

Umumnya, surat permohonan izin untuk kegiatan organisasi dikeluarkan langsung oleh instansi bersangkutan. Pengiriman surat pun biasanya dilakukan oleh pihak berwenang demi meminimalisir terjadinya kesalahpahaman atau hal tak diinginkan. Adapun contoh surat izin mahasiswa untuk kegiatan akademis maupun non akademis adalah.

Contoh Surat Izin Mahasiswa
Contoh Surat Izin Mahasiswa

Bandung, 10 Maret 2020

Hal : Permohonan Izin Tidak Mengikuti Perkuliahan

Kepada Yth,

Ibu Suciati Indriana, M.Res

Jurusan Sastra Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami menyampaikan bahwa:

Nama : Erlangga Sucipto

NIM : 19020043

Prodi : Sastra Inggris

Memohon izin untuk tidak mengikuti mata kuliah Sastra Populer yang diselenggarakan pada Selasa, 10 Maret 2020. Hal tersebut dikarenakan sedang mengikuti Monitoring Pekan Kreativitas Mahasiswa tingkat Nasional yang diadakan di Palembang, 10 – 13 Maret 2020. Berkenaan dengan itu, bila selama acara ada tugas atau quiz yang diberikan, kami memohon dispensasi dari Ibu agar dapat mengikuti quiz atau tugas susulan.

Demikian surat permohonan izin ini. Atas kebijaksanaan Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Pembimbing PKM

 

Tiur Undiana, M.Hum

Contoh Surat Izin Kampus

Kehidupan kampus menjadi momen tak terlupakan bagi sebagian orang. Mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan tentu pernah dialami oleh mahasiswa. Tak jarang, mahasiswa harus merelakan perkuliahan demi mengikuti acara dari kampus. Pantas saja kalau contoh surat izin kampus pun berseliweran di website pendidikan ini.

Hal ini dikarenakan kebutuhan administrasi yang menuntut mahasiswa untuk taat pada aturan. Pengiriman surat izin menjadi bukti valid atas ketidakhadiran seorang mahasiswa. Oleh sebab itu, penting memilih bahasa formal dan lugas untuk menyampaikan alasan ketidakhadiran.

Contoh Surat Izin Kampus
Contoh Surat Izin Kampus

Lampung, 20 Juli 2020

Kepada Yth,

Bapak Prof. Adinggali Wiratma, M.sc

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Universitas Cakrabuana

 

Dengan hormat,

Dengan ini diberitahukan yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Elordi Intani

NIM : 174538

Prodi : Ilmu Komunikasi

Mengajukan permohon izin untuk tidak mengikuti mata kuliah Komunikasi Dasar yang diadakan pada hari Senin, 20 Juli 2020. Mahasiswa bersangkutan akan mengikuti studi banding ke Universitas Maju Tak Gentar pada 20 – 23 Juli 2020. Untuk itu, fakultas memohon kepada Bapak untuk memberikan izin kepada mahasiswa tersebut.

Demikian surat permohonan izin ini. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Kepala Administrasi Prodi

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Contoh Surat Izin Kerja

Apakah surat izin berlaku untuk ranah profesi? Tentu saja berlaku. Instansi atau lembaga masih mensyaratkan pengajuan izin melalui surat resmi. Isinya tentu lebih formal dan baku daripada surat izin kuliah atau sekolah. Kebanyakan surat izin kerja ditujukan untuk kepentingan dinas ke luar kota selama beberapa hari. Pengajuan surat izin untuk kerja biasanya berkaitan dengan keuangan maupun administrasi. Untuk dinas ke luar kota misalnya, pemohon biasanya diberikan uang saku dalam jumlah tertentu. Ini hanya berlaku kalau urusan dinas merupakan perintah atasan atau kantor. Contoh surat izin kerja yang bisa Anda aplikasikan adalah sebagai berikut.

Contoh Surat Izin Kerja
Contoh Surat Izin Kerja

Palembang, 10 Agustus 2020

Kepada Yth,

HRD PT Adicipta Guna

Jalan Kapten Tendean No. 56

Palembang

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ucok Simbara

Alamat : Jalan Kepatihan Timur Gg. Flamboyan No. 167A, Palembang

Jabatan : Staf Bagian Pemasaran

Bermaksud mengajukan izin untuk mengikuti Pameran Produk Lokal selama 3 hari, terhitung sejak tanggal 11 Agustus 2020. Bersama surat ini, saya lampirkan jadwal acara dan daftar keperluan selama kegiatan yang dibutuhkan sebagai persyaratan administrasi.

Demikian surat ini saya tulis dengan benar. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ucok Simbara

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Masih banyak staf atau karyawan yang bingung menulis surat izin. Padahal menulis surat merupakan bagian kemampuan dasar. Setiap karyawan harusnya paham menulis dan merancang sebuah surat izin. Pasalnya, selama bekerja tentu pernah memohon izin untuk tak masuk. Alasannya tak melulu harus sakit atau terkena musibah. Terkadang, kegiatan yang berkaitan dengan kantor pun memerlukan surat izin.

Oleh sebab itu, penting rasanya mengetahui pedoman dasar menulis surat izin. Bukan hanya memahami sistematika penulisannya, namun pilihan kata yang digunakan. Mengingat, kantor merupakan instansi resmi, tentu surat pun harus ditulis dalam aturan resmi. Di samping itu, surat pun harus dikirimkan dalam sebuah amplop. Ini sebagai bentuk rasa hormat terhadap HRD atau atasan Anda. Adapun contoh surat izin tidak masuk kerja yang bisa dipelajari dan dijadikan pedoman adalah sebagai berikut.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Manado, 10 September 2019

Kepada Yth,

HRD PT. Indah Bestari

Kawasan Perkantoran Lingkar Utara No. 8A

Manado

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Kayla Yunanda

NIP : 736322

Jabatan : Sekretaris Umum

Alamat : Jalan Pattimura Gang Kamboja Merah No. 79D, Manado

Dengan ini memberitahukan bahwa pada tanggal 11 September 2019, saya tidak dapat masuk kantor dikarenakan medical check up. Untuk itu, saya memohon izin untuk tidak masuk kantor selama 1 hari.

Demikian surat ini saya tulis. Saya mengucapkan terima kasih untuk pemberian izin dan kebijaksanaannya.

Hormat saya,

 

Kayla Yunanda

Itulah beberapa contoh surat izin yang bisa Anda buat dirumah sesuai dengan kebutuhan saat ini, semoga berguna.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *