Contoh Teks Eksplanasi

Contoh teks eksplanasi merupakan teks yang isinya berisi penjelasan sebab akibat mengenai sesuatu yang berkaitan secara langsung. Sesuatu ini bisa berupa peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, ekonomi, budaya, berita dan lainnya. Isinya menjelaskan fakta tentang bagaimana dan mengapa suatu peristiwa tersebut dapat terjadi. Teks eksplanasi ini dibuat dengan tujuan untuk menguraikan proses hingga sebab akibat pada peristiwa yang terjadi.

Suatu teks dapat disebut sebagai teks eksplanasi jika mempunyai ciri-ciri berikut ini.

  • Bersifat ilmiah
  • Logis
  • Objektif
  • Tidak mempengaruhi pembaca, tapi menjelaskan fakta

Struktur yang terdapat dalam teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  • Pernyataan umum
  • Deretan penjelas
  • Interpretasi
  • Simpulan

Ada banyak contoh dengan jenis yang berbeda-beda. Berikut beberapa contoh yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Teks eksplanasi singkat merupakan sebuah teks yang berisikan mengenai penjelasan sesuatu secara singkat. Berikut contoh teks eksplanasi singkat yang bisa dipelajari.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat
Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Akibat Inflasi

Inflasi merupakan suatu keadaan ekonomi suatu negara yang mengalami kenaikan harga secara terus-menerus. Inflasi bisa terjadi karena adanya kenaikan biaya untuk produksi, kenaikan jumlah uang yang beredar, dan kenaikan permintaan dari masyarakat. Biasanya inflasi hanya bersifat sementara.

Kenaikan permintaan beberapa jenis barang dapat terjadi karena meningkatnya belanja negara yang ada dalam berbagai lingkungan. Semakin meningkatnya permintaan, maka potensi terjadi akan semakin besar. Terjadinya inflasi dapat membuat perekonomian menjadi berantakan karena hasil yang didapat tidak sesuai dengan produksi.

Pada mumnya, pemerintah akan melakukan sistem penambahan jumlah uang yang beredar untuk menekan angka inflasi. Namun cara ini juga akan berpengaruh pada neraca pembayaran sutau negara.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Panjang Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Teks eksplanasi sosial berisi tentang penjelasan mengenai kehudpand sosial masyarakat. salah satu contoh teks eksplanasi sosial adalah sebagai berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial
Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Kemiskinan

Kemiskinan merupakan kondisi yang menunjukkan tingkat pendapatan dalam masyarakat begitu rendah. Dengan kemiskinan yang terjadi masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini sangat meresahkan.

Kemiskinan ini dapat dijumpai pada masyarakat golongan bawah yang tinggal di tempat-tempat yang tidak layak huni. Keadaan ini membuat masyarakat miskin tinggal di tempat yang tidak layak dan meningkatkan kriminalitas di berbagai tempat. Berbagai faktor seperti keterbatasan, musibah, bencana alam, kebangkrutan dan sebagainya menjadi faktor penyebab kemiskinan yang melanda di berbagai negara.

Masalah kemiskinan perlu diatasi melalui kerja sama pemerintah dengan masyarakat luas. Masyarakat harus mempunyai kesadaran diri untuk selalu bersyukur dan bekerja keras agar tidak mengalami masalah kemiskinan yang berlanjut.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Teks eksplanasi budaya menjelaskan mengenai suatu budaya tertentu yang ada di masyarakat. Berikut ini salah satu contoh teks eksplanasi budaya yang ada.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya
Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Warisan Budaya

Budaya adalah sebuah warisan turun temurun yang harus dilestarikan agar tidak hilang dari dunia. Budaya bisa dikatakan sebagai simbol atau kebiasaan dari suatu negara atau atau daerah tertentu. Budaya juga dapat disebut sebagai kebiasaan atau adat istiadat.

Budaya juga termasuk cara hidup berkembang yang menghasilkan sesuatu. Hasil budaya dibagi dalam bentuk pengetahuan, kepercayaan dan estetika. Setiap satu tempat dengan tempat lainnya memiliki budaya yang berbeda atau bisa saja sama dalam bentuk yang berbeda. Budaya yang sudah berubah biasanya dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Perubahan pada budaya ini mempunyai dampak positif dan negatif pada masyarakat yang bersangkutan.

Budaya menjadi sesuatu yang harus dijaga dan dilestarikan agar ciri khas suatu daerah tidaklah hilang. Kekayaan bangsa dalam wujud budaya ini membuat tali persatuan dan kesatuan semakin kuat. Dengan persatuan yang kuat, maka negara tidak akan mudah terpecah belah.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Fenomena alam yang terjadi ada banyak sekali macamnya. Berikut salah satu contoh teks eksplanasi fenomena alam.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Petir

Petir merupakan sesuatu yang biasanya muncul pada musim hujan. Langit akan memunculkan kilatan cahaya yang menyilaukan lalu terdengar suara yang menggelegar. Suara yang dihasilkan ini biasanya sangat menakutkan.

Sebuah petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi atau awan yang satu dengan awan lainnya. Muatan pada awan yang bergerak karena angin akan berinteraksi dengan awan lainnya. Hal ini menyebabkan muatan negatif bersatu pada salah satu sisi awan dan muatan positif di sisi sebaliknya. Pembuangan muatan negatif bertujuan untuk meraih kesetimbangan. Proses pembuangan ini terjadi melalui udara. Pada saat muatan menembus batas isolasi udara terjadi ledakan suara yang disebut petir.

Petir banyak terjadi saat musim hujan. Karena itulah saat hujan deras, kita tidak disarankan berada di luar agar tidak terkena petir. Petir ini berbahaya karena mengandung muatan.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Bencana alam adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari karena terjadinya di luar kuasa manusia. Berikut ini contoh teks eksplanasi bencana alam.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam
Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Tanah Longsor

Tanah longsor merupakan peristiwa terjadinya gerakan tanah karena adanya pergerakan masa batuan atau tanah. Tanah longsor terjadi karena kondisi material dan bergeraknya material tersebut. Kondisi dan pergerakan material ini dapat dipengaruhi oleh keadaan alam dan ulah manusia.

Longsor juga bisa disebabkan oleh gempa dan keadaan tanah yang gundul. Hujan deras yang mengguyur akan selalu berakhir dengan longsor jika tidak ada tumbuhan yang menyerap air dengan baik. Oleh karena itu, menjaga hutan tetap lestari sangat bermanfaat dalam menghindari kelongsoran.

Longsor sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian hingga kerusakan. Selalu jaga pohon tetap lestari. Jika lingkungan rawan terhadap longsor, sebaiknya segera berlindung jika terjadi hujan deras.

Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Alam

Peristiwa alam adalah suatu peristiwa yang terjadi secara alami pada alam. Berikut salah satu contoh teks eksplanasi peristiwa alam.

Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Alam
Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Alam

Musim Kemarau

Kemarau merupakan sebutan untuk musim yang mengalami kekeringan karena air dalam tanah berkurang jumlahnya. Kemarau disebabkan oleh tidak adanya hujan dalam beberapa waktu. Di Indonesia, musim ini terjadi pada bulan April hingga Oktober.

Kemarau yang terjadi di Indonesia dipengaruhi oleh angin muson timur. Keberadaan Indonesia di garis khatulistiwa membuat negara Indonesia menjadi negara dengan iklim tropis dan tingkat musim kemarau yang tinggi. Musim kemarau menyebabkan berbagai tanaman dan hewan mati karena kekurangan air. Meski begitu, masyarakat Indonesia tetap dapat beraktivitas seperti biasanya saat musim kemarau terjadi.

Musim kemarau bukanlah sebuah musibah. Manusia harus bisa mengelola dan memanfaatkannya dengan baik agar dampak buruk dapat dihindari.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir adalah hal yang sering menimpa masyarakat saat musim hujan terjadi. Berikut ini salah satu contoh teks eksplanasi banjir.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir

Banjir adalah suatu keadaan naiknya air hingga menutupi permukaan suatu area tertentu. Naiknya air ke permukaan ini juga merupakan bagian dari siklus hidrologi ketika air hendak menuju ke laut. Banyaknya air di permukaan dipengaruhi oleh banyaknya curah hujan dan tingkat penyerapan air ke dalam tanah.

Banjir bisa terjadi karena alam atau karena ulan manusia sendiri. Hujan yang terjadi terus menerus tanpa henti dapat menyebabkan air meluap hingga menyebabkan banjir. Sedangkan ulang manusia yang membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan banjir karena sampah-sampah dapat menyumbat saluran air yang ada. Hutan-hutan yang sering ditebang secara tidak bertanggung jawab juga membuat tanah tidak menyerap air dengan baik sehingga menyebabkan banjir.

Banjir dapat menghilangkan harta benda dan nyawa. Agar banjir tidak terjadi, sebaiknya selalu jaga lingkungan dengan baik. Hal ini akan membantu manusia untuk hidup berdampingan dengan alam. Selengkapnya bisa lihat disini teks eksplanasi banjir PDF.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Teks eksplanasi tsunami berisikan mengenai penjelasan tsunami secara khusus. Adapun contoh teks eksplanasi tsunami adalah sebagai berikut.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Tsunami

Tsunami merupakan gelombang air berukuran besar yang diakibatkan oleh masalah yang ada di dasar laut. Panjang gelombang tsunami dapat mencapai 600 hingga 900 km/jam. Permukaan air laut akan naik dengan tiba-tiba hingga mencapai tinggi 15 hingga 30 meter.

Tsunami mampu menyapu bersih segala permukaan yang dilewatinya. Hal ini menyebabkan tsunami memakan korban jiwa dalam jumlah besar. Gempa bumi bawah laut, longsor, gunung meletus hingga jatuhnya meteor menjadi penyebab utama terjadinya tsunami. Tsunami banyak terjadi di kawasan Lingkaran Api Pasifik dan kawasan Palung Sumatra di Samudra Hindia karena letak geografisnya. Sistem peringatan dini tsunami yang ada dapat mendeteksi kemungkinan terjadinya tsunami sehingga bisa memberi peringatan pada masyarakat agar menjauh dari laut saat akan terjadi tsunami.

Tsunami tidak bisa dihindari. Namun masyarakat bisa mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu terjadi. Hal ini bisa meminimalisir dampak kerusakan yang terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Penjelasan mengenai gemba bumi dapat ditemukan dengan mudah melalui teks eksplanasi. Berikut salah satu contoh teks eksplanasi gempa bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran dari dasar permukaan bumi yang berasal dari pergeseran atau pergerakan lapisan bumi. Peristiwa ini sering terjadi di daerah gunung berapi dan lautan yang luas.

Gempa bumi terjadi akibat gerakan lapisan dasar bumi yang tidak dapat diprediksi. Letusan gunung berapi yang sangat dahsyat juga dapat menimbulkan gempa bumi di lingkungan sekitarnya. Gempa bumi yang terjadi pergeseran atau pergerakan bumi disebut gempa bumi tektonik. Sedangkan gempa bumi yang disebabkan oleh letusan gunung disebut gempa bumi vulkanik.

Gempa bumi dapat terjadi sewaktu-waktu karena di luar kendali manusia. Masyarakat harus waspada jika terjadi getaran dari bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Teks eksplanasi gerhana bulan berisikan penjelasan mengenai gerhana. Salah satu contoh teks eksplanasi gerhana bulan adalah sebagai berikut.

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah peristiwa yang terjadi saat beroposisi dengan matahari. Kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5° mempunyai arti bahwa tidak semua oposisi tersebut menyebabkan gerhana.

Gerhana bulan terjadi hanya jika bulan beroposisi dengan titik node. Titik node adalah dua titik yang muncul saat terjadi perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika. Waktu yang dibutuhkan bulan untuk bergerak dari satu titik ke titik lainnya adalah sekitar 29,53 hari. Saat gerhana terjadi, penampakan bulan masih terlihat karena sinar matahari berbelok menuju arah bulan. Belokkan tersebut mempunyai spektrum cahaya kemerahan.

Gerhana bulan dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa alat. Jika bulan terlihat tertutup sebagian atau seluruhnya, maka saat itulah gerhana bulan terjadi.  Saat gerhana terjadi, bumi menempati posisi di antara matahari dan bulan.

Contoh Teks Eksplanasi Kelas 8

Teks eksplanasi yang ada dalam materi kelas 8 ada beragam macamnya. Berikut salah satu contoh teks eksplanasi kelas 8 yang bisa dipelajari.

Contoh Teks Eksplanasi Kelas 8

Narkoba

Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya atau biasa disebut dengan narkoba menjadi hal yang wajib dihindari oleh siapapun terutama pelajar. Narkoba merupakan obat-obatan terlarang yang berdampak sangat negatif untuk kehidupan. Dalam dunia medis, narkoba digunakan untuk kepentingan tertentu sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Narkoba menjadi bahan yang sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Efek mengkonsumsi obat terlarang ini dapat menyebabkan halusinogen, depresan, stimulan, adiktif hingga rasa nyeri yang berlebihan. Bahkan tak jarang pula narkoba bisa menghilangkan nyawa seseorang. Harga yang harus dibayar untuk dapat mengkonsumsi narkoba pun sangat mahal yang bisa menyebabkan masalah ekonomi.

Setiap pelajar harus menjauhi barang haram ini demi mencapai tujuan negara. Generasi muda harus bisa menjaga diri sendiri agar tidak terjerat dalam lingkaran setan yang merugikan ini.

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Teks eksplanasi pendidikan berisi tentang masalah yang menyangkut pendidikan. Berikut ini salah satu contoh teks eksplanasi pendidikan.

Contoh Teks Eksplanasi Panjang

Mutu Pendidikan Indonesia

Mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang ada. Semakin majunya teknologi bukan berarti pendidikan suatu negara juga semakin tinggi. Kualitas pendidikan menjadi patokan suatu negara dapat dibilang maju atau tidak.

Di Indonesia sendiri, kualitas pendidikannya masih dapat dibilang cukup rendah. Untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan ini, Indonesia harus membenahi berbagai hal yang terkait dengan pendidikan. Mulai dari tenaga pendidik, sarana prasarana, administrasi dan sebagainya harus ditingkatkan menjadi lebih baik.

Apabila mutu pendidikan tidak ditingkatkan, maka tingkat kemiskinan akan meningkat. Jadi, memperbaiki pendidikan adalah tanggung jawab seluruh masyarakat.

Contoh Teks Eksplanasi Panjang

Teks eksplanasi panjang berisikan penjelasan panjang mengenai sesuatu. Berikut salah satu contoh teks eksplanasi panjang yang bisa dipelajari.

Contoh Teks Eksplanasi Kronologis

Dampak Globalisasi

Globalisasi merupakan sebuah proses mendunia dalam tatanan kehidupan manusia. Proses ini membutuhkan waktu yang sangat singkat dan cepat. Seluruh sudut dunia tidak dapat lepas dari pengaruh globalisasi.

Pengaruh globalisasi dapat berbentuk positif dan negatif. Dampak positif dari globalisasi adalah informasi semakin cepat tersampaikan, komunikasi sangat cepat, ekonomi meningkat hingga tak ada batas. Sedangkan dampak negatif globalisasi adalah budaya semakin luntur, moralitas menurun, penipuan meningkat hingga anti sosial. Dampak ini begitu besar hingga sangat mempengaruhi negara.

Globalilasi memang tidak bisa dihindari. Sebagai bangsa yang baik, kita harus bisa memfilter apa yang baik dan buruk.

Contoh Teks Eksplanasi Kronologis

Teks ekplanasi menjelaskan tentang urutan terjadinya sesuatu. Salah satu contoh teks eksplanasi kronologis adalah berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Kronologis

Kebakaran

Kebakaran merupakan keadaan munculnya api yang besar karena terbakarnya sesuatu. Kebakaran ini menyebabkan hilangnya banyak barang karena hangus atau terbakar habis.

Pada peristiwa kebakaran yang terjadi, api yang awalnya kecil membakar sesuatu. Saat sudah membakar sesuatu, api akan menjalar pada area yang di dekatnya sehingga menyebabkan api semakin membesar. Api yang sudah besar ini akan semakin menjadi-jadi jika tertiup angin atau hinggap di benda sekitarnya.

Agar terhindar dari kebakaran, ada baiknya kita selalu menjaga benda-benda yang mudah terbakar agar selalu jauh dari api.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Berikut ini salah satu contoh teks eksplanasi beserta strukturnya.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Keragaman Indonesia

Pernyataan Umum

Indonesia adalah negara dengan keragaman yang sangat tinggi. Ada beragam budaya, suku, bahasa hingga agama. Wilayah yang luas membuat Indonesia mempunyai keragaman yang besar.

Deretan Penjelas

Budaya di Indonesia sangat beragam sesuai dengan daerahnya masing-masing. Agama yang diakui di Indonesia jumlahnya ada enam. Sedangkan suku dan bahasanya terdiri dari jumlah yang sangat banyak. Meski terdiri dari keragaman yang tinggi, masyarakat Indonesia tetap menjunjung toleransi. Tidak ada perpecahan yang terjadi karena rasa persatuan yang tinggi.

Interprestasi (Kesimpulan)

Kerukunan harus dijaga untuk menghindari perselisihan antar warga. Dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila, Indonesia menjadi negara yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Itulah beberapa contoh teks eksplanasi yang bisa dijadikan bahan referensi.

Tinggalkan komentar