Contoh Teks Eksposisi

Tanpa disadari, Anda tentu sering membaca contoh teks eksposisi. Tapi tahukah Anda apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? Apa saja jenis teks eksposisi? Bagaimana struktur pembentuk teks eksposisi? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab melalui artikel ini. Anda akan mengetahui struktur serta jenis dan ciri-ciri teks eksposisi.

Biar tak terlalu sulit, coba perhatikan atau baca artikel di koran. Berbagai artikel di koran, majalah, maupun sosial media merupakan teks eksposisi. Di dalamnya, Anda bisa menemukan paparan data, fakta, hingga opini. Secara terminologi, teks eksposisi adalah tulisan yang berisi informasi dan bersifat mengajak kepada pembaca.

Bahasa yang digunakan pada teks eksposisi bersifat lugas, padat, dan jelas. Penulisan teks eksposisi tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya, Anda menyebarkan informasi yang bakal dibaca oleh banyak orang. Meskipun nantinya berasal dari pengalaman, tentu ada data dan fakta pendukung. Setidaknya, informasi dan ajakan telah tervalidasi secara empiris atau ilmiah.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Contoh teks eksposisi singkat hanya terdiri dari beberapa paragraf. Teks ini sering digunakan dalam menyusun berita, baik daring maupun cetak. Umumnya, teks eksposisi singkat tak lebih dari 15 paragraf. Intinya, teks tersebut selesai dibaca dalam sekali duduk atau tak butuh waktu lebih dari 15 menit. Meskipun singkat, informasi yang disajikan tetap padat dan terjamin kebenarannya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat
Contoh Teks Eksposisi Singkat

Belakangan, sosial media jadi teman berbagi dan berkeluh-kesah bagi banyak orang. Masyarakat rupanya selalu tertarik untuk membagikan apapun yang tengah dilakukan atau dimiliki. Salah satunya tentu berbagi kegiatan sehari-hari, termasuk saat bekerja. Penggunaan sosial media pun tak terbatas pada tingkat usia dewasa saja, namun anak-anak.

Di tengah melonjaknya angka pengguna sosial media, rupanya ada hal menarik terjadi. Sosial media tak lagi jadi media berbagi belaka. Hal ini dapat dilihat dari kolom komentar para artis, public figure, maupun selebgram.

Aksi perundungan yang dialamatkan kepada orang-orang terkenal ini semakin mengkhawatirkan. Terutama dilakukan oleh anak-anak di bawah umur. Dari banyaknya kejadian perundungan di dunia maya maupun nyata, sudah seharusnya orang tua dan masyarakat berbenah diri. Masih pantaskah anak-anak memegang kendali penggunaan gawai dan sosial media sendiri?

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, lonjakan kasus perundungan terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Para pelakunya tak cuma berasal dari tingkat usia remaja, namun juga dewasa. Seyogyanya bukan hanya anak-anak saja yang harus mendapat literasi teknologi, tetapi orang dewasa. Demi menumbuhkan dunia literasi yang baik, program literasi untuk negeri pun harus digalakkan.

Baca Juga : Contoh Artikel Populer Singkat yang Baik dan Benar

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Saat menyusun teks eksposisi, jangan lupa perhatikan struktur dan bahasa. Gunakan bahasa baku untuk memaparkan argumen maupun tesis. Anda harus menjelaskan semua opini sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar. Pastikan pembaca bisa mendapatkan dan mencerna informasi dengan benar.

Supaya pesan tersampaikan dengan tepat, Anda tentu harus tahu target pembaca. Siapa yang akan membaca teks tersebut? Begitu pula pada teks eksposisi pendidikan yang biasanya berupa analisis. Anda bisa memasukkan data pendukung dalam contoh teks eksposisi tentang pendidikan, entah dari jurnal atau artikel ilmiah lain.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan
Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Menyampaikan informasi dengan ringan nan berbobot tak harus menggunakan istilah asing. Anda bisa menggunakan teks eksposisi yang dimulai dengan tesis (pembuka), argumentasi, dan diakhiri penegasan ulang (reiteration). Salah satu contoh teks eksposisi tentang kesehatan ini jadi inspirasi tepat untuk menulis informasi menarik tanpa membingungkan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan
Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Tesis : Makan menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia. Untuk bisa bertahan hidup, kita harus mengkonsumsi makanan dan minuman secara rutin. Secara ilmiah, tubuh manusia membutuhkan gizi seimbang untuk dapat melakukan proses metabolisme. Tak cuma itu, makanan diubah menjadi energi dalam tubuh agar bisa melakukan berbagai aktivitas.

Argumentasi : Memenuhi kebutuhan gizi sebenarnya tak sulit. Anda bisa mengkonsumsi sumber protein dan karbohidrat sederhana, seperti tempe dan tahu. Dalam praktiknya, kita seringkali tak memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi. Makanan tak sehat atau fast food jadi menu sehari-hari yang paling mudah ditemukan.

Tahukah Anda kalau mengkonsumsi fast food bisa memicu beragam penyakit? Malnutrisi dalam jangka panjang dapat menghambat pertumbuhan serta metabolisme. Oleh sebab itu, mulailah beralih ke makanan dengan gizi seimbang. Temukan sumber makanan sehat sederhana yang sesuai dengan budget bulanan.

Reiteration : Jadi, ubah pola makan tak sehat ke arah lebih baik. Tak perlu muluk-muluk memilih makanan sehat berharga mahal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Menghimbau masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Satu diantaranya menggunakan teks eksposisi untuk menjelaskan kerusakan alam yang tengah terjadi. Contoh teks eksposisi tentang lingkungan pun sangat mudah ditemukan. Anda bisa meniru atau mengambil intisari dari variasi artikel lingkungan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan
Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Catat informasi yang bisa Anda rangkum dan paparkan dalam teks eksposisi pribadi. Usahakan pendapat yang dibuat tak bersifat memaksa. Berikan ruang pada pembaca untuk menyetujui atau menyanggah pendapat atau argumentasi. Dengan begini, teks eksposisi akan lebih mengalir dan disukai banyak pembaca.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja bukan isu baru yang menyita perhatian masyarakat. Sejak awal 2000an, berbagai kasus terkait kenakalan remaja kerap terjadi setiap hari. Semakin hari, orang tua pun dibuat was-was dengan pergaulan putra dan putrinya. Nah, untuk memberi informasi luas terkait pendidikan remaja, tak ada salahnya Anda menulis contoh teks eksposisi tentang kenakalan remaja.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kenakalan Remaja
Contoh Teks Eksposisi Tentang Kenakalan Remaja

Tesis : Kasus kehamilan remaja terus meningkat dari waktu ke waktu. Para orang tua dibuat was-was melihat fenomena sosial ini. Tak jarang, orang tua mencari kambing hitam atas tingginya angka kehamilan remaja. Selain orang tua, sekolah menjadi pihak paling dipusingkan dengan kondisi tersebut.

Argumentasi : Demi menangani dan menekan angka kehamilan remaja, orang tua mulai memberlakukan jam malam dan membatasi pergaulan anak-anaknya. Sekolah pun mengambil langkah tegas dengan mengontrol arah pergaulan remaja. Di usia 13 – 18 tahun, rasa penasaran anak memang tengah menggebu-gebu. Membatasi pergaulan dan mengontrol anak bukanlah solusi yang tepat. Anak seharusnya diberi pendidikan seks sejak dini. Langkah preventif ini jauh lebih efektif untuk anak memilih pergaulan yang sehat dan produktif.

Reiteration : Menemukan solusi yang tepat atas kenakalan remaja bukan semata-mata membatasi ruang gerak mereka. Orang tua dan sekolah sudah seharusnya menemukan solusi terbaik, seperti memberi pendidikan seks sedini mungkin.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Ingin memahami teks eksposisi secara tepat? Cobalah cari contoh teks eksposisi beserta strukturnya. Pelajari susunan teks yang diawali dari pembuka sampai penegasan ulang. Jika memungkinkan, pelajari pula modifikasi dari berbagai teks eksposisi. Perlu diketahui, posisi tesis tak selalu berada di awal. Beberapa penulis justru meletakkannya di akhir atau tengah teks. Memahami berbagai modifikasi teks eksposisi bisa menciptakan tulisan yang lebih menarik.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Salah satu jenis teks eksposisi adalah definisi yang menguraikan suatu fenomena atau objek secara mendetail. Umumnya, penulis akan mengangkat satu karakter sebagai pokok bahasan. Saat membaca contoh teks eksposisi definisi, Anda akan mendapatkan insight baru dan menarik. Tak jarang wawasan tersebut memantik pembaca untuk menemukan informasi lengkap lebih lanjut.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Tesis : Bipolar disorder merupakan gangguan psikologis yang ditandai dengan perubahan suasana hati. Para penderitanya akan mengalami perubahan mood yang sangat drastis dan bisa berlanjut selama berhari-hari atau berbulan-bulan.

Argumentasi : Diagnosis bipolar disorder harus dilakukan oleh profesional. Umumnya, penderita bipolar disorder menunjukkan masa depresi dan maniak. Penanganan penderita bisa berlangsung seumur hidup dan dibawah pengawasan dokter. Konsumsi obat dan terapi seringkali dibutuhkan untuk mengurangi keinginan bunuh diri atau suicidal thought. Self diagnosis atau diagnosa pribadi sangat tidak dianjurkan, mengingat dampak yang ditimbulkan.

Reiteration : Hindari self diagnosis untuk menangani gangguan psikologis. Jika Anda merasakan kondisi psikologis yang tak biasa, ada baiknya segera datangi profesional untuk meminta bantuan.

Contoh Teks Eksposisi Berita

Sering membaca artikel berita di media cetak atau online? Artikel yang Anda baca tersebut merupakan contoh teks eksposisi berita. Teks eksposisi berita hanya menjelaskan fenomena atau kejadian yang telah berlangsung. Pilihan kata yang digunakan dalam teks eksposisi ini seringkali menggunakan pronomina atau kata ganti. Penyajian teks eksposisi pun terasa lebih tajam dan lugas dibandingkan jenis lainnya.

Contoh Teks Eksposisi Berita

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Istilah klasifikasi tentu sudah sering Anda dengar. Klasifikasi merupakan pengelompokan atau pembagian suatu topik berdasarkan karakteristik tertentu. Begitu pula pada contoh teks eksposisi klasifikasi yang memaparkan dan mengembangkan topik dalam kategori. Pembaca akan lebih mudah memahami topik tersebut, sebab disajikan dengan kalimat fakta.

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Tesis : Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya alam dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.

Argumentasi : Secara terminologi, sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang tersedia di alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Pertama, sumber daya alam dapat diperbaharui yang mudah didapatkan dan kuantitasnya melimpah. Meskipun selalu tersedia, penggunaan sumber daya alam ini tetap harus memperhatikan etika lingkungan dan tidak boleh dieksploitasi. Kedua, sumber daya alam tidak dapat diperbaharui yang membutuhkan waktu cukup panjang untuk memperbaharui kuantitasnya. Contohnya adalah besi, emas, serta minyak bumi.

Reiteration : Jadi, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam tetap harus mengacu pada peraturan dan etika.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Topik yang diangkat dalam teks eksposisi tak mesti seputar lingkungan, pendidikan, maupun kesehatan. Eksposisi sering pula digunakan untuk memberi informasi mendetail terkait dunia hewan dan tumbuhan. Guna memaparkan informasi tersebut, penulis bisa memilih jenis teks eksposisi yang sesuai, seperti klasifikasi atau definisi. Contoh teks eksposisi tentang hewan berikut sangat pas dijadikan acuan saat Anda menulis.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Contoh Teks Eksposisi Proses

Jika Anda ingin menjelaskan proses atau prosedur suatu hal, gunakanlah teks eksposisi proses. Contoh teks eksposisi proses berisi tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang bisa diikuti dan dipahami oleh pembaca. Tujuan pembuatan teks eksposisi proses tentu saja agar pembaca lebih memahami topik secara seksama tanpa menemui masalah berarti.

Contoh Teks Eksposisi Proses

Tesis : Proses kreatif penulisan seorang penulis dimulai dari menemukan ide yang tepat. Umumnya, penulis punya ritual sendiri untuk menemukan dan mencurahkan ide yang mereka miliki.

Argumentasi : Dalam menghasilkan karya sastra, penulis tentu membutuhkan waktu tertentu. Rentang waktu antara satu penulis akan berbeda dengan penulis lain. Proses kreatif penulis ditandai dengan membuat timeline atau coretan kasar akan ide kepenulisan. Dari sini, penulis akan mengembangkan jalan cerita serta penokohan atau karakter. Beberapa penulis biasanya memulai dengan jalan cerita tanpa menetapkan timeline.

Reiteration : Setiap penulis memiliki proses kreatif masing-masing yang menjadi cikal-bakal lahirnya karya sastra atau buku.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Jenis teks eksposisi lainnya adalah analisis. Berbeda dari proses atau klasifikasi, analisis justru mencerabut atau memisahkan sub bab pembahasan dari ide pokok. Sub bab tersebut dipaparkan kembali dalam paragraf baru dan secara mendetail. Umumnya, contoh teks eksposisi analisis kerap digunakan oleh para akademisi maupun peneliti dalam menulis artikel. Anda bisa membaca artikel serupa di berbagai jurnal maupun artikel ilmiah.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi digunakan untuk menggambarkan dua hal yang saling berkaitan. Anda bisa pula memakai jenis teks ini untuk menjelaskan suatu topik dengan penggambaran tertentu. Ada begitu banyak contoh teks eksposisi ilustrasi yang bisa ditemukan dengan mudah. Ciri utamanya adalah penggunaan kata hubung yang menganalogikan persamaan antara kedua ide.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Tesis : Perkembangan teknologi ibarat dua sisi mata uang bagi kehidupan manusia. Di satu sisi, teknologi mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal. Sayangnya, teknologi seringkali disalahgunakan untuk memperburuk keadaan.

Argumentasi : Berbagai penemuan terkini di bidang teknologi seyogyanya meningkatkan produktivitas dan kualitas kehidupan. Tetapi hal sebaliknya justru kian mencuat beberapa waktu belakangan. Penggunaan teknologi dirasa kian menakutkan dan mengkhawatirkan bagi para orang tua maupun masyarakat luas. Ini dipicu oleh maraknya perdagangan manusia yang dilakukan secara online. Transaksi jual-beli inipun melibatkan anak di bawah umur yang dipekerjakan sebagai pemuas seks. Proses transaksi terbilang sangat mudah, layaknya memesan layanan ojek online.

Reiteration : Kemajuan teknologi tak lagi mengarah pada kebaikan, namun merusak tatanan kehidupan masyarakat. Salah satunya mempermudah perdagangan manusia layaknya layanan pemesanan ojek online.

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris

Ingin menulis topik berbahasa Inggris? Contoh teks eksposisi bahasa Inggris bisa Anda jadikan contoh dalam penulisan. Struktur dan ciri-ciri teks masih tetap sama, tak ada perbedaan yang berarti. Anda tetap diperbolehkan menggunakan pronomina atau kata ganti serta kata hubung. Kedua ciri-ciri ini paling lazim ditemukan saat memaparkan fakta maupun data. Penggunaan kata hubung maupun ganti mengesankan teks formal dengan kekuatan empiris yang tervalidasi. Selengkapnya silakan lihat disini teks eksposisi bahasa Inggris PDF.

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Membandingkan dua hal yang saling bertentangan terkadang tak mudah, terlebih dalam bentuk tulisan. Anda tak bisa memihak salah satu ide hanya karena opini pribadi. Penulis biasanya diminta untuk objektif terhadap ide atau topik yang tengah dibahas. Untuk itu, tulisan mesti tetap bersifat netral dan terbuka untuk berbagai ide maupun saran baru. Bagaimana membenturkan dua hal tanpa terkesan memihak? Anda bisa membuat contoh teks eksposisi pertentangan dengan menggunakan kata hubung serta data yang kuat.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Tesis : Isu perubahan iklim gencar diperbincangkan dalam beberapa tahun terakhir. Para peneliti dan pengamat lingkungan mulai angkat bicara untuk menyadarkan masyarakat. Berbagai gerakan non profit pun sengaja mengabdikan diri demi sosialisasi dan merubah gaya hidup.

Argumentasi : Di tengah semangat mengubah gaya hidup, rupanya ada sindiran tajam yang diterima masyarakat umum. Beberapa penggiat lingkungan mulai menyuarakan aspirasi dan kecamannya terhadap kaum urban. Masyarakat dianggap lalai dan acuh terhadap isu yang tengah mengemuka. Bahkan beberapa penggiat merasa manusia tak lagi pantas hidup di bumi. Hal ini tentu memicu perdebatan yang tak ada habisnya. Di satu sisi, sadar terhadap isu lingkungan dan sosial memang sangat dibutuhkan. Meskipun begitu, menyalahkan dan memojokkan salah satu pihak bukanlah solusi yang tepat. Sudah seharusnya kita saling mengingatkan tanpa harus menjatuhkan dan menganggap gaya hidup berbeda sebagai dosa besar.

Reiteration : Melek akan perubahan iklim tak seharusnya menggiring kita pada sinisme. Setiap orang berhak memilih gaya hidupnya masing-masing. Tugas kita hanya mengingatkan dan memberi contoh yang baik.

Tinggalkan komentar