Grammar

Penjelasan lengkap apa itu grammar mulai dari pengertian, arti, rumus, macam-macam, materi, dan contoh kalimat yang baik dan benarnya. Bahasa dapat diterjemahkan sebagai identitas suatu negara. Sebab dengan bahasa itulah antar manusia dapat saling berkomunikasi dan menyampaikan pesan. Maka jangan heran jika sebagian besar perusahaan mencari kandidat yang memiliki kecakapan dalam berkomunikasi, dengan maksud agar perusahaan mereka dapat berkembang dengan baik seiring dengan terjalinnya komunikasi yang baik pula.

Ada ribuan bahasa yang terdapat di berbagai negara di dunia ini. Akan tetapi, ada satu bahasa yang saat ini telah menjadi bahasa yang besar dan dibutuhkan hampir sebagian besar negara di dunia ini. Bahasa tersebut adalah bahasa Inggris, dimana hampir setiap aspek kehidupan selalu terkait dengannya. Bidang pendidikan, pekerjaan, dan bahkan bidang sosial.

Kamu ingin mahir berbahasa Inggris? Jika ya, berarti kamu harus siap mempelajari seluk beluk bahasa Inggris dengan baik. Karena menguasai bahasa Inggris berarti kamu harus memahami benar rules atau kaidah yang menyusun bahasa Inggris. Rules atau kaidah tersebut kita kenal dengan istilah Grammar.

Pengertian Grammar

Grammar dapat dipahami sebagai tata bahasa, atau kaidah-kaidah dalam penggunaan bahasa Inggris, baik seacara lisan maupun secara tertulis. Lantas apa itu grammar pada pelajaran bahasa Inggris? definisi grammar adalah kumpulan kaidah-kaidah struktur gramatikal bahasa, yang sangat umum disebut sebagai tata bahasa. Bagi sebagian orang, mempelajari grammar menjadi sesuatu yang tidak mudah, dan membuat mereka enggan untuk mempelajarinya. Grammar sering pula dikatakan sebagai kendala yang besar ketika mempelajari suatu bahasa. Namun demikian, kita harus paham benar bahwa grammar merupakan aturan yang menjadi keharusan bagi kita untuk mempelajari dan memperdalamnya.

Mempelajari grammar sangat penting dimulai dari dasarnya terlebih dahulu. Hal ini karena akan lebih mudah bagi kita untuk menguasai sesuatu apabila telah memahami dasarnya. Pada artikel berikut, akan dijelaskan beberapa grammar yang perlu kita ketahui.

Baca juga: Narrative Text

Macam-Macam Grammar

1. Subject

Dalam kaidah bahasa Indonesia, kita mengenal subjek sebagai orang yang bertindak atau melakukan sesuatu di dalam kalimat. Sebenarnya, subjek tidak terbatas pada orang. Subjek ini dapat berupa hewan, tumbuhan, dan bahkan benda, sepanjang memiliki peran sebagai pelaku dalam kalimat. Menurut tata bahasa Inggris, subjek umumnya berupa pronoun. Pronoun atau kata ganti orang contohnya adalah I, you, we, they, serta he, she, it. Selain itu, subjek dapat berupa sebutan nama, misalnya Andy, Sam, dll.

Dalam sebuah kalimat, subjek menerangkan tentang “siapa” dan “apa” yang tengah menjadi pembicaran. Subjek merupakan bentuk dasar dalam penyusunan kalimat, dan pembentuk suatu kalimat menjadi lengkap. Tanpa adanya subjek, susuna kata belum dapat disebut sebagai kalimat atau dikatakan sebagai kalimat tidak lengkap. Perhatikan contoh subjek berikut ini :

I wake up at 6 in the morning

You have to study well for the test tomorrow.

Jana walks to school. She leaves home at 7 every morning.

Simon is playing piano at the moment. He practices piano every Thursday.

John, Starla, and me walk to school together. We are best friends.

Thomas, Daniel, and Ronan are playing football. They love football very much.

Milli is a cute cat. It loves to roll around on the sofa.

2. Predicate

Selain subjek, komponen dasar dalam penyusunan kalimat adalah penggunaan predicate. Fungsi dari predicate ini adalah menginformasikan apa yang dilakukan oleh subjek di dalam kalimat tersebut. Bentuknya sendiri dapat berupa kata kerja (verb) atau kata bantu (to be) yang menjadi penjelas dalam kalimat yang dibentuk. Berikut ini adalah contoh predicate dalam suatu kalimat.

Arina plays video game with her brother.

I go to school by bus.

Jamie is a smart student.

They like to spend leisure time together.

3. Verb

Merujuk pada kamus Oxford, kata kerja atau verb disebut sebagai “It is used to show an action or state of being”. Jadi, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa verb adalah kata yang fungsinya menjelaskan suatu perbuatan, atau dapat juga dikatakan sebagai sebutan bagi suatu perbuatan. Kata kerja atau verb ini dapat berupa perbuatan langsung (action) dan dapat juga bukan perbuatan langsung yang umumnya dikenal dengan istilah to be (am, is, are). Kalimat berikut merupakan contoh penggunaan kata kerja (verb) dan rumus grammar.

VerbSentence
SleepMy mother sleeps in her bedroom.
DriveDonny drives his car to work.
WatchMe and my family are watching a movie at home.
BrushI brush my teeth twice a day.
StudyTina is studying Science for tomorrow’s exam.

Berdasarkan objeknya, kata kerja atau verb dapat kita bagi menjadi dua, yaitu Transitive Verb dan Intransitive Verb. Yang dimaksud Intransitive Verb adalah kata kerja yang memerlukan adanya objek, misalnya write (menulis), take (mengambil), dan buy (membeli). Sebaliknya, Transitive Verb adalah kata kerja yang tidak memerlukan adanya objek dalam kalimat, contohnya kata walk (berjalan), run (berlari), dan increase (naik).

4. Object

Dalam bahasa Indonesia, sebutan object lebih kita kenal dengan objek. Dalam penyusunan kalimat, objek adalah orang atau benda yang mengalami tindakan dari perlakuan subjek. Menurut tata bahasa Inggris, tidak semua kata kerja (verb) membutuhkan adanya objek. Hal ini merujuk kepada pembahasan kita mengenai Verb sebelumnya. Meskipun tidak memerlukan objek, tetapi kadang kata kerja tersebut memerlukan compliment atau kita kenal dengan “kata keterangan” yang memperjelas suatu kalimat. Kalimat berikut adalah contoh penggunaan objek dengan compliment.

Sara eats apple.

  S       P       O

Danny goes to work.

   S          P       Compliment

5. Noun

Kita lebih mengenal istilah noun sebagai kata benda dalam bahasa Indonesia. Jenis noun atau kata benda yang pelru kita ketahui adalah Common Noun, Proper Noun, Singular Noun dan Plural Noun.

Common Noun

Kata benda ini berkaitan dengan klasifikasi atau kelompok penamaan tertentu secara general. Contohnya : fruit, school, restaurant, car, dan city.

Proper Noun

Sebaliknya, proper noun merupakan kata benda yang menyebutkan sesuatu dengan lebih spesifik atau khusus. Contoh : Jakarta, Mc Donalds, Bella, dan Gramedia.

Singular Noun

Melihat dari namanya, kata benda ini dapat diartikan sebagai kata benda tunggal, yang biasanya dipergunakan untuk menerangkan benda yang jumlahnya satuan atau tunggal. Contoh : apple, book, car, city, dan pencil.

Plural Noun

Jika Singular Noun menerangkan benda yang berjumlah tunggal, maka Plural Noun berfungsi menyebutkan benda yang berjumlah lebih dari satu atau jamak. Contoh : apples, books, cars, cities,  dan pencils.

Countable dan Uncountable Noun

Berdasarkan arti grammar itulah kata benda ini menunjukkan sesuatu atas dasar dapat atau tidaknya benda itu dihitung. Contohnya : Pencils (Countable), sugar (Uncountable)

6. Pronoun

Kita telah menyinggung sedikit di atas, bahwa pronoun adalah kata yang dipergunakan untuk menggantikan noun atau frasa. Terdapat empat jenis pronoun : Pronoun as Subject, Pronoun as Object, Possessive Pronoun, dan Reflexive Pronoun.

Pronoun as subjectPronoun as ObjectPossesive PronounRevlexsive Pronoun
IMeMineMyself
YouYouYoursYourself

7. Adjective

Menurut kamus Oxford, Ajectives are used to describe or specify noun or pronoun. Kita lebih mengenal adjective ini sebagai kata sifat dalam bahasa Indonesia. Fungsi dari kata sifat tentu saja adalah untuk menjelaskan keadaan dari noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) pada suatu kalimat atau frasa. Contoh kalimat berikut menggunakan kata sifat atau adjective.

My little sister is very cute.

Teacher loves diligent student.

Your dancing performance is amazing.

Demikian tadi penjelasan materi mengenai grammar dan jenis-jenis beserta contoh penggunaannya dalam kalimat. Perlu diingat bahwa untuk memperlancar bahasa Inggris, diperlukan ketekunan dan terus berlatih. Semangat ya!

Tinggalkan komentar