Harga Cangkang Sawit

Harga Cangkang Sawit di Pasaran

Harga cangkang sawit di pasaran beraneka ragam dan tergantung pada berat. Saat ini di pasaran cangkang atau tempurung sawit ini dibanderol dengan harga sekitar 1.500 hingga 1.700 rupiah per kg. Namun biasanya pembelian tempurung sawit ini dilakukan dalam jumlah yang cukup besar. Misalnya saja pembelian dilakukan minimal sebanyak 10 ton. Pembelian juga bisa dilakukan lebih dari itu. Anda bisa menghitung berapa banyak biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan pembelian tempurung sawit sebanyak 10 ton yaitu lebih dari 1 juta rupiah sehingga budget bisa dipersiapkan. Dengan harga yang bisa dibilang relatif rendah ini rupanya Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari cangkang sawit. Anda bisa menikmati seluruh keunggulan yang dimiliki oleh cangkang sawit.

Manfaat Cangkang Sawit

Untuk diketahui, penggunaan cangkang sawit ini memiliki beberapa manfaat penting di Indonesia, antara lain yaitu manfaat berikut ini.

  • Bahan bakar

Cangkang sawit memiliki salah satu manfaat yaitu sebagai bahan bakar seperti misalnya bahan bakar boiler atau ketel uap. Tidak hanya itu saja tetapi cangkang sawit ini juga bisa digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang akhirnya dapat membantu menghemat persediaan minyak bumi. Terlebih lagi penggunaannya bersifat ramah lingkungan sehingga sangat direkomendasikan.

  • Pakan ternak

Cangkang atau tempurung sawit juga bisa digunakan sebagai bahan makanan hewan ternak atau pakan ternak. Bagian dari tempurung ini yang dapat digunakan sebagai bahan pakan ternak adalah bagian kulit daging lapisan terluar dari kelapa sawit. Bagian ini rupanya dapat mempercepat pertumbuhan hewan sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh hewan ternak.

  • Pengeras jalan

Di berbagai daerah memang pengeras jalan seringkali dibuat dari bahan aspal. Namun di beberapa daerah terutama daerah sekitar perkebunan kelapa sawit rupanya pengeras jalan dibuat dari cangkang atau tempurung sawit. Dengan menggunakan tempurung sawit maka pengeras jalan bisa dilakukan dengan biaya yang lebih rendah. Walaupun begitu tempurung sawit sebagai pengeras jalan memiliki kualitas yang tak perlu diragukan.

Keunggulan Cangkang Sawit

Tentu saja ada keunggulan tertentu yang membuat cangkang sawit layak untuk dipilih. Misalnya beberapa keunggulan seperti yang tertulis berikut ini.

  • Ramah lingkungan

Penggunaan cangkang atau tempurung sawit atau Palm Kernel Shell rupanya tidak menimbulkan pencemaran udara. Sekalipun saat shell ini digunakan sebagai bahan bakar maupun untuk keperluan lainnya. Oleh karena itu bisa dibilang bahwa penggunaannya lebih bersifat ramah lingkungan karena tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

  • Harga relatif murah

Tidak hanya ramah lingkungan tetapi Palm Kernel Shell bisa didapatkan dengan harga yang relatif lebih murah. Jadi siapa saja bisa membelinya karena harganya yang cenderung lebih rendah. Sebab pada dasarnya biaya produksi yang dikeluarkan untuk mengelola perkebunan kelapa sawit juga tidaklah terlalu tinggi. Maka tentu saja hasil produksi tempurung sawit juga dibanderol murah. Harga cangkang sawit yang tergolong murah tentu menjadi buruan tidak hanya bagi masyarakat tanah air saja tetapi juga mancanegara. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi Indonesia mengingat bahwa Indonesia merupakan negara penghasil tempurung sawit terbesar di dunia. Indonesia bahkan menjadi negara pemasok tempurung sawit di beberapa negara. Indonesian Palm Kernel Shell memang dikenal memiliki kualitas terbaik sehingga permintaan akan Palm Kernel Shell ini semakin tinggi. Bahkan beberapa negara memerlukannya berjuta-juta ton untuk beraneka ragam keperluan. Nilai ekspor Palm Kernel Shell yang terbilang tinggi ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Indonesia sebagai pemasok. Devisa negara bisa semakin bertambah sehingga perekonomian nasional bisa semakin tinggi. palm kernel shell sebagai komoditas ekspor terbaik bisa mendukung perekonomian negara.

Tinggalkan komentar