Silviyatur Rahmah S.Kom Seorang penulis (Fiksi dan Non Fiksi) serta UX Experience.

Hewan Omnivora

3 min read

Hewan Omnivora

Semua makhluk hidup baik manusia, tumbuhan dan juga hewan memakan berbagai jenis makanan yang berbeda. Makanan tersebut akan berfungsi sebagai energi agar bisa bertahan hidup, dan menjalani aktivitas. Salah satu makhluk hidup yaitu hewan yang dikenal sebagai pamakan segala adalah Omnivora. Hewan omnivore dapat memakan daging dan juga tumbuh–tumbuhan.

Penjelasan (pengertian, ciri–ciri, sampai contoh dan gambar hewan) tentang Omnivora akan dijabarkan dalam ulasan berikut ini.

Pengertian Hewan Omnivora

Hewan Omnivora adalah kelompok hewan yang dapat memakan daging dan juga tumbuhan. Tumbuhan yang dimakan oleh jenis hewan omnivora berbeda dengan hewan herbivora yang dapat memakan segala jenis – jenis tumbuhan, sedangkan hewan omnivora memakan beberapa jenis tumbuhan tertentu dan hanya pada bagian tertentu juga.

Kelompok omnivora lebih banyak memiliki peluang dari pada kelompok yang lainnya dalam mendapatkan makanan. Hal tersebut terjadi karena omnivora mendapatkan makanannya dengan lebih mudah, dan dapat mengatur pola makan berdasarkan makanan yang tersedia.

Setelah mengetahui tentang pengertian dari omnivora, maka selanjutnya kita ketahui tentang ciri – ciri dari hewan tersebut agar tidak salah mengklasifikan jenis – jenis hewan.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Hewan yang dapat memakan segala ini memiliki karakteristik tersendiri, dan berikut ini adalah karakteristik dari hewan tersebut :

  • Pemakan daging dan tumbuh – tumbuhan.
  • Sistem pencernaan sempurna. Kelompok hewan ini memiliki sistem pencernaan sederhana tapi ideal untuk mencerna daging, sekaligus memproses makanan yang berupa tumbuhan, dan mengeluarkan sisa makanan tersebut.
  • Hewan bertulang belakang, dan tulang punggung.
  • Berada di berbagai ekosistem
  • Menjadi predator sekaligus mangsa, karena hewan jenis ini berada pada urutan tengah – tengah dalam rantai makanan.
  • Susunan gigi lengkap. Gigi taring yang berfungsi untuk mencabik – cabik daging mangsanya. Gigi seri digunakan untuk memotong makanan, dan gigi gerahamnya dapat digunakan untuk mengunyah makanannya.

Ciri – ciri di atas secara umum dimiliki oleh seluruh anggota kelompok hewan jenis omnivora. Akan tetapi, terdapat beberapa hewan yang tidak memiliki gigi seperti : ayam. Ayam menghancurkan makanannya dengan menggunakan kantung pencernaan yang dipenuhi batu Gizzard.

Jenis Hewan Omnivora

Hewan yang dikelompokkan sebagai hewan pemakan daging dan tumbuhan memiliki karakteristik yang berbeda dengan hewan lainnya seperti jenis hewan karnivora, dan herbivora. Macam – macam jenis hewan omnivora dapat dijelaskan melalui contoh beserta gambar omnivora.

Contoh Hewan Omnivora

  • Ayam

Ayam termasuk jenis hewan dalam kelompok omnivora yang berada di spesies unggas. Ayam tersebar luas diberbagai tempat di seluruh penjuru, karena hewan tersebut dijadikan ebagai hewan peliharaan. Hal tersebut biasa terjadi di daerah pedesaan, dan bahkan hampir seluruh masyarakat di pedesaan memelihara ayam. Salah satu alasan memelihara ayam adalah karena ayam merupakan hewan ternak yang murah dan banyak peminatnya.

gambar hewan omnivora

Memelihara ayam tidak akan kesulitan dalam mencari makanan hewan ternak tersebut. Ayam dapat memakan berbagai macam biji – bijian, dan tumbuh – tumbuhan yang lainnya, serta dapat memakan berbagai jenis hewan, seperti : hewan jenis serangga, semut, dan lain – lain.

  • Monyet

Monyet hidup dengan cara memakan buah – buahan, kacang – kacangan, dan biji – bijian, dan dapat juga memakan berbagai jenis bunga. Terkadang, ada juga jenis monyet yang memakan daging sejenis serangga, kadal yang berukuran kecil, laba – laba, dan juga telur burung.

gambar hewan omnivora

Kera berbeda dengan monyet yang memiliki ekor yang panjang dan bentuk tubuh lebih kecil dari pada kera. Akan tetapi, monyet memiliki keunikan tersendiri yaitu mudah mempelajari dan menggunakan beberapa alat tertentu untuk mendapatkan mangsa atau makanannya.

  • Burung Flaminggo

Flamingo berasal dari spesies aves atau jenis burung yang cantik karena memiliki kulit berwarna kemerahan, dengan kaki panjang, serta memiliki paruh unik. Keeksotikan flamingo akan tampak lebih cantik jika berkumpul Bersama – sama dengan kelompoknya.

gambar hewan omnivora

Warna kulit tubuh yang dimiliki merupakan efek dari tingginya betakarotin yang dikonsumsi oleh hewan tersebut. Beberapa jenis makanan yang berkarotin tinggi adalah udang, dan alga biru serta alga hijau yang menjadi makanan utamanya.

  • Ikan Paus

 

gambar hewan omnivora

Paus merupakan salah satu dari anggota hewan vertebrata yang berdarah dingin. Ikan paus merupakan jenis ikan yang memiliki ukuran tubuh sangat besar, dan hidup di laut lepas. Makanan paus berupa crustacea atau udang – udangan, dan cumi – cumi.

  • Tikus

gambar hewan omnivora

Hewan jenis mamalia ini dapat memakan berbagai macam jenis tumbuh – tumbuhan, seperti : padi, jagung, kelapa, rumput, sayur, ketela, dan masih banyak yag lain – lain. Selain memakan berbagai jenis tumbuhan, tikus memangsa serangga, ikan asin, dan beberapa daging hewan lainnya. Jadi tidak perlu kaget jika hewan ini berada di sekitar lingkungan bahkan di rumah. Tikus menjadi hewan dapat mengganggu persediaan makan manusia.

  • Tupai

Tupai merupakan anggota dari omnivora yang dapat memakan bermacam – macam tumbuh – tumbuhan, seperti : biji – bijian, buah, jamur, bahkan memakan kulit kayu. Akan tetapi, makanan utamanya dari tupai dan sudah menjadi ciri khas dari hewan tersebut adalah biji kenari.

gambar hewan omnivora

Jenis omnivora tentu saja tidak hanya memakan tumbuh – tumbuhan, namun juga dapat memakan jenis serangga berukuran kecil yang biasa terdapat di pepohonan.

  • Berang – berang

Berang – berang memiliki nama ilmiah yaitu Castor. Habitat berang – berang berada di air maupun daratan. Berang – berang dapat hidup di air dengan cara menyelam menggunakan kacamata renang yang berasal dari kelopak mata yang transparan.

gambar hewan omnivora

Berang – berang termasuk jenis hewan yang cerdas karena dapat memanipulasi musuh dengan membangun bendungan yang besar. Salah satu bendungan besar yang terletak di Kanada, tepatnya di Taman Nasional Wood Bufffalo Alberta. Bendungan tersebut memiliki ukuran sekitar 850 meter.

Hewan ini dapat bertahan dengan cuaca dingin, bahkan dapat bertahan dilapisan es. Berang – berang termasuk salah satu hewan pengerat terbesar.

  • Landak

gambar hewan omnivora

Salah satu hewan berduri yang kebal terhadap racun adalah landak. Landak termasuk jenis pemakan segala, seperti : daun, akar dan batang pohon, dan juga termasuk hewan pemakan daging hewan siput, jangkrik, katak, dan juga memakan cacing. Landak tidak dapat mencerna makanan yang berkarbohidrat dan gula – gula seperti pada susu. Memakan kedua pantangan tersebut akan membuat landak menderita.

  • Babi

 

gambar hewan omnivora

Babi termasuk anggota dari omnivora yang dapat memakan tumbuh – tumbuhan seperti : rumput, dan juga memakan daging hewan yaitu serangga. Kecerdasan babi lebih tinggi dari pada anjing dan kucing. Ciri khas dari babi adalah bentuk hidung yang lemper, dan memiliki moncong panjang.

  • Orang Utan

gambar hewan omnivora

Orang utan memakan tumbuh – tumbuhan dan juga daging hewan seperti : kulit pohon, bunga, daun, madu, jamur, dan 90% buah – buahan, dan juga dapat memakan beberapa jenis serangga.

Selain beberapa contoh di atas, masih banyak lagi jenis – jenis hewan yang termasuk dalam anggota omnivora, contohnya : Simpanse, Semut, Bajing, Musang, Beruang (kecuali beruang kutub), Rubah, Katak Panah dan Katak Pohon, Anjing hutan, Lobster Air Asin, Kera, Jangkrik, Gagak, serta Burung Jalak, dan masih banyak yang lainnya.

Tumbuh – tumbuhan serta daging hewan yang dimakan oleh kelompok hewan omnivora sangatlah beragam. Habitat omnivora dapat hidup di dua dunia yaitu air dan daratan. Memahami tentang hewan pemakan segala akan lebih mudah jika secara sederhana mengetahui maksud dari omnivora itu sendiri, serta ciri – ciri hewan tersebut, beserta contoh dan gambarnya secara detail.

Silviyatur Rahmah S.Kom Seorang penulis (Fiksi dan Non Fiksi) serta UX Experience.

Xilem

Mukhammad Efendi, S.Pd
3 min read

Hukum Mendel

Silviyatur Rahmah S.Kom
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *