Tempat Liburan Di Karawang

Kuliner Khas Saat Berkunjung ke Tempat Wisata di Karawang

Pada tahun 1633, dilantiklah seorang Raden Adipati Singaperbangsa untuk menjadi bupati pertama di karawang dan sistem pemerintahan berjalan dengan sangat baik. Bupati karawang terus berganti per periode danĀ  menjelang kemerdekaan Indonesia, kabupaten sejarah mencatatkan banyak kenangan sejarah. Rengasdengklok menjadi kawasan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena memiliki andil penting dalam kemerdekaan Indonesia dan rengasdengklok masuk dalam kawasan administratif karawang.

Saat melakukan perjalanan wisata ke suatu daerah, tentu jangan lewatkan sajian kuliner khas daerahnya dan carilah makanan khas daerah yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Karawang memiliki banyak sekali makanan khas daerah dan setiap makanan memiliki rasa yang unik. Makanan karawang bisa terbuat dari bahan dasar yang berbeda-beda dan saat berkunjung ke karawang, ada akan berkesempatan mencicipi berbagai sajian khas karawang. Berikut ini adalah kuliner khas yang bisa di bawa pulang saat berkunjung ke tempat liburan di karawang yang populer:

1. Serabi Hijau

Serabi Hijau adalah makanan khas karawang yang memiliki warna hijau dan makanan ini sangat mudah ditemukan di karawang. Hal yang membedakan dengan serabi lainnya adalah saus yang digunakan untuk pelengkap rasanya dan makanan ini tidak menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Pembuatan serabi hijau masih menggunakan cara tradisional dengan menggunakan arang dan ada dua rasa yang tersedia yaitu rasa durian dengan rasa gula jawa.

2. Bolu Kijing

Bolu Kijing adalah bolu khas yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke karawang dan makanan ini disebut kue kijing, karena memiliki bentuk yang menyerupai kijing. Bolu kijing masuk dalam jajaran kue tradisional khas karawang dan harga makanan ini dijual dengan harga yang terjangkau. Bahan dasar pembuatannya terdiri dari tepung terigu, vanili, gula dan berbagai bahan lainnya yang tidak menggunakan bahan pengawet.

3. Kue Gonjing

Kue Gonjing adalah salah satu makanan tradisional yang sudah ada sejak jaman dulu dan makanan ini populer dengan sebutan kue bandros. Kue gonjing memiliki tekstur yang sangat gurih dan memiliki kandungan kelapa yang sangat nikmat. Kue gonjing berbahan dasar buah kelapa, tepung terigu dengan garam dan kue ini juga bisa disantap dengan tambahan sambal. makanan ini dijuga bisa dikonsumsi dengan tambahan kopi hitam sebagai pelengkapnya.

4. Semprong

Semprong adalah makanan khas karawang yang sudah populer ke berbagai daerah di jawa barat dan makanan ini terkenal dengan teksturnya yang sangat lembut. Semprong menjadi oleh-oleh yang bisa dibeli saat berkunjung ke tempat wisata di karawang dan makanan ini dijual dengan harga yang terjangkau. Makanan ini berbahan dasar tepung beras, kayu manis bubuk dan gula pasir dan ada berbagai tempat oleh-oleh yang menyediakan makanan tradisional ini dengan harga yang terjangkau.

5. Rengginang Ketan

Rengginang Ketan adalah makanan tradisional yang memiliki tekstur yang renyah dan makanan ini berbahan dasar beras ketan. Rengginang ketan sangat cocok dijadikan panganan ringan saat berkunjung ke karawang dan makanan ini dimasak hingga kering, kemudian ditiriskan sampai kering. Makanan ini banyak dijumpai di berbagai tempat di karawang dan makanan ini biasanya dijual dengan harga yang terjangkau.

Demikian ulasan lengkap mengenai kuliner khas yang bisa di bawa pulang saat berkunjung ke tempat wisata di karawang dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya.

Tinggalkan komentar