Lari Estafet

3 min read

lari estafet

Inilah penjelasan lengkap mengenai lari estafet mulai dari sejarah, ukuran lapangan, pengertian, teknik, peraturan, dan materi larinya. Pengertian lari estafet adalah lomba lari dalam cabang olahraga yang melibatkan tim lari secara bergiliran. Dalam setiap tim lari, biasanya ada empat pelari, dan setiap pelari memainkan peran pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

Karena dimainkan secara beregu, olahraga lari ini berbeda dengan cabang lari lainnya. Hal lain yang membedakannya dari jenis lari lainnya adalah setiap pelari harus mengganti joystick ke pelari berikutnya, dan seterusnya.

Misalnya, pemain pertama akan lari ke pemain kedua dengan tongkat pendek, dan kemudian membawa pemain kedua ke pemain ketiga. Begitu seterusnya, sampai Anda mencapai pelari terakhir untuk memindahkan tongkat ke ujung.

Sejarah Lari Estafet

Inspirasi olahraga ini awalnya berasal dari cerita tiga suku, yaitu suku Aztec, Inca, dan Maya. Ketiga negara ini pernah melakukan tugas, dan mereka menggunakan teknik lari berkelanjutan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Misi ini bertujuan untuk menyampaikan berita-berita penting yang sudah dikenal sejak lama.

Selain terinspirasi dari misinya, estafet sendiri sebelumnya dilakukan oleh orang Yunani kuno. Namun, orang Yunani kuno pada saat itu masih menggunakan obor yang disediakan secara terus menerus. Pada masa itu, beberapa orang Yunani kuno menganggap perlombaan estafet sebagai pemujaan spiritual.

Dalam melakukannya, orang Yunani kuno menggunakan obor, dan untuk memuja roh nenek moyang mereka, mereka harus dinyalakan terlebih dahulu.Dengan tradisi spiritual ini, balap estafet telah menjadi olahraga. Olahraga inipun pernah muncul di Olimpiade, dan namanya adalah Olympic Fire.

Tepatnya, lari estafet digelar di Stockholm pada 1992. Olimpiade menggunakan kategori 4 x 100 meter dan 4 x 100 meter, nomor dua setelah pria dengan teknologi lari saat ini.

Lapangan Lari Estafet

Lapangan Lari Estafet

Lapangan yang digunakan dalam perlombaan estafet adalah lapangan olah raga. Ukuran dan lintasan seperti itu berukuran sama. Tempat atau arena olahraga bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan. Tempat ini bisa berupa trek atau lapangan.

Ukuran bidang relai:

Landasan pacu luar ruangan memiliki panjang 400 m dan berisi 6-10 landasan pacu. Trek dalam ruangan adalah elips 200 m dengan 4-8 trek. Cabang yang biasanya menggunakan cabang olah raga atletik adalah cabang lari yang dapat dilakukan di dalam ruangan (indoor) dan outdoor.

Trek dalam ruangan biasanya trek yang terletak di tepi lapangan dan di sekitarnya rumput atau karpet rumput sintetis. Perlombaan estafet hanya berjarak 10 meter sebelum garis start atau 10 meter di belakang garis start. Sehingga sangat berbeda jika dibandingkan dengan lari jarak pendek.

Teknik Lari Estafet

Teknik Lari Estafet

Dalam implementasi lari estafet, berbagai teknik digunakan. Apa keterampilannya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Teknik start estafet

Seperti jenis kompetisi lari lainnya, estafet dimulai dari titik awal. Pelari sebagai pelari pertama dalam keadaan jongkok. Pastikan posisi tubuh Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu tangan berada di belakang garis start dan tongkat yang Anda pegang tidak boleh menyentuh garis start. Jika teknik ini tidak diterapkan, pelari akan didiskualifikasi dari perlombaan.

Tetap berpegang pada teknik memberi

Meskipun tampak sederhana, teknik terpisah masih digunakan saat mengoper tongkat dari satu pelari ke pelari lainnya. Pelari sebelumnya harus menyerahkan tongkat kepada pelari berikutnya dengan tangan kanannya, dan penerima harus menggunakan tangan kirinya saat melepaskan tongkat. Selain itu, tongkat kayu yang digunakan harus diayun dari belakang ke depan, dan tangan penerima harus siap menerimanya. Posisi badan penerima harus menghadap ke depan dan siap untuk mulai berlari setelah menerima tongkat dari pelari sebelumnya. Saat memberikan tongkat estafet, hal lain harus diperhatikan. Ibu jari pelari harus terbuka dan jari-jari lainnya harus ditekan bersamaan. Tangan tongkat penerima harus berada di bawah pinggang. Pelari sebelumnya akan sedikit mengangkat tongkat dengan tangan kanannya.

Teknik penerimaan tongkat

Dalam lari estafet, ada dua jenis teknologi penerima tongkat estafet. Yang pertama adalah cara visual penerima joystick berputar atau berputar. Teknologi ini dilakukan pada jarak 4 x 400 meter. Teknik kedua adalah cara non-visual, di mana penerima yang hebat akan melihat ke belakang. Cara ini bisa dilakukan pada jarak tempuh 4 x 100 meter.

Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan saat mengganti rocker dan cara menempatkannya di antara pelari:

  1. Atlet pertama berdiri di area awal pertama, yaitu kurva.
  2. Pelari kedua akan mulai mengemudi dalam garis lurus pada start kedua.
  3. Skater ketiga berlari di area awal ketiga dari kurva.
  4. Tempat keempat dan terakhir masing-masing dimulai di garis lurus keempat dan berakhir di garis finish.
  5. Selain hal di atas, pelari juga perlu memperhatikan hal lain dalam lomba lari estafet. diantara mereka:
  6. Saat memberikan tongkat, yang terbaik adalah melakukan silang. Khusus untuk atlet pertama dan ketiga, sebaiknya menggunakan tangan kanan saat memegang tongkat. Sedangkan pelari kedua dan keempat harus menggunakan tangan kiri saat menerima dan memegang tongkat pemukul.
  7. Posisi pelari perlu disesuaikan dengan kekuatan masing-masing anggota tim. Misalnya, untuk urutan pertama dan ketiga, Anda harus memilih seseorang yang bisa berlari kencang di tikungan. Untuk atlet kedua dan keempat sebaiknya memilih member dengan daya tahan yang baik.
  8. Selama latihan, yang terbaik adalah mengukur jarak tunggu pelari secara akurat.
  9. Setelah memegang tongkat, harap pastikan bahwa pelari segera berlari sesuai dengan lintasannya masing-masing.

Peraturan Lari Estafet

Peraturan Lari Estafet

Apa yang dimaksud lari estafet yaitu merupakan olahraga yang membutuhkan keterampilan dan kerja sama tim yang baik. Saat Anda dalam perlombaan estafet, Anda harus mematuhi beberapa aturan permainan. Aturan ini dibuat untuk memastikan tidak ada pemain yang cedera atau tidak ada kecurangan dalam permainan. Lantas, aturan materi apa yang harus diikuti saat lari estafet? saksikan berikut ini!

  1. Panjang area lintasan tongkat adalah 20 meter dan lebarnya 1,20 meter. Khusus untuk atlet estafet 4 x 100 meter, kawasan ini akan menambah zona pra 10 meter. Tahukah Anda apa itu pra-zona? Babak penyisihan adalah area di mana pelari akan menambah kecepatan tetapi tidak akan melewati joystick.
  2. Setiap pelari harus mempertahankan lintasannya sendiri. Ini masih berlaku bahkan jika pelari memberikan tongkat kepada pelari setelahnya. Jika tongkat jatuh, pelari yang memegangnya harus mengambilnya lagi.
  3. Joystick yang digunakan pada nomor lomba estafet harus memiliki rongga dengan panjang 28 hingga 30 cm, diameter 38 mm, dan berat 50 gram.
  4. Pada nomor estafet, atlet pertama akan mulai berlari ke tikungan pertama di lintasan masing-masing. Setelah itu, pelari dapat memasukkan diameter dalam. Pemain ketiga dan keempat akan menunggu di zona penggantian sesuai dengan kedatangan tim mereka.

Jarak Lari Estafet

Dalam Buku “Road and Running Sports Coaching Manual” (2018), kategori lari estafet atau kontinyu terdiri dari dua nomor yaitu 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter. Biasanya, perlombaan estafet dilakukan oleh tim yang terdiri dari empat atlet. Olahraga ini dilakukan dengan membawa benda-benda seperti tongkat atau bendera secara bergantian dari garis start hingga garis finis. Dalam operasi kontinyu atau relay operation, dua teknologi dasar yang harus dikuasai yaitu teknologi start up atau start up, teknologi rod change dan teknologi finishing. Untuk lebih lengkapnya bisa Anda cari makalah lari estafet yang sudah ada banyak di pencarian Google.

Sit Up

Tiyarman Gulo, S.H
4 min read

Push Up

Tiyarman Gulo, S.H
5 min read

Lari Jarak Jauh

Tiyarman Gulo, S.H
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *