Makanan Berbahaya Bagi Kucing

Makanan Berbahaya Bagi Kucing

Makanan berbahaya bagi kucing bisa jadi cukup bermacam-macam bentuknya. Hal ini sudah seharusnya Anda ketahui terutama bila sedang memelihara kucing. Seringkali pemilik atau pemelihara kucing tidak tahu benar mengenai jenis makanan yang baik atau tidak untuk kucingnya. Oleh karena itu sebaiknya carilah informasi mengenai beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada kucing kesayangan Anda.

Pemberian makanan berbahaya memang berpotensi mengakibatkan kucing keracunan juga. Maka dari itu pilihlah makanan yang tepat untuk kucing Anda untuk menghindari resiko yang berbahaya. Walaupun kucing seringkali dikenal sebagai hewan pemakan yang lahap, namun sebaiknya hindarkan kucing Anda dari beberapa jenis makanan berikut ini.

Tulang

Tulang pada dasarnya bukanlah merupakanan makanan hewan kucing baik tulang ayam maupun tulang ikan dan tulang lainnya. Tulang dapat membuat kucing menjadi tersedak sekalipun tulang yang dimakan kucing sudah hancur. Tulang yang termakan oleh kucing akan merusak organ kucing terutama organ pencernaan. Oleh karena itu jangan pernah memberikan makanan berupa tulang untuk hewan kucing peliharaan Anda. Sebab dinding usus kucing tidak cukup tebal untuk mencerna tulang yang termakan.

Telur mentah

Telur mentah sekilas mungkin dinilai mengandung banyak gizi dan sangat diperlukan oleh kucing. Namun Anda perlu tahu lebih lanjut lagi mengenai telur mentah dan bahayanya untuk hewan kucing. Telur mentah mengandung suatu zat bernama zat avidin yang dapat membuat kucing kekurangan biotin dan juga kekurangan vitamin B. Kondisi ini dapat membuat kucing menjadi kejang dan bahkan jaringan otak kucing dapat rusak. Tidak hanya itu saja tetapi telur mentah juga mengandung berbagai bakteri yang bisa menyerang kucing.

Cokelat

Cokelat juga termasuk ke dalam daftar makanan yang berbahaya bagi hewan kucing. Sebab cokelat mengandung beberapa zat yang dapat memberikan pengaruh buruk pada kondisi kesehatan kucing peliharaan Anda. Salah satu zat yang terkandung dalam cokelat dan tidak baik untuk kucing adalah kafein. Selain itu zat theobromin yang terkandung dalam cokelat juga dinilai cukup berbahaya bagi kucing. Tentunya cokelat dapat membuat kesehatan kucing menjadi terganggu.

Ikan tuna

Ikan tuna termasuk pula sebagai salah satu jenis makanan yang berbahaya untuk kucing. Ikan tuna sendiri merupakan jenis ikan laut yang tidak dapat dipastikan kandungannya. Bisa saja ikan tuna yang Anda berikan untuk kucing Anda mengandung zat sejenis merkuri. Jika kucing Anda sampai makan ikan tuna yang mengandung zat merkuri maka kesehatan kucing bisa saja terganggu. Perut kucing akan mengalami kontraksi dan bahkan kontraksi bisa terjadi dengan sangat hebat. Selanjutnya organ pencernaan kucing akan mengalami gangguan serius.

Ikan mentah

Ikan mentah juga tidak baik untuk kucing sebab ikan mentah mengandung bakteri. Terlebih lagi ikan laut yang umumnya mengandung zat merkuri. Memang di berbagai cerita yang ada digambarkan bahwa kucing selalu melahap ikan mentah. Namun sebenarnya hal ini tidaklah benar karena ikan mentah justru dapat merusak kesehatan kucing. Ikan mentah yang termakan oleh kucing bisa saja menimbulkan terjadinya kerusakan pada sistem kerja otak hewan kucing.

Beberapa makanan yang berbahaya bagi kucing seperti di atas sebaiknya selalu dihindarkan. Sebaiknya pilih jenis makanan yang umum dan sesuai dengan berat dan usia kucing. Jangan biarkan potensi kucing keracunan semakin besar. Jika kucing mengalami kondisi keracunan maka kucing dapat jatuh sakit dengan mudah. Salah-salah hal ini bahkan dapat mengakibatkan kematian pada kucing.

Tinggalkan komentar