Makanan Khas Jerman

Makanan Khas Jerman

Makanan khas Jerman bisa jadi semakin memperkaya keragaman kuliner di dunia. Makanan khas dari Negara ini umumnya memiliki bahan maupun citarasa yang unik dan menarik. Beberapa di antaranya sangat saying jika dilewatkan begitu saja. Apalagi bila berkesempatan mengunjungi negara yang satu ini. Jika ada waktu, cobalah menikmati kuliner asli makanan khas Jerman berikut ini.

  • Bratwurst

Bratwurst merupakan makanan khas Jerman yang cukup terkenal di Jerman bahkan sampai ke negara lainnya. Hidangan makanan ini biasanya terdiri dari sosis khas Jerman yang dipanggang. Umumnya makanan ini dihidangkan bersama dengan Kartoffelsalat sehingga semakin bernutrisi untuk Anda yang memakannya. Namun ada pula beberapa orang yang memakannya dengan menggunakan roti bertoping keju ataupun bawang.

  • Kartoffelsalat

Kartoffelsalat jika dilihat secara sekilas akan tampak seperti salad sayur. Makanan ini terdiri dari beberapa bahan seperti misalnya kentang dan tomat serta telur dan daging sapi. Makanan ini dihidangkan dengan siraman cuka dan bumbu mayonnaise serta susu dan taburan bawang bombay. Tentu saja makanan ini sangat digemari oleh masyarakat Eropa.

  • Falscher Hase

Falscher Hase yang merupakan makanan khas Jerman ini terbuat dari bahan daging cincang yang kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti telur dan tepung serta bawang. Kemudian daging cincang yang telah dicampur dengan beberapa bahan ini nantinya disajikan dengan cara diiris berbentuk pipih dan disiram bumbu saus di atasnya. Makanan ini mungkin sama dengan hidangan steak dan sangat cocok bila dimakan bersama kentang.

  • Gulaschsuppe

Gulaschsuppe juga merupakan makhanan khas Jerman yang berupa sup kuah kental. Bahan uatma untuk membuat makanan ini adalah daging sapi atau bisa juga daging babi. Daging tersebut kemudian dipotong-potong agak besar dan kemudian disajikan dengan roti. Sekilas penampakannya hampir sama dengan sup merah di Indonesia.

  • Sauerkraut

Sauerkraut sebagai kuliner khas yang berasal dari Jerman rupanya terbuat dari irisan kol putih yang kemudian difermentasikan. Jadi makanan ini memiliki citarasa masam namun tetap terasa segar saat disantap. Anda bisa menikmatinya ketika musim dingin tiba sehingga mood Anda semakin meningkat.

  • Apfelstrudel

Apfelstrudel umumnya disajikan sebagai hidangan dessert. Makanan ini terasa manis namun juga renyah. Teksturnya cenderung lembut sehingga siapapun pasti menyukainya. Makanan ini terbuat dari bahan dasar berupa apel. Bentuknya cenderung bulat agak pipih dan umumnya diiris menjadi beberapa bagian sebelum disajikan. Konon dessert ini sudah lama ditemukan dan dikenal sehingga masyarakat Jerman umumnya menyukainya.

  • Bretzel

Bretzel mungkin merupakan jenis roti yang sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat di dunia. Bentuknya cukup unik yaitu menyerupai pita. Warnanya cokelat eksotis dan ditambah dengan taburan garam serta bubuk wijen dan juga biji bunga matahari. Tentu saja Anda tidak perlu meragukan lagi rasanya. Anda juga wajib mencobanya saat sedang berlibur ke Jerman.

  • Schwarzwalder Kirschtorte

Schwarzwalder Kirschtorte lebih menyerupai cake. Di Indonesia sendiri makanan atau cake ini biasa disebut dengan istilah Black Forest. Jadi kue ini dilapisi dengan banyak serutan cokelat dan juga krim vanilla. Rasanya tentu saja enak ditambah pula dengan penampilannya yang sudah tentu tampak cantik.

Wah, banyak juga rupanya makanan khas Jerman untuk dicoba. Jika tidak punya waktu berkunjung ke negara yang terletak di Eropa tersebut, tidak ada salahnya mencoba untuk mencari resepnya. Cobalah memasak ulang dan cicipi kelezatannya. Selamat mencobanya ya!

Tinggalkan komentar