Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Akuntansi manajemen adalah sistem pemrosesan informasi keuangan yang dimaksudkan sebagai proses pemrosesan informasi untuk memenuhi kebutuhan manajemen dalam menjalankan fungsi perencanaan, koordinasi dan kontrol organisasi. Akuntansi manajemen adalah studi pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan. Akuntansi manajemen juga merupakan jenis informasi yang dimaksudkan sebagai deskripsi informasi yang dihasilkan oleh pemrosesan informasi keuangan. Informasi adalah fakta, data pengamatan, atau sesuatu yang menambah pengetahuan.

Informasi dibutuhkan oleh manusia untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan selalu melibatkan masa depan, yang mengandung ketidakpastian, dan selalu melibatkan memilih tindakan alternatif di antara banyak alternatif yang tersedia. Beragam informasi seputar akuntansi dapat kamu baca di halaman akuntansi lengkap secara gratis.

Memahami Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

 Mulyadi

Menurut Mulyadi, akuntansi manajemen adalah informasi keuangan yang dihasilkan oleh jenis akuntansi manajemen, yang digunakan oleh pengguna internal entitas.

Charles T. Homgren

Charles T. Homgren mengeluarkan pendapat bahwa Akuntansi Manajemen (Management Accounting) adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, persiapan, interpretasi, dan komunikasi tentang informasi yang membantu setiap eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasi.

Hariadi

Menurut Hariadi, akuntansi manajemen adalah identifikasi, pengukuran, pengumpulan, analisis, pencatatan, interpretasi, dan pelaporan peristiwa ekonomi dari suatu entitas bisnis yang dimaksudkan sehingga manajemen dapat menjalankan fungsi kontrol perencanaan dan pengambilan keputusan.

Halim dan Supomo

Menurut Halim dan Supomo mengeluarkan pendapat bahwa Akuntansi manajemen adalah kegiatan yang menghasilkan informasi keuangan untuk manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi manajemen.

Tujuan Akuntansi Manajemen

  • Menghasilkan informasi keuangan untuk kepentingan manajemen (internal perusahaan) dalam upaya mencapai tujuan perusahaan (Rita Eni Purwanti & Indah Nugraheni). Informasi ini diperlukan oleh manajemen untuk pertimbangan pengambilan keputusan manajemen dan melihat / menilai hasil yang telah diperoleh perusahaan.
  • Proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi keuangan, untuk memungkinkan penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut di titik pusat bagi pihak-pihak dalam organisasi perusahaan. Misalnya: Hitung biaya produk, Hitung biaya kegiatan, Hitung biaya departemen.
  • Salah satu bidang akuntansi yang tujuan utamanya adalah untuk menyajikan laporan sebagai unit bisnis untuk kepentingan pihak internal dalam rangka melaksanakan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Fungsi Akuntansi Manajemen Sesuai dengan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Manajer keuangan

Membutuhkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan keuangan perusahaan seperti pendanaan modal kerja, biaya dana dengan jumlah modal kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan, tingkat pengembalian investasi, tingkat pengembalian modal, rasio keuangan dan lain-lain.

Manajer Produksi

Membutuhkan data informasi tentang perincian biaya penjualan barang atau biaya produksi seperti total biaya produksi, biaya per unit produk, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead lainnya yang secara langsung berperan dalam proses produksi.

Manajer Pemasaran

Membutuhkan informasi tentang semua komponen biaya terkait dalam menentukan harga jual produk, menentukan sistem penjualan secara kredit atau tunai, biaya komisi penjualan, biaya pemasaran, dan informasi tentang nilai diskon untuk produk tertentu untuk meningkatkan volume penjualan.

Manajemen Top

Perlu informasi ini terkait dengan pembuatan kebijakan strategis perusahaan misalnya dalam penyusunan anggaran, ekspansi bisnis, diversifikasi produk, dan kebijakan investasi lainnya.

Contoh Akuntansi Manajemen

Manajemen tidak hanya memerlukan informasi tentang jenis investasi yang akan dilakukan serta informasi tentang tingkat pengembalian dan periode pemutaran yang dilakukan. Jika manajemen sudah mengetahui tingkat pengembalian investasi yang direncanakan sebesar 20% dan periode pemutaran 3 tahun yang akan memiliki kepastian investasi akan dilakukan atau tidak. Terkadang seorang manajer juga membutuhkan informasi tentang manfaat reksa dana sebagai pilihan investasi alternatif.

Tinggalkan komentar