Procedure Text

Penjelasan lengkap apa itu procedure text mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, jenis-jenis, dan contoh kalimat yang baik dan benarnya. Apakah kamu termasuk orang yang belajar memasak melalui resep-resep masakan dan mengikutinya? Jika jawabannya iya, artinya kamu adalah salah satu pembaca dari teks berjenis prosedur, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Procedure Text.

Procedure Text, jika melihat dari artinya dalam bahasa Indonesia, berarti adalah teks berisi prosedur-prosedur. Prosedur dapat diartikan sebagai aturan atau tahapan-tahapan dalam mencapai sesuatu. Sehingga, Procedure Text dapat didefinisikan sebagai teks yang berisi tahapan atau urutan langkah-langkah untuk menghasilkan atau mencapai sesuatu.

Jenis Procedure Text ini pada umumnya menggunakan kata How to pada judul ataupun bagian awal tulisannya. Misalnya “How to make an apple pie

Ciri-Ciri Procedure Text

Karena tulisan jenis ini menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu, maka penulis mempergunakan kalimat-kalimat Simple Present Tense dalam penulisannya.

  • Berbentuk command atau Perintah

Ketika menuliskan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu, umumnya penulis menggunakan bentuk imperative verbs atau kalimat-kalimat yang diawali dengan kata kerja (verb). Jenis kata kerja yang digunakan pun adalah kata kerja langsung (action verbs).

  • Penggunaan conjunction

Procedure Text mempergunakan kata penghubung temporer dalam menghubungkan antar satu tahapan ke tahapan berikutnya. Yang termasuk kata penghubung tersebut diantaranya : next, first, after that, dan last.

Selain itu, Procedure Text juga menggunakan kata penghubung yang bertujuan mengurutkan langkah demi langkah, seperti : while, then, dan meanwhile.

  • Menggunakan Kata Keterangan (Adverbs)

Dalam penulisan Procedure Text, kata keterangan (adverbs) yang digunakan berfungsi menjelaskan waktu, atau cara yang akurat secara terperinci. Contoh : for twenty minutes, set aside in 1 hour, dan boil the egg until it cooked.

Baca juga: Report Text

Struktur Procedure Text

Terdapat beberapa urutan struktur yang menyusun penulisan teks procedural ini, diantaranya adalah :

  • Goal

Menjelaskan atau menginformasikan maksud serta tujuan suatu prosedur

  • Materials

Bagian ini berisi bahan-bahan dan material yang diperlukan untuk mencapai tujuan suatu prosedur.

  • Step

Pada bagian ini, penulis akan memasukkan langkah demi langkah yang harus dilakukan oleh pembaca agar tujuan prosedur dapat tercapai.

  • Result

Di bagian akhir, dicantumkan hasil dari rangkaian tahapan proses yang telah dilakukan. Di bagian ini, pembaca dapat membandingkan hasil yang mereka peroleh dengan yang dihasilkan oleh penulis.

Baca juga: Descriptive Text

Jenis-Jenis Procedure Text

Ada beberapa jenis dari Procedure Text. Namun, ada tiga jenis diantaranya yang perlu kita ketahui :

  1. Procedure Text yang bertujuan memberi penjelasan tentang cara kerja suatu benda atau alat. Penulisan Procedure Text jenis ini umumnya dikenal dengan Instruction Manual. Contoh :

How to Operate the Notebook, How to edit video with Adobe Premiere.

  • Procedure Text dengan tujuan menjelaskan langkah-langkah atau instruksi dalam melakukan sesuatu. Contoh :

How to make a banana smoothies, How to play piano, How to sing the “Let It Go” song.

  • Procedure Text yang berkaitan dengan tingkah laku atau pribadi seseorang, yang menjadi acuan atau teladan. Contoh :

How to be a good parents, How to succeed in business, How to be a genius student.

Baca juga: Narrative Text

Contoh Procedure Text

Untuk lebih memahami materi tentang Procedure Text, perhatikan contoh berikut

How to Make Ice Cream

Materials:

2 cups milk or cream

2 tablespoons sugar

1 teaspoon Vanilla extract

Several cups of Ice

1 cup salt

Supplies to make ice cream:

Tub or large coffee can to hold salt and ice

Glass bowl or small coffee can

Electric mixer or whisk

Ice cream scoop

Storage container for freezer

Steps:

First, started the cooling equipment. Stir ice and salt within the larger instrumentality.

After that, mix the ingredients. combine along the milk, sugar, and vanilla within the glass bowl. Then, set this bowl within the tub stuffed with ice and mineral, ensuring that the salt water doesn’t spill into the bowl.

Next step, combine the frozen dessert. combine the ingredients within the little instrumentality smartly. The salty ice mixture can cool the mixture down till it turns into frozen dessert. It ought to take concerning ten to fifteen minutes to stir the frozen dessert exploitation either methodology. Stir till it’s free from ice crystals and is that the right consistency.

Last, storage and serving. frozen dessert is prepared.

Terjemahan procedure text :

Cara Membuat Es Krim

Bahan-bahan :

2 gelas susu atau krim

2 sendok makan gula pasir

1 sendok teh ekstrak vanilla

Beberapa gelas es batu

1 gelas garam

Peralatan untuk membuat es krim :

Wadah besar untuk meletakkan garam dan es batu

Mangkok atau kaleng kopi ukuran kecil

Mixer listrik atau whisk

Sendok es krim

Wadah penyimpanan di freezer

Langkah-langkah :

Pertama, atur alat pendinginnya. Aduk garam dan metal batu dalam wadah besar.

Aduk metal dan garam dalam wadah rule lebih besar.

Setelah itu, gabungkan bahan-bahannya. Campurkan susu, gula, dan vanili dalam mangkuk kaca. Kemudian, atur mangkuk ini di bak mandi rule diisi dengan metal dan garam batu, pastikan air garam tidak tumpah ke dalam mangkuk.

Langkah selanjutnya, campur metal krim. Campur bahan-bahan dalam wadah kecil dengan kuat. Campuran tersebut akan mendinginkan campuran hingga berubah menjadi krim. Dibutuhkan sekitar sepuluh hingga lima belas menit untuk mengaduk krim menggunakan salah satu metode. Aduk hingga tidak ada es yang mengkristal.

 Terakhir, simpan dan sajikan. Es krim sudah siap!

How to Reheat Coffee in the Microwave Oven

Reheating coffee might break down the aromas and flavors left once the occasional was initial brewed. If you don’t concern the extent of freshness, concede to heat up your cold occasional within the microwave as a result of it’s very fast and easy. Here are the steps.

First of all, pour your cold occasional into a microwave-safe cup. Certify the cup isn’t sealed shut.

After that, place the cup within the microwave and shut its door.

Next, heat the occasional in concerning one minute. Then, await a minimum of twenty seconds when the kitchen appliance stops its cook-cycle.

Finally, open the microwave and find your occasional hot.

Terjemahan procedure text:

Cara Memanaskan Ulang Kopi dengan Microwave Oven

Memanaskan kembali kopi mungkin akan merusak sebagian aroma dan rasa rule tertinggal saat kopi tersebut pertama dibuat. Jika kamu tidak mementingkan tingkat kesegaran, pertimbangkan untuk memanaskan ulang kopi dinginmu dengan microwave karena tindakan tersebut sangat cepat dan sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama-tama, tuang kopi dinginmu ke dalam cangkir rule aman digunakan untuk microwave. Pastikan cangkir tersebut tanpa penutup.

Setelah itu tempatkan cangkir tersebut di dalam kitchen appliance dan tutup pintunya.

Selanjutnya panaskan kopi sekitar satu menit. Kemudian tunggu setidaknya dua puluh detik setelah kitchen appliance menghentikan proses memasaknya.

Terakhir buka kitchen appliance dan ambil kopimu rule sudah panas.

How to Print Screen on a Laptop (Windows 8)

The print screen key in Windows allow you to take a picture of your screen. Once you’ve taken the image, you’ll print, share, or modify it. Don’t worry, it’s straightforward to try to to.

Steps:

Press the Window brand and prt sc keys. The screen can dim for a fraction of second once it’s captured and saved as a PNG file. Check the go in the Screenshots folder in your photos folder.

Terjemahan procedure text :

Cara Melakukan Print Screen pada Laptop (Windows 8)

Tombol print screen di Windows memungkinkan kamu mengambil gambar yang ditampilkan layar monitormu. Setelah kamu mengambil gambar, kamu dapat menge-print, membagikan, atau memodifikasinya. Jangan khawatir, sangat mudah untuk dilakukan.

Langkah-langkah:

Tekan tombol brand Windows dan tombol prt sc. Layar Akan meredup selama sepersekian detik ketika diambil gambarnya dan disimpan sebagai file PNG. Periksa file tersebut di folder Screenshots di dalam folder photos komputermu.

Tinggalkan komentar