RAM

Penjelasan lengkap apa itu RAM Random Access Memory mulai dari pengertian, fungsi, perbedaan dengan ROM, cara kerja, jenis, harga, & contoh. Sebagian orang akan merasa asing dengan “RAM” akan tetapi tidak dengan sebuah memori. Biasanya orang akan bertanya, memori kalian ukurannya berapa besar? Benar tidak?

Kalau kalian tahu besar ukuran memori HP maupun komputer kalian, seharusnya kalian melihat pengaturan pada perangkat tersebut, carilah spesifikasi tentang perangkat, maka akan muncul keterangan besarnya RAM.

Kalian ingin tahu lebih detail tentang, apa itu RAM? Maka lanjutkan membacana sampai akhir ya!

Pengertian RAM

Kepanjangan RAM adalah Random Access Memory. RAM adalah sebuah komponen yang telah tertanam dalam berbagai perangkat seperti komputer maupun HP yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data sementara.

Kenapa dikatakan tempat menyimpan sementara? Ya, karena data akan hilang saat perangkat komputer maupun yang lainnya dimatikan. Jadi, memori tersebut hanya menyimpan data ketika suatu perangkat komputer sedang menyala.

Biasanya memori jenis ini juga disebut dengan memori internal atau yang biasa kalian lihat pada perangkat kalian adalah penyimpanan utama atau primary storage.

Apakah kalian baru mengerti sekarang, kalau perangkat memori internal itu adalah RAM? Jika iya, maka kalian juga harus mengetahui berbagai jenis memori tersebut agar dapat membedakan memori yang tertanam dalam perangkat kalian.

Jenis-Jenis RAM serta Contoh RAM

Berikut ini adalah macam – macam jenis RAM, yaitu :

1. DRAM

Contoh DRAM
Contoh DRAM

Singkata dari Dynamic Random Access Memory, termasuk jenis memori yang harus mengalami penyegaran oleh CPU secara teratur, agar data yang berada di dalamnya tidak akan hilang.

2. SDRAM

Contoh SDRAM
Contoh SDRAM

Kepanjangan dari Synchronous Dynamic RAM dan termasuk kelanjutan dari DRAM, akan tetapi tersinkronisasi dengan clock sistem. Kecepatannya tentu lebih tinggi dari pada DRAM itu sendiri.

  • SDRAM yang bekerja pada frekuensi bus 66 MHz dikenal dengan nama SDRAM PC66 yang memiliki processor 7 socket (intel pentium).
  • Sistem yang bekerja dengan frekuensi 100 MHz dapat menggunakan SDRAM PC100, dimana access time sebesar 8ns dengan tegangan 3,3 V.
  • SDRAM PC133 dapat mengalirkan data dengan besaran 1,06 GB tiap detik dengan frekuensi 133 MHz.
  • Terdapat pula SDRAM jenis PC150 karena bekerja pada frekuensi bus yang besarnya 150 MHz.

Kalian suka main game dan grafis 3D? Maka komputer server kalian dapat mengambil keuntungan dengan penggunaan memori jenis SDRAM PC150.

3. RDRAM

Contoh RDRAM
Contoh RDRAM

RDRAM merupakan singkatan dari Rambus Dynamic RAM. Jenis RDRAM lebih cepat dari pada SDRAM, jika lebih cepat tentu saja harganya pasti lebih mahal ya dari pada yang sebelumnya.

Perangkat komputer kalian pentium 4? Maka memori ini cocok digunakan dalam sistem perangkat kalian.

DRAM sendiri masih memiliki beberapa jenis memori, seperti :

  • D RDRAM (Direct RDRAM). Harga yang mahal sesuai dengan spesifikasi dari jenis memori yang memiliki tegangan 2,5 V dan dapat bekerja pada sistem jaringan bus 800 MHz, serta megnalirkan data dengan besaran 1,6 GB.
  • Jenis RDRAM PC800 bekerja dengan tegangan sebesar 3,3 V.

Kedua jenis tersebut tidak jarang sekali peminatnya, karena jenis ini sudah tidak lagi sepadan, intel memanfaatkan yang lebih baik dari pada jenis memori ini.

4. SRAM

contoh Static RAM
Contoh SRAM

Kepanjangan dari Static Random Access Memory adalah SRAM. Kalau baca SRAM jangan ditambahkan “e” setelah huruf “S”, nanti akan jadi SERAM. Itu bukan memori tapi jadinya hantu. Heheh,

SRAM melakukan penyimpanan data secara statis seperti namanya, jadi pemrosesan daata diklakukan lebih cepat dengan daya lebih kecil tentunya dari pada DRAM.

5. EDORAM

Contoh EDO RAM
Contoh EDO RAM

EDO RAM merupakan singkatan dari Extended Data Out RAM. Jenis memori yang bekerja pada perangkat dengan sistem pentium, dan bus 66 MHz.

Intel pertama kali memperkenalkan jenis EDORAM dengan bentuk chipset 430FX pada tahun 1994.

6. Flash RAM

contoh flash RAM
Contoh Flash RAM

RAM Flash lebih tepatnya dikenal dengan memori flash. Memori jenis ini berbeda dengan sebelumnya, karena dengan menggunakan memori jenis Flash maka data dapat ditulis dan terhapus, serta data tersebut tidak akan hilang walaupun perangkat dimatikan.

Cara kerjanya lebih mirip dengan SSD. Memori Flash lebih sering tertanam dalam sebuah USB Flash di driver, printer, maupun yang lainnya.

Lalu, seperti apakah cara kerja dari RAM itu sendiri?

Cara Kerja RAM

  • Ketika perangkat (seperti : komputer dan laptop) dihidupkan, maka perangkat akan memproses processor.
  • Processor akan mengelola data dari media penyimpanan RAM.

Memori jenis ini akan menyediakan data untuk processor secara cepat, karena perangkat RAM sudah menggunakan teknologi digital dengan spesifikasi kecepatan tinggi, jadi tidak akan terjadi bottle – neck (kalah dalam memproses data).

Ternyata cara kerjanya memang sangat sederhana, karena pada intinya memori tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Akan tetapi, selain sebagai tempat penyimpanan juga berfungsi sebagai pembaca data.

Ingin tahu fungsi memori ini dengan lebih lengkap? Tentu harus scroll terus sampai ke bawah.

Fungsi RAM

Fungsi utamanya yaitu :

1. Tempat Penyimpanan Sementara

  • Menyimpan data yang masuk hingga data yang terkirim, dari piranti yang menuju ke ALU agar dapat diproses.
  • Penyimpanan data hasil proses ALU.
  • Meenjadi tempat penampuungan untuk sebuah program maupun intruksi dari piranti.
  • Penyimpanan data sementara dalam sebuah perangkat komputer.

Piranti merupakan sebuah perangkat yang bertugas untuk memasukkan dan menghasilkan sebuah data. Sedangkan ALU sebagai pengoperasi untuk perhitungan aritmetika dan logika.

2. Membaca Data

Pernah kalian merasakan perbedaan antara saat pertama kali membuka file maupun data dan informasi dalam sebuah perangkat komputer dengan membuka file tersebut untuk yang kesekian kalinya?

Secara tidak sadar, kalian akan merasakan perbedaannya, karena dengan adanya RAM dalam perangkat kalian, file maupun data yang pernah terbuka akan lebih cepat terbaca oleh perangkat, sehingga saat membuka file yang sama untuk kesekian kalianya akan lebih cepat muncul.

Fungsi utama memori tentunya untuk menyimpan sebuah data di dalam perangkat. Akan tetapi, bukankah ada jenis memori seperti ROM yang juga dapat menyimpan sebuah data? Tentu saja ROM juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

Jadi, apa perbedaan RAM dengan ROM?

Perbedaan RAM dengan ROM

Perbedaan antara kedua jenis memori tersebut akan dijelaskan dalam bentuk tabel berikut ini.

RAMROM
Tempat penyimpanan sementaraTempat penyimpanan permanen
Menulis data secara cepatMenulis data secara lebih lambat
Memori VolatileMemori Non – Volatile
Penggunaan operasi normalProses startup perangkat komputer
Tabel Perbedaan RAM dengan ROM

Memori Volatile merupakan jenis memori yang membutuhkan daya untuk menyimpan sebuah data dalam komputer, begitu sebaliknya untuk memori jenis non – volatile.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kedua memori tersebut saling bertolak belakang, akan tetapi memiliki fungsi yang sama yaitu menyimpan data.

Setelah mengetahui tentang pengertian, cara kerja, hingga fungsi, dan perbedaannya dengan ROM, apakah kalian tidak ingin mengetahui harga dari jenis RAM yang berbeda – beda tersebut?

Tentu saja kalian harus mengetahui harganya, terutama untuk kalian yang ingin membeli sebuah perangkat komputer.

Harga RAM

MerekHarga TerendahHarga Tertinggi
KingstonRp. 178.000Rp. 2.300.000
VenomRp. 100.000Rp. 250.000
V-GENRp. 150.000Rp. 7.200.000
SamsungRp. 100.000Rp. 1.350.000
PatriotRp. 600.000Rp.2.100.000
Tabel Harga RAM Terbaru

Tabel di atas menunjukkan harga terenda dengan harga tertinggi dari kelima merek memori yang terkenal. Harga tersebut termasuk harga terbaru yang diambil dari berbagai referensi seperti website dan juga toko online.

Mengetahui penjelasan tentang RAM dan juga harganya akan memudahkan kalian yang akan membeli sebuah perangkat agar membeli sesuai dengan kebutuhan kalian. Jadi, jangan malas membaca jika tidak ingin membeli sesuatu yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan komentar