Renang Gaya Bebas

4 min read

Renang Gaya Bebas

Pengertian renang gaya bebas adalah berenang dengan dada menghadap ke air. Lengan bergerak maju secara bergantian dalam gerakan mengayuh, sedangkan kaki secara bergantian “memukul” ke atas dan ke bawah. Kemudian, Saat gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Ketika lengan keluar dari air, tubuh dimiringkan dan kepala menghadap ke samping, dan bernapas. Kemudian, saat bernafas, perenang dapat memilih untuk berbelok ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan dengan metode renang lainnya, gaya bebas merupakan salah satu metode berenang yang dapat membuat tubuh bergerak lebih cepat di dalam air.

Tidak seperti gaya punggung, gaya dada, dan kupu-kupu, Federasi Renang Internasional (FINA) tidak memiliki peraturan tentang teknik yang digunakan dalam kompetisi renang gaya bebas. Perenang bisa berenang dengan cara apapun kecuali gaya dada, gaya punggung atau kupu-kupu. Meskipun sebenarnya ada teknik renang gaya bebas lainnya di beberapa artikel lainnya, perenang gaya bebas hampir umumnya menggunakan gaya merangkak depan, sehingga kickstart identik dengan gaya bebas. Ada juga beberapa gerakan dasar (keterampilan dasar) dalam gaya bebas.

Teknik Renang Gaya Bebas

teknik renang gaya bebas

Teknik Gaya bebas adalah cara berenang turunan. Gaya bebas hampir sama dengan gaya dada atau katak, dimana dada menghadap ke air, namun, perbedaannya adalah dada, tubuh selalu dalam keadaan tetap dan berikut ini Teknik gaya bebas:

  1. Tendangan. Dalam posisi meluncur, tendang dengan kaki lurus sehingga gerakan keluar dari paha, bukan dari lutut. Lakukan kaki kiri dan kanan secara bergantian. Luruskan kedua ujungnya untuk meluruskan kaki Anda. Pada ketukan ketiga, satu tangan mengayun.
  2. Lengan. Gerakkan kedua tangan ke depan secara bergantian dengan gerakan mengayuh. Tangan kiri dan kanan bergantian.
  3. Berlatih pernapasan. Ketika kaki kanan melangkah keluar dari air, efeknya akan meningkat. Saat tangan kanan Anda berada di atas permukaan air, miringkan tubuh sedikit dan putar kepala ke samping untuk bernapas.

Untuk pemula sebaiknya ditemani oleh orang dewasa atau seseorang yang bisa berenang dan pastikan untuk mandi dan membersihkan diri setelah berenang, dan melakukan pemanasan sebelum berenang untuk menghindari nyeri otot.

Sejarah Renang Gaya Bebas

Sejarah Renang Gaya Bebas

Orang telah berenang gaya bebas sejak zaman kuno, namun, didunia Barat, kompetisi gaya bebas yang diadakan pertamakali di London pada tahun 1844. Saat itu orang masih menganggap renang gaya bebas tidak elegan, karena air tumpah ke mana-mana. Namun, dalam lomba renang, banyak perenang Inggris mempertahankan gaya dada.

Selama perjalanan ke Argentina antara 1870 dan 1890, pelatih renang John Arthur Trudgen mempelajari renang gaya bebas penduduk asli Amerika Selatan. Namun di Inggris, Trudgen menggunakan gerakan menyamping seperti gunting daripada mencambuk dengan kaki lurus seperti gaya bebas yang dikenal sekarang. Kemudian, Gaya hybrid yang diperkenalkan oleh Trudgen disebut gaya drag.

Kemudian, pada tahun 1905, setelah bertemu perenang Australia Barney Kieran (yang mengunjungi Inggris pada tahun 1905), trekker Amerika Charles Daniels memutuskan untuk menguasai gaya polesan Australia yang dipelajari dari Kieran. Selanjutnya, Daniels sedikit mengubah gaya polesan Australia menjadi apa yang sekarang dikenal sebagai gaya bebas.

Baca Juga : Renang Gaya Punggung

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas

Bagaimana melakukan gaya bebas?

  1. Posisi dada dan wajah menghadap ke air.
  2. Lengan secara bergantian bergerak maju.
  3. Kaki digerakkan ke atas dan ke bawah secara bergantian.
  4. Pernapasan terjadi saat lengan dikeluarkan dari air, yaitu saat tubuh dimiringkan, kepala diputar ke samping atau ke kiri dan ke kanan.

Manfaat Renang Gaya Bebas

manfaat renang

Materi renang gaya bebas memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, yaitu, Selain digunakan untuk perlombaan, jenis renang ini juga sering digunakan oleh masyarakat umum selain gaya dada. Berikut ini beberapa manfaat renang gaya bebas:

  1. Tingkatkan tinggi badan. Manfaat pertama dari renang gaya bebas adalah dapat membantu menambah tinggi badan. Berenang gaya bebas sangat aktif karena dapat menarik tubuh maju mundur dan membantu memperbaiki tubuh. Karena itu, Bagi yang berminat membesarkan badan, gaya ini bisa digunakan saat berenang. Jadi, ingat ya, ada batasan usia untuk penambahan tinggi badan dan mungkin tidak cocok untuk Anda, tetapi mungkin cocok untuk putra / putri Anda.
  2. Membangun otot. Manfaat kedua dari gaya bebas adalah dapat secara efektif melatih otot selain kupu-kupu. Selanjutnya, Gerak gaya bebas membuat seluruh otot tubuh mulai bergerak dan melatih dari otot bahu, kaki dan perut. Oleh karena itu, orang yang sering berenang dengan gaya bebas tidak akan mudah mengalami kram otot.
  3. Latihan ketahanan. Mereka yang berenang dalam gaya bebas akan mendapatkan latihan ketahanan yang lebih banyak sehingga tidak mudah lelah dan Latihan harian serta gerakan tubuh yang dinamis akan membentuk daya tahan tubuh yang kuat. Selanjutnya, Latihan rutin ini melatih kekebalan tubuh dan membuatnya tidak mudah terserang penyakit.

Manfaat Lainnya

  1. Memperkuat pernapasan. Manfaat renang gaya bebas selanjutnya adalah dapat menggantikan melatih pernapasan dan gaya bebas membutuhkan kontrol pernapasan yang baik. Dengan bekerja keras untuk berenang seperti ini, tubuh akan terbiasa mengatur pernapasannya dengan baik sehingga menjadi kuat dan terlatih.
  2. Melatih otak. Renang gaya bebas membutuhkan gerakan yang dinamis dan sinkron serta Koordinasi antara kesesuaian atau sinkronisasi semua gerakan tubuh agar dapat bergerak dengan benar dan tepat. Hal ini tentunya membutuhkan otak sebagai pengatur gerak tubuh. Renang gaya bebas seringkali digunakan untuk melatih anak-anak penyandang disabilitas, seperti hiperaktif dan autisme.
  3. Buat pose Tubuh. Manfaat terakhir dari berenang dengan gaya bebas adalah cara membentuk postur tubuh. Postur tubuh yang ideal, seperti lurus atau langsing, adalah salah satu aspek terpenting dari penampilan dan berenang gaya bebas merupakan salah satu cara mendapatkan postur tubuh yang baik. Karena itu, Dianjurkan untuk berlatih renang sejak usia dini untuk membentuk postur tubuh sejak awal tumbuh kembang. Dengan senam renang dinamis, otot-otot seluruh tubuh terutama otot lengan, bahu, kaki, paha, betis dan perut terus diregangkan dan dapat membentuk postur tubuh yang ideal.

Pengambilan Nafas Renang Gaya Bebas

Keterampilan pernapasan untuk renang gaya bebas adalah saat kita melakukan gaya bebas, posisi wajah kita menghadap ke permukaan air, jadi saat kita bernapas, kita harus menggerakkan tangan keluar dari air, memiringkan tubuh dan memalingkan kepala ke satu sisi.

Kemudian, dengan cara bernapas ini, perenang dapat pilih sisi mana untuk bernafas, tergantung pada sisi mana perenang merasa nyaman bernapas di sisi kiri atau kanan. Saat bernafas gaya bebas, kepala melihat ke lengan untuk bernafas, hal ini dilakukan saat kepala berada di atas air, namun harus diperhatikan bahwa pernafasan harus dilakukan melalui mulut yaitu membuka mulut untuk menghirup udara. Selengkapnya Anda bisa melihat makalah renang gaya bebas untuk dapat mengetahui lebih lanjut mengenai cara berenang yang baik dan benar.

Soal Renang Gaya Bebas

Contoh soal pilihan ganda dan jawabannya

  1. Federasi Renang Dunia disebut …
    a. FINA
    b. FIFA
    c. PBVSI
    d. PBI
    e. PVBSI
  2. Bentuk gerakan kaki dalam gaya bebas adalah …
    a. Perputaran air
    b. Masuk ke air
    c. Tekan air ke atas dan ke bawah
    d. Dorong ketinggian air
    e. Kaku dan diam
  3. Tujuan memperkenalkan air dalam renang adalah …
    a. Jangan cepat lelah
    b. Jangan segera lapar
    c. Beradaptasi dengan air
    d. Tidak kaku
    e. Jangan tenggelam
  4. Gerakan maju perenang dapat diperoleh dari …
    a. Latihan mendorong air ke kanan
    b. Latihan mendorong air ke kiri
    c. Gerakan memaksa air naik
    d. Latihan mendorong air ke bawah
    e. Gerakan mendorong air ke depan
  5. Menghirup udara sambil berenang gaya bebas adalah …
    a. Air muka
    b. Putar ke samping
    c. Air muka
    d. Gratis
    e. Udara dilepaskan di air
  6. Persatuan Renang Indonesia disebut …
    a. PRI
    b. PBI
    c. PBVSI
    d. PSI
    e. PRSI
  7. Saat berenang dengan gaya bebas.
    a. Gerakan lengan bergantian
    b. mendorong
    c. Tebasan kaki
    d. Di dalam air
    e. Inversi

Sit Up

Tiyarman Gulo, S.H
4 min read

Push Up

Tiyarman Gulo, S.H
5 min read

Lari Jarak Jauh

Tiyarman Gulo, S.H
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *