Renang Gaya Punggung

4 min read

Renang Gaya Punggung

Pengertian gaya punggung adalah saat Anda renang dengan punggung menghadap ke air. Gerakan kaki dan tangan mirip dengan gaya bebas, namun tubuh telentang di atas air. Tangan bergerak ke pinggang secara bergantian dengan gerakan mengayuh. Tidak ada air di mulut dan hidung, sehingga mudah untuk menghirup atau menghembuskan nafas melalui mulut atau hidung.

Saat berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas permukaan air, sehingga perenang hanya bisa melihat ke atas tapi tidak ke depan. Dalam kompetisi, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah pukulan.

Berbeda dengan posisi awal gaya bebas, gaya dada atau gaya kupu-kupu, perenang gaya ini memulai di kolam saat memulai gaya renang. Perenang memegang pegangan besi dengan kedua tangan dan menghadap ke dinding kolam renang. Lutut ditekuk di antara kedua lengan, dan kaki bertumpu pada dinding kolam renang.

Sejarah Renang Gaya Punggung

Gaya renang punggung merupakan salah satu gaya renang yang sudah dikenal luas sejak zaman kuno. Gaya renang punggung adalah gaya renang paling awal dan gaya renang tertua setelah gaya bebas. Baru dikenal generasi modern sekitar tahun 1912. Saat itu, perlombaan renang dibagi menjadi tiga kategori dalam perlombaan nasional dan internasional, yaitu gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas. Tenaga yang digunakan pada saat itu adalah gaya dasar, atau gaya punggung dengan tangan ke atas (kedua lengan), dan gerakan kaki katak atau kaki gunting. Setelah pengenalan merangkak ke belakang, pukulan punggung lainnya tanpa merangkak ke belakang secara bertahap menghilang dari kompetisi renang.

Teknik Renang Gaya Punggung

1.teknik renang gaya punggung

Gaya punggung adalah teknik yang mirip dengan gaya bebas, tetapi dilakukan dengan tubuh diubah ke posisi terlentang. Dengan kata lain, punggung Anda menghadap ke air dan menopang berat badan Anda.

Jaga tubuh Anda lurus dan paralel, dan lihat ke atas. Karena posisi ini akan lebih sering menempatkan kepala Anda di tengah air, sebaiknya gunakan penyumbat telinga.

Lambaikan tangan Anda secara bergantian. Cobalah untuk mengulurkan tangan tak terlihat Anda. Itu juga bisa mengetahui ujung kolam itu sendiri. Bahkan jika Anda tidak dapat melihatnya, tangan Anda akan menyentuh garis tersebut terlebih dahulu.

Sedangkan untuk gerakan kaki, gaya bebas sedikit berbeda. Jika Anda harus mengayunkan kaki ke atas dan ke bawah dalam gaya bebas, Anda harus menggerakkan kaki untuk menendang air menggunakan teknik renang gaya ini.

Baca juga: Renang Gaya Kupu-Kupu

Start Renang

3.start renang gaya punggung

Teknik start dari materi renang gaya punggung ini adalah sebagai berikut:

  • Sebelum memulai, gantung posisi tangan dan kaki.
  • Tarik lengan Anda hingga mendekati dinding kolam, lalu lanjutkan tolak.
  • Saat kedua kaki menghadap ke bawah, kedua tangan diayunkan dan kepala dimiringkan.
  • Saat lengan ayun bergerak ke satu sisi untuk membuka.
  • Setelah kaki ditolak, lengan harus diluruskan.
  • Saat badan atau badan memasuki permukaan air, tekuk badan dengan cara ini.
  • Posisi tubuh atau badan tergelincir di bawah permukaan air.

Cara Melakukan Renang Gaya Punggung

Cara Melakukan Renang Gaya Punggung

Gaya punggung adalah saat Anda berenang dengan punggung menghadap ke air. Gerakan kaki dan tangan mirip dengan gaya bebas, namun tubuh telentang di atas air. Tangan bergerak ke pinggang secara bergantian dengan gerakan mengayuh. Tidak ada air di mulut dan hidung, sehingga mudah untuk menghirup atau menghembuskan nafas melalui mulut atau hidung.

Saat berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas permukaan air, sehingga perenang hanya bisa melihat ke atas tapi tidak ke depan. Dalam kompetisi, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah pukulan.

Gaya punggung adalah yang paling unik dari semua pukulan. Karena pada gaya punggung, bukan bagian depan tubuh yang menempel pada air, melainkan bagian tubuh belakang.

Gaya punggung adalah kebalikan dari gaya bebas. Dilakukan dengan mengayunkan lengan ke belakang dan menendang kaki ke arah air. Metode renang ini lebih sulit daripada gaya bebas dan gaya dada.

Teknik dasar gaya ini adalah prinsip mekanis gaya punggung. Teknik renang gaya punggung dasar dibagi menjadi beberapa kategori. Beberapa keterampilan dasar yang harus diperhatikan:

  1. Posisi Tubuh. Dalam gaya ini, kecuali kepala atau wajah diletakkan di atas permukaan air, posisi tubuh berbaring telentang di bawah permukaan air. Biasanya kepala berada di atas bidang horizontal, di atas telinga, sehingga wajah selalu berada di atas bidang horizontal. Posisi punggung hampir rata, dan posisi kaki sedikit lebih rendah dari kepala dan bahu, serta tampak ke atas.
  2. Gerakan kaki. Dalam gaya punggung mirip dengan gerakan katrol. Gerakan kaki adalah gerakan naik turun kaki yang bergantian, dimulai dari pinggul atau bokong yang diikuti dengan gerakan dan relaksasi lutut dan pergelangan kaki.
  3. Tangan. Pada renang gaya punggung mirip dengan gerakan katrol secara bertahap, termasuk gerakan menarik, mendorong, dan mundur.

Tambahan Gerakan Dasar

  1. Tarik napas. Padahal, menghirup gaya punggung tidak sulit karena mulut dan hidung selalu berada di atas air. Gangguan yang terjadi biasanya adalah percikan air, terutama saat air masuk ke hidung. Percikan terjadi terutama karena gerakan lengan. Untuk menghindari gangguan ini, cobalah untuk tidak bernapas saat tangan Anda dekat dengan hidung. Untuk gaya punggung, saat kedua lengan berada di air, yaitu kedua lengan dalam posisi horizontal, satu tangan masuk dan lengan lainnya keluar, bernapas melalui mulut dan hidung.
  2. Koordinasi motor. Untuk mendapatkan energi yang maksimal, Anda perlu menjaga keseimbangan di seluruh tubuh Anda. Ini membuat gerakan antara lengan dan kaki terkoordinasi dan tepat. Untuk perenang ulung biasanya digunakan 6 (enam) pukulan, yaitu setiap gerakan lengan harus dilakukan 3 kali, dan gerakan lengan penuh harus dilakukan 6 kali (gerakan tangan kanan dan tangan kiri). Gaya renang di atas disebut gaya punggung karena sangat mirip dengan gaya katrol. Tidak ada masalah dengan pernapasan, selama posisi tubuh tetap rata dan gerakan antara lengan dan kaki terkoordinasi dan tepat.

Cara melatih postur geser dalam gaya ini sebagai berikut:

  • Tangan memegang dinding samping kolam renang
  • Dengan menopang kuat dinding kolam renang, kedua kaki menekuk ke atas.
  • Kedua lutut terletak di antara lengan.
  • Setelah melepaskan genggaman, luruskan kembali kepala ke belakang yaitu mendorong kaki dengan keras untuk mendorong tubuh ke belakang.
  • Jaga wajah Anda di atas air dan letakkan lengan Anda di sisi tubuh atau di tubuh Anda.
  • Ulangi cara ini sampai Anda dapat meluncur dalam postur yang benar.

Nomor Renang yang Diperlombakan

Nomor lomba renang diatur menurut jenis kelamin, gaya renang dan jarak yang ditempuh. Untuk gaya yang dilombakan, ada 4 gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Untuk nomor pria dan wanita dalam perlombaan renang olimpiade adalah:

  • Renang gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (wanita) dan 1500 m (pria).
  • Punggung: 100 m dan 200 m.
  • Kupu-kupu: 100 m dan 200 m.
  • Gaya Dada: 100 m dan 200 m.
  • Pergantian gaya individu: 200 m dan 400 m.
  • Relai perubahan gaya: 4 x 100 m.
  • Estafet gaya bebas: 4 x 100 m dan 4 x 200 m.
  • Renang maraton: 10 kilometer.

Mengenai jumlah pertandingan renang putra dan putri yang diakui oleh Federasi Renang Internasional dalam perlombaan dunia, yaitu:

  • Renang gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m
  • Punggung: 50 m, 100 m, 200 m.
  • Gaya Dada: 50 m, 100 m, 200 m.
  • kupu-kupu: 50 m, 100 m, 200 m.
  • Variabel gaya individu: 100 m (hanya jarak pendek), 200 m, 400 m.
  • Relai perubahan gaya: 4 × 100 m.
  • Estafet gaya bebas: 4 × 100 m dan 4 × 200 m.

Info selengkapnya mengenai renang gaya punggung bisa Anda baca di makalah renang yang sudah banyak di internet.

Sit Up

Tiyarman Gulo, S.H
4 min read

Push Up

Tiyarman Gulo, S.H
5 min read

Lari Jarak Jauh

Tiyarman Gulo, S.H
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *