Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Seni Budaya

3 min read

Seni Budaya

Seni Budaya – Sejak zaman dahulu kala memang seni dan budaya sudah bersatu dengan masyarakat. Kehidupan seorang manusia memang sehari-hari harus mempunyai jiwa seni dan budaya agar hidupnya tidak membosankan. Maka dari itu, tentu kita sudah sering melihat aktivitas seperti menari, melukis, bermain gitar dan juga menjahit yang merupakan salah satu seni dan budaya di suatu daerah.

Pengertian seni budaya bisa disimpulkan dari berbagai pendapat, mulai dari pendapat para ahli secara umumnya. Sehingga mempunyai sumber yang jelas dan info yang didapatkan tidak simpang siur mengenai pengertiannya.

Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Menurut para ahli di bidang seni dan budaya, seni adalah bentuk pelampiasan, penampilan, dan pengungkapan yang tidak menyimpang dari kenyataan. Sehingga tidak heran jika suatu seni dapat terlihat bagus apabila seorang seniman tersebut sedang mempunyai mood yang bagus.

Istilah seni juga dapat disebut dengan keindahan yang bisa menggerakan suasana, perasaan, dan hati seseorang yang melihat, mendengar, dan menghayatinya. Berikut adalah pengertian seni budaya menurut para ahli:

  1. Sudarmiji menjelaskan bahwa seni sebagai manifestasi batin yang disatukan dengan pengalaman estetis pada media tertentu.
  2. Andreas Eppink menjelaskan pendapatnya bahwa budaya adalah pernyataan artistik serta intelektual agar dapat mempunyai ciri khas di masyarakat.
  3. Hillary Bel memiliki pendapat bahwa seni adalah istilah yang dipakai terhadap semua karya yang dapat menggerakan perasaan serta hati orang yang melihat maupun mendengannya. Seni juga bisa menunjukan siapa pencipta dari seni tersebut.
  4. C. Kliucckhohn juga berpendapat bahwa budaya merupakan sistem peralatan dan teknologi, mata pencarian, pengetahuan, kesenian, bahasa, upacara keagamaan, religi, dan organisasi masyarakat.
  5. Ida Bagus Putu Perwira mempunyai pendapat yaitu seni budaya adalah penunjang sarana sebuah upacara adat.
  6. M. Thoyibi mengatakan bahwa seni adalah perwujudan rasa seni yang udah membudaya, dimana termasuk pada aspek kebudayaan tersebut, serta dapat dirasakan oleh banyak orang pada kurun waktu yang lama semasa perjalanan sejarah peradaban manusia.
  7. Edward Burnett Tylor mempunyai pendapat bahwa budaya yaitu keseluruhan pada sebuah kompels dimana didalamnya mengandung banyak sekali aspek mengenai masyarakat.
  8. Harry Sulastianto memiliki pendapat jika seni budaya sebagai suatu keahlian yang digunakan untuk mengeluarkan ide dan pemikiran yang indah sehingga dapat menciptakan peradaban yang lebih maju daripada sebelumnya.

Pengertian Seni Budaya Secara Umum

Pengertian secara umum dari seni dan budaya yaitu seni diartikan pada segala hal yang dibuat oleh manusia dan mempunyai unsur keindahan. Sedangkan budaya diartikan sebagai cara hidup yang berkembang bersama dengan orang-orang yang satu wiliyah dan turun temurun.

Seni bisa meningkatkan perasaan orang lain yang awalnya tidak mood menjadi lebih mood. Istilah seni berasal dari kata sani yang merupakan bahasa Sanskerta dimana mempunyai arti persembahan, pemujaan, dan pelayanan yang mempunyai hubungan terhadap upacara keagamaan.

Budaya terbentuk dari bermacam-macam unsul yang sulit, seperti berbagai aspek yang berhubungan dengan masyarakat. Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Buddhayah yang merupakan hal-hal berkaitan dengan akal budi luhur manusia.

Sehingga apabila seni dan budaya disatukan maka pengertian seni budaya adalah segala sesuatu yang tercipta oleh tangan manusia mengenai cara hidup yang berkembang dari masa lampau hingga masa sekarang secara turun-temurun pada suatu kelompok, dimana terdapat unsur keindahan dari generasi ke generasi.

Fungsi Seni Budaya

Setelah Anda paham apa itu pengertian seni budaya maka harus mengetahui juga apa fungsi dalam kehidupan. Sehingga orang dapat mengapresiasi hasilnya dengan cara baik dan benar. Fungsinya terbagi menjadi dua yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis.

Fungsi estetis yaitu fungsi karya seni dimana berkaitan terhadap pemenuhan kebutuhan manusia dalam segi hiasan. Seperti contohnya patung, arca, lukisan, dan lain sebagainya. Terkadang suatu karya juga dipakai terhadap beberapa ritual keagamaan disuatu daerah.

Fungsi praktis yaitu fungsi karya seni dimana berkaitan terhadap pemenuhan kebutuhan manusia dalam segi yang fungsional. Contohnya seperti meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya. Selain enak dilihat, karya seni budaya juga memiliki tingkat keergonomisan bagi kehidupan masyarakat sehingga dapat berguna oleh banyak orang.

Contoh Seni Budaya

Seni budaya dari generasi ke generasi tiap tahunnya mengalami perubahan sehingga tidak habis-habis perkembangannya. Karena memiliki banyak sekali contoh yang sering kita lihat pada kehidupan sehari-hari, berikut adalah contoh seni serta budayanya:

  1. Seni musik adalah cabang seni yang berfokus pada penggunaan suara, melodi, irama, harmoni, instrumen, dan tempo. Seni musik menjadi salah satu contoh seni budaya yang tidak akan lepas dari kehidupan sehari-hari. Seni musik biasanya digunakan sebagai sarana menuangkan ide dan perasaan penciptanya yang dapat bertambah bahkan berganti seiring waktu berjalan. Seni musik terbagi menjadi seni musik klasik, tradisional, dan populer.
  2. Seni rupa terbagi menjadi dua yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni. Seni rupa terapan biasanya dicontohkan pada bagian fungsi dari seni rupa murni. Sedangkan seni rupa murni dicontohkan pada lukisan, film, fotografi, patung, dan lain sebagainya. Pengertian seni rupa yaitu contoh seni yang diciptakan pada media yang dapat dilihat dan dirasakan dengan diraba. Penciptaan karya seni rupa berasal dari mengolah pada konsep bidang, garis, titik, warna, volume dan lain sebagainya yang menyangkut acuan estetika.
  3. Seni tari adalah salah satu seni budaya yang masih berkembang di masyarakat hingga saat ini. Tentu kita sudah pasti pernah melihat pementasan seni tari dan bahkan pernah mencoba memperagakannya. Seni tari dilakukan untuk mengekspresikan gerak yang mempunyai tujuan terhadap berbagai kebutuhan. Dari zaman dulu hingga sekarang, seni tari mempunyai banyak variasi, mulai dari tari tradisional hingga tari modern.
  4. Seni teater yaitu seni pertunjukan diatas panggung yang menampilkan gerak manusia lengkap dengan dialog serta akting pemainnya. Seni teater sering dijumpai di masyarakat umum, karena hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia mempunyai seni teater yang berbeda-beda.
  5. Seni kriya yaitu seni yang dibuat menggunakan tangan dengan memperhatikan berbagai aspek fungsional dan seninya. Seni kriya identik dengan seni kerajinan tangan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Contoh seni kriya adalah batik, batu, kayu, gerabah, kulit, kuningan, dan lainnya.

Seni Budaya

Dalam menghayati sebuah karya seni, tentu tiap orang memiliki ketertarikan khusus terhadap suatu seni. Karena tidak semua orang menyukai seni kriya, bisa saja orang tersebut lebih memilih untuk menyukai seni tari karena mempunyai hobi menari. Jadi tidak dapat disamakan antara seni yang ada di kehidupan sehari-hari ini. Begitupula dengan budaya, karena tiap orang mempunyai budaya yang berbeda-beda. Jadi kita harus saling menghormati walau mempunyai budaya yang berbeda.

Itulah penjelasan lengkap mengenai seni budaya mulai dari pengertian, fungsi, dan contohnya yang harus dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang di kehidupan yang sudah modern saat ini, khususnya yang asli dari Indonesia.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *