Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Seni Musik

3 min read

Seni Musik

Penjelasan lengkap mengenai seni musik mulai dari pengertian, sejarah, unsur-unsur, fungsi, dan contoh terbarunya yang ada di Indonesia. Setiap orang di tahun ini tentu akan mendengar berbagai musik yang beraneka macam. Biasanya musik saat ini sering di setel pada handphone, khususnya bagi mereka yang senang mendengarkan musik dari youtube. Musik di era sekarang juga sudah ada banyak sekali genre yang bermunculan. Sehingga tidak heran jika musik banyak dimainkan oleh pada seniman maupun orang biasa yang berhasil membuat instrumen dan nyanyian yang bagus. Karena seni musik dapat membuat siapa saja yang mendengarnya akan merasa lebih enjoy dalam beraktivitas sehari-hari.

Pengertian Seni Musik

Pengertian dari seni musik adalah suatu arti ciptaan yang dibuat dengan sebuah media atau alat yang menghasilkan suatu keindahan suara. Seni musik yang berasa dari bahasa Yunani memiliki arti bahwa “seni” adalah suatu karya ciptaan yang dituangkan oleh perasaan manusia kedalam suatu media atau alat, lalu untuk “musik” adalah lambar dewa keindahan yang memiliki kekuasaan atas bidan kesenian dan keilmuan.

Lalu menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, seni musik adalah ilmu yang melakukan penyusunan pada suara nada kedalam sebuah urutan yang berkombinasi sehingga menghasilkan suatu komposisi yang baik dan berkesinambungan.

Namun istilah seni musik juga ada yang menyebutkan bahwa sebagai cabang seni dimana hanya berfokus pada melogi, irama, tempo, dan vokal yang mempunyai peran untuk dapat melampiaskan suatu perasaan seorang seniman. Sehingga banyak sekali para ahli yang mempunyai argumennya sendiri-sendiri.

Sejarah Seni Musik

Seni musik merupakan suatu sejarah perkembangan seni yang sudah ada sejak masa lampau. Setiap beberapa tahun kesenian musik mengalami perkembangan mulai dari munculnya genre baru dan juga berbagai alat musik baru hasil modifikasi yang muncul saat ini. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai perkembangannya.

Musik sudah dikenal sejak zaman prasejarah dimana pada kala itu manusia ras Homo Sapiens hidup pada 180.000 tahun yang lalu. Pada zaman itu dihasilkan berbagai alat musik yang saat ini ditemukan seperti flute yang menggunakan bahan dasar tulang dari berbagai hewan. Flute yang ditemukan juga diperkirakan sudah berumur kurang lebih 40.000 tahun. Seperti contohnya di negara China yang banyak sekali ditemukannya alat musik pada zaman dahulu yang diperkirakan telah ada sejak 7000 tahun sebelum masehi. Selain itu juga adanya prasasti yang bertuliskan lagu Hurrian menjadi bukti bahwa musik telah ada sejak zaman dahulu kala dan pernah ada nada dan liriknya. Sehingga tidak heran jika seni musik sekarang berkembang pesat karena banyaknya alat musik yang di modifikasi dan berbagai genre lagu yang baru bermunculan. Sehingga dapat membuat siapa saja bebas berekspresi melalui kesenian musik.

Unsur-Unsur Seni Musik

Musik memiliki berbagai unsur-unsur yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Berikut adalah beberapa unsur yang harus ada di seni musik untuk dapat membuat suatu karya yang indah.

1. Irama

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, irama biasa dikenal dengan ritme dimana merupakan tinggi dan rendahnya sebuah nada pada suatu musik.

2. Melodi

Melodi merupakan susunan dari berbagai macam bunyi yang memiliki urutan mulai dari yang rendah ke tinggi ataupun sebaliknya.

3. Birama

Birama adalah unsur ketukan dalam seni musik dimana menggunakan tempo yang teratur. Biasanya ketukan pada birmana suatu musik ditulis dengan 2/3, 2/4, 3/4 ketukan lainnya.

4. Harmoni

Harmoni yaitu suatu perpaduan antara melodi dan nada musik yang mempunyai keteraturan pada suatu musik sehingga akan enak di dengar.

5. Tempo

Tempo yaitu ukuran kecepatan birama dalam lagu. Semakin cepat lagu yang dibawakan juga akan semakin cepat lagu dimainkan tempo.

6. Tangga Nada

Tangga nada adalah suatu nada yang disusun bertingkat mulai dari nada yang rendah hingga nada yang tinggi

7. Dinamika

Dinamika ialah tanda yang untuk memainkan nada dimana berkaitan pada volume, sehingga musik dapat mengeluarkan suara yang keras, nyaring, dan merdu saat didengarkan.

8. TImbre

Timbre biasa disebut dengan warna suatu bunyi yang memiliki kualitas dari bunyi seni musik. Timbre ini dapat berpengaruh untuk setiap alat musik yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Fungsi Seni Musik

Seni musik memiliki banyak fungsi dimana diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Sarana Mengekspresikan Diri

Musik dapat dijadikan sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, sehingga suatu seniman dapat dilihat dari kualitas musik yang dibuatnya. Itulah yang menjadi pembeda atau ciri khas dari pembuat musik antara satu dengan yang lainnya. Dimana setiap musik terkadang memiliki nada-nada yang mewakili perasaan si seniman tersebut.

2. Sebagai Sarana Terapi

Biasanya musik dapat membuat enjoy setiap orang yang mendengarnya, sehingga ada juga beberapa lagu yang dibuat untuk suatu kejadian khusus seperti lagu kemerdekaan dimana banyak korban dan pahlawan yang gugur. Tujuan dibuatnya lagu dengan musik yang penuh semangat itu menunjukan bahwa fungsi musik dapat menjadi sarana terapi dan sekaligus penyemangat hidup.

3. Sebagai Hiburan

Musik juga dapat menjadi sarana hiburan dimana ada kalanya kita kehilangan mood dalam beraktivitas, sehingga setelah mendengarkan lagu dapat mengembalikan mood yang hilang.

4. Sebagai Upacara Hari Besar

Ada berbagai upacara hari besar di Indonesia seperti contohnya saat hari kemerdekaan, hari sumpah pemuda, dan hari lainnya dimana menggunakan musik sebagai latar acaranya.

5. Sebagai Sarana Tari

Seni tari tentu akan lebih lengkap saat dilihat jika sambil dimainkan suatu musik yang mengiringi tarian tersebut. Di Indonesia ada banyak sekali kesenian tari yang menggunakan musik sebagai acuan dalam tariannya dimana melambangkan ciri khasnya sendiri-sendiri tiap daerah. Sehingga membuat siapa saja yang melihat tarian yang di iringi dengan musik dapat memikat para penonton untuk dapat menari bersama.

6. Sebagai Sarana Komersial

Musik tidak hanya suatu hiburan semata, karena di Indonesia maupun di luar negeri sana banyak sekali para seniman yang ketergantungan hidup dari karya musik yang di hasilkannya. Dimana karya tersebut dijual dalam bentuk rekaman, konser, hingga membuat video di youtube untuk mendapatkan uang dari karyanya.

Contoh Seni Musik

Di Indonesia ada banyak sekali seni musik yang bisa ditemukan pada setiap daerah, khususnya di pulau jawa sendiri ada genre musik klasik seperti dangdut. Biasanya genre musik tersebut sering dipakai untuk suatu acara-acara agar dapat terlihat semakin meriah. Ada juga musik yang bergenre pop dimana dibuat menggunakan lirik lagu yang romantis. Tidak hanya itu saja, diluar negeri bahkan ada berbagai seni musik seperti yang memiliki genre hip hop, funk, reggae, jazz, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai seni musik dimana banyak sekali jenis dan ciri-cirinya dari setiap genre yang ada. Karena setiap alat musik memiliki ciri khas tersendiri dimana dapat membuat suara unik yang dapat dijadikan suatu musik. Maka dari itu, alat musik seperti gitar, seruling, drum, dan lain sebagainya saat ini telah berkembang menjadi lebih modern dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *