Teks Inspiratif

Inilah penjelasan singkat mengenai teks inspiratif mulai dari pengertian, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, struktur, dan contoh terbaru yang baik dan benar. Inspirasi merupakan suatu proses belajar yang menghasilkan sebuah ide kreatif dan cerita inspiratif biasanya terlahir dari seseorang yang selalu berlaku bijaksana. Teks inspiratif juga harus disusun dengan cara yang benar, agar menarik untuk dibaca dan pesan yang disampaikan lewat teks, bisa tersampaikan dengan baik.

Pengertian Teks Inspiratif

Pengertian teks Inspiratif merupakan sebuah teks yang dipakai untuk menghasilkan sebuah ide atau gagasan yang bisa membuat semangat bertambah demi wujudkan keinginan. Dengan teks ispiratif maka pembaca akan memiliki wawasan luas, memiliki motivasi, semangat dalam capai keinginan dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Berbagai tantangan yang menghadang haruslah diatasi dengan positif, sehingga aur yang timbul selalu baik. Teks inspiratif memiliki aturan penulisan yang jelas dan memiliki kaidah kebahasaan yang harus diikuti. Dengan menyusun teks inspiratif dengan baik, maka penyampaian isi teks menjadi lebih tepat dan teks bisa diterima oleh para pembaca.

Ciri Ciri Teks Inspiratif

  • Punya Struktur Teks
  • Punya Tema yang dikembangkan menjadi kisah yang menarik merupakan ciri-ciri teks inspiratif
  • Punya alur cerita
  • Punya pesan dalam ceritanya
  • Sifatnya naratif
  • Karakter bisa berasal dari kehidupan nyata atau fiksi
  • Kebenarannya dapat dibuktikan merupakan ciri-ciri teks inspiratif
  • Dayanya akurat

Teks Inspiratif

Struktur Teks Inspiratif

  1. Orientasi

Bagian orientasi adalah tahapan yang memberikan pengenalan mengenai suatu tokoh dengn berbagai latar belakangnya dan bagian ini haruslah disusun dengan baik, agar pembaca bisa memahami tokoh yang ada dalam cerita. Demham orientasi yang baik, maka pembaca akan senang melihat atau membaca semua isi teks inspiratif.

  1. Rangkaian Peristiwa

Bagian rangkaian peristiwa adalah tahapan yang berisikan cerita yang dimulai dari awal munculnya sebuah permasalahan hingga mencapai puncak permasalahan. Pada bagian rangkaian cerita, penulis akan membuka berbagai konflik yang muncul dalam cerita dan berbagai latar suasana akan disajikan dengan efektif untuk menarik minat

  1. Komplikasi

Bagian komplikasi adalah bagian yang menuliskan tahapan peristiwa yang berkembang menjadi sebuah masalah yang besar dan pada bagian komplikasi, berbagai permasalahan dimunculkan secara bertubi-tubi. Masalah akan masuk dengan silih berganti dan membuat suasana cerita menjadi lebih kompleks, sehingga seringkali ada unsur menegangkan.

  1. Resolusi

Bagian resolusi adalah bagian yang menceritakan berbagai cara menyelesaikan masalah dan berbagai permasalahan yang muncul dalam komplikasi, akan diberikan solusinya di bagian resolusi. Masalah yang ada dalam komplikasi, mulai dipecahkan dengan jalan keluar yang variatif. Pada bagian resolusi, pembaca bisa mengambil ilmu mengenai berbagai cara pemecahan masalah.

  1. Koda

Koda merupakan bagian paling akhir dalam suatu cerita inspiratif atau teks inspiratif dan pada tahap ini biasanya dimunculkan sebuah kesimpulan yang memiliki pesan moral untuk para pembaca. Dengan melihat koda, maka pembaca bisa mengambil pelajaran dengan berbagai kesimpulan yang dilakukan penulis dan kesimpulan yang baik, akan membuat pembaca senang dengan struktur teks inspiratif yang disajikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Inspiratif

  1. Kata Keterangan

Dalam sebuah teks inspiratif pasti mengandung banyak kata keterangan untuk menjelaskan kegiatan yang dilangsungkan. Kata keterangan yang banyak muncul seperti keterangan cara, waktu, tujuan dan tempat. Contoh kata keterangan yang biasanya ditemukan dalam teks inspiratif seperti dengan, di, pada, untuk, agar, kemarin, dari, secara dan lain-lain.

  1. Kata Hubung

Teks ispiratif memang tidak bisa dilepaskan dari penggunaan kata hubung. Kata dengan kata dan kalimat dengan kalimat akan dihubungkan dengan kata hubung. Dengan pemakaian kata hubung, maka sebuah teks inspiratif menjadi sangat menarik untuk dibaca. Contoh kata hubung yang sering ditemukan seperti dan, lagi pula dan serta.

  1. Kalimat Majemuk

Kalimat majemuk adalah sebuah cara penyusunan kalimat yang terdiri dari kalimat majemuk sementara dengan kalimat majemuk bertingkat. Dengan kalimat majemuk, maka sebuah teks inspiratif menjadi lebih bagus dan menarik untuk dibaca. Contoh kalimat majemuk yang dipakai seperti akan tetapi, dia terjatuh di sawah serta mainan dagangannya berantakan dan lain-lain.

  1. Kalimat Fakta

Dalam sebuah teks inspiratif haruslah menggunakan kalimat fakta, bukan kalimat hasil imajinasi penulis dan dengan kalimat fakta yang disajikan, maka teks ini menjadi sangat berharga. Pembaca sangatlah menyukai teks inspiratif, karena pembaca tidak akan tertipu dengan ceritanya dan ceritanya didasarkan dari sesuatu yang benar terjadi.

Contoh Teks Inspiratif

  1. Judul : Youtuber Peduli Ojol

Majelis Lucu Indonesia adalah salah satu channel youtube yang kontennya bergenre hiburan dan semua anggotanya berasal dari stand up comedy. Salah satu konten MLI yang paling populer adalah Debat Kusir yang dimainkan oleh coky pardede dengan Tretan Muslim. Tak hanya itu, masih banyak konten lain yang slalu disajikan MLI dan popularitas dari MLI adalah kontennya yang keras.

Konten debat kusir memang menyajikan komentar pedas yang disajikan dengan kualitas video keren dan kebanyakan topik perdebatan adalah hal yang hangat dibicarakan. Youtuber Atta Halilintar menjadi salah satu youtuber yang sering dibahas atau di rousting, namun Atta tidak pernah membalas roustingan MLI dan terkesan membiarkannya.

Dalam suatu hari, Coky dan Muslim membuat sebuah video tentang masak daging babi. Konten tersebut ditayangkan di channel youtube Tretan Muslim dan video tersebut disajikan dengan sangat menyenangkan, karena banyak tawa didalamnya. Namun video memasak daging babi viral dan dianggap sebagai video yang melecehkan antar agama.

Pembuatan daging babi yang disatukan dengan kurma menjadikan banyak pertentangan di masyarakat, khususnya dikalangan ulama dan video tersebut membuat Coky dengan Muslim pamit dari MLI, namun pamitnya hanya beberapa bulan saja. Setelah kejadian viralnya video mereka, maka MLI lebih dikenal masyarakat dan kini menjadi salah satu channel komedi terbaik di Indonesia.

Dengan berbagai kontennya yang kontroversi, MLI malah melakukan hal baik di masa merebaknya musibah corona di Indonesia. MLI memberikan bantuan pangan kepada beberapa ojek online dan langkah ini menuai banyak pujian dari netizen. Banyak yang tidak menyangka dengan kebaikan hati keluarga besar Majelis Lucu Indonesia.

Kini konten debat kusir sudah tidak ada dan diganti dengan konten pengen siaran. Kolong meja juga menjadi konten yang banyak disukai masyarakat, karena konten yang diperankan oleh Rispo dan Rigen selalu menghadirkan tawa yang lepas. Salah satu konten yang sedkit serius di MLI adalah podcast awal minggu yang diperankan oleh Adriano Qolbi.

Semua anggota MLI yang terkesan tidak serius dalam menanggapi permasalahan dan selalu melihat sesuatu dari sisi komedi, ternyata memiliki sisi kemanuasian yang tinggi. Kegiatan sosial MLi mungkin saja terjadi secara rutin, karena kini perkembangan MLI semakin melesat dan semua anggotanya semakin makmur, karena sudah memiliki strata hidup yang lebih baik.

Demikian ulasan lengkap mengenai teks inspiratif dan semoga semua pembahasannya memberikan manfaat untuk para pembacanya.