Tips Anak Belajar di Rumah

5 Tips Agar Anak Tak Gampang Bosan Selama Belajar di Rumah

Dalam beberapa hari terakhir, siswa telah belajar di rumah atau belajar di rumah karena Corona.

Beberapa mungkin sudah bosan karena mereka tidak bertemu dengan teman dan guru. Tidak diragukan lagi, banyak anak lebih suka sekolah di kelas dibandingkan dengan belajar mandiri di rumah dengan aplikasi.

Jadi, jangan sampai bosan, orangtua harus kreatif agar anak tidak mudah bosan. Maklum saja, belajar di rumah bukan tanpa tantangan. Belajar di rumah tidak mudah, juga untuk orang tua. Informasi terkait tentang IUP UGM kamu bisa dapatkan di halaman https://iup-ugm.com.

Dengan kondisi yang lebih fleksibel karena tidak ada guru di sekolah untuk diawasi, anak-anak dapat menjadi malas untuk melakukan pekerjaan mereka. Sekarang, untuk membuat anak-anak bersemangat belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah, berikut adalah 5 tips yang dapat diterapkan:

Tetap bangun di pagi hari

Bahkan jika Anda belajar di rumah, lakukan kegiatan seperti biasa, seperti ketika anak-anak usia sekolah – yaitu, memastikan anak-anak pergi tidur lebih awal, makan sarapan tepat waktu, berpakaian dengan baik, dan punya waktu untuk beristirahat di siang hari. Rutinitas semacam ini hanya akan menggairahkan anak-anak karena bahkan di rumah mereka harus sadar bahwa mereka tidak sedang berlibur. Berbeda halnya, jika anak dibiarkan sendirian, ia cenderung malas. Belajar di rumah bukan berarti liburan. Jelaskan sedetail mungkin mengapa kebijakan belajar di rumah ini dilaksanakan pada saat yang sama sebagai sarana pendidikan untuk risiko Corona.

Ciptakan ruang belajar yang kondusif

Menyediakan ruang khusus yang kondusif untuk sirkulasi udara yang baik adalah penting untuk menjaga anak tetap fokus saat mereka belajar di rumah atau tidak mudah terganggu sehingga pembelajaran menjadi maksimal. Sekarang, ketika anak-anak mulai menunjukkan kebosanan dan tanda-tanda yang tidak fokus, undang mereka untuk beristirahat sejenak dan tanyakan bagaimana mereka belajar. Plus, tidak ada yang salah dengan memperkenalkan berbagai makanan ringan sehat ke favorit anak Anda agar mereka tetap ingin belajar.

Buat jadwal seperti jam sekolah

Membuat jadwal seperti jam sekolah akan membuat anak Anda menyadari bahwa belajar di rumah bukan berarti liburan, jadi itu bisa malas. Jadwal penting untuk tanggung jawab anak-anak. Ketika anak-anak belajar, beristirahat, makan, dan ketika mereka selesai, penting juga untuk melatih kemandirian anak. Karena mereka tidak diperbolehkan meninggalkan rumah, tentunya orang tua harus kreatif untuk membuat mereka betah. Bagi kamu yang ingin melakukan Bimbel IUP UGM, bisa ke halaman yang kami rekomendasikan.

Permainan

Menyiapkan permainan (bukan bermain game online) dapat membuat anak-anak aktif dan kreatif, terutama pada anak usia dini. Game edukasi dapat mengasah keterampilan kognitif, seperti menebak warna, nama binatang, nama ibu kota, dll.

Promosikan pekerjaan guru

Meskipun mereka belajar di rumah, beberapa guru memberikan pekerjaan rumah bagi siswa. Peran orang tua di sini adalah check-in untuk memastikan dan mendorong anak-anak untuk melakukan pekerjaan mereka. Jika tidak ada tugas khusus, itu juga merupakan ide yang baik bagi orang tua untuk menjadi guru kelas untuk sementara waktu dengan meminta mereka membaca buku di halaman tertentu.

Tinggalkan komentar