Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Zaman Prasejarah

2 min read

Dalam beberapa saat yang lalu, kehidupan manusia pastilah telah ada. Orang di zaman prasejarah saat dulu pasti tidak sama di zaman saat ini maupun zaman lainnya. Ditambah lagi di negara ini adalah negara dengan budaya serta adat yang lain-lain, pastilah hal – hal itu mempunyai asal dari kehidupan manusia di waktu dulu. Riwayat menunjukkan banyak hal di Indonesia ini, banyak kehidupan serta bukti yang berlangsung di waktu dulu yang perlu untuk diketahui oleh saat ini. Riwayat Indonesia banyak macamnya, tetapi sebagai konsentrasi kesempatan ini adalah riwayat tentang zaman sebelumnya ada kehidupan kekinian atau kerajaan, yaitu jaman prasejarah atau orang mengatakan zaman praaksara. Pada jaman ini beberapa hal – hal menarik yang penting diektahui oleh orang di waktu sekarang.

Alat Komunikasi Zaman Prasejarah

Alat komunikasi pada jaman prasejarah terdapat berbagai macam alat yang biasa digunakan, antara lain sebagai berikut:

  1. Prasasti
    Biasa disebut dengan Piagam atau dokumen yang ditulis di sebuah bahan yang sangat keras dan tahan lama seperti contohnya bebatuan. Prasasti sering sering dikaitkan terhadap batu nisan yang biasa digunakan sebagai peletakkan batu pertama atau peresmian pada proyek pembangunan.
  2. Asap
    Sinyal asap digunakan untuk dapat saling mengirim berita, menandai adanya bahaya, dan menandai sedang keadaan darurat untuk dapat mengumpulkan orang banyak pada satu tempat. Alat komunikasi ini dapat digunakan dalam mengirim pesan rahasia untuk teman ataupun lawan.
  3. Terompet Dari Tanduk Binatang
    Trompet dari tanduk binatang biasa digunakan untuk menandai akhirnya kegiatan kegiatan tertentu, juga digunakan pada perang untuk menandai perintah atau pergerakan pasukan.
  4. Terompet Keong
    Trompet keong dijadikan sebagai tempat Perkumpulan atau terjadinya peristiwa agar dapat mengumpulkan masyarakat ke satu tempat. Hingga saat ini trompet keong masih digunakan dalam acara adat di beberapa daerah tertentu disekitar pesisir pantai.
  5. Daun Lontar
    Berfungsi untuk menyampaikan pesan seperti halnya menggunakan kertas pada masa kerajaan-kerajaan.
  6. Huruf Hieroglif
    Yaitu bahasa simbol yang digunakan di jaman Mesir pada abad 2900 sebelum Masehi.
  7. Serat Papyrus
    Digunakan pada abad 500 sebelum Masehi di daerah sungai Nil yaitu untuk menyampaikan informasi yang dibuat dari serat pohon papirus.
  8. Piktografi
  9. Merupakan simbol simbol yang disusun dan bisa menjadi kata atau kalimat atau bahasa yang bermakna tertentu yang digunakan pada abad 3000 sebelum Masehi di Sumeria.
  10. Pictorial
    Yaitu simbol visual berupa gambar binatang sebagai alat bantu komunikasi di zaman Paleolitikum.

Seni Rupa Zaman Prasejarah

  1. Kapak Genggam
  2. Gerabah
  3. Lukisan Dinding
  4. Bangunan Megalitikum seperti menhir, sarkofagus, dan dolmen.

Zaman Prasejarah Di Indonesia

Zaman prasejarah di Indonesia di tandai dengan ditemukannya beberapa alat dari bebatuan seperti kapak yang ditemukan di beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Peninggalan Zaman Prasejarah

Peninggalan di zaman ini bermacam-macam, seperti goa bekas tempat tinggal, jejak kaki di bebatuan, lukisan di dinding goa, alat pertanian seperti kapak, adat istiadat seperti sarkofagus, dan beberapa kerajinan gerabah.

Pembagian Zaman Prasejarah

Zaman praaksara terbagi menjadi 4 zaman, yaitu arkezoikum, paleozoikum, mesozoikum, dan neozoikum.

  1. Arkeozoikum adalah masa kehidupan purba, jadi merupakan awal mula pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian terus mengalami perkembangan menjadi protokontinen. Zaman arkeozoikum telah ada sekitar 545 – 450 juta tahun yang lalu, sehingga merupakan zaman paling tua saat berkembangnya kehidupan di bumi. Pada zaman arkeozoikum karena masih awal mula pembentukan batuan kerak bumi sehingga keadaan bumi belum stabil pada saat itu, contohnya bumi mempunyai suhu yang sangat panas dan belum adanya kehidupan. Setelah berakhirnya zaman arkeozoikum dengan ditandai dari penurunan suhu bumi, lalu munculah suatu kehidupan baru.
  2. Paleozoikum sudah ada sekitar 340 juta tahun yang lalu, pada zaman ini bumi mengalami penurunan suhu yang sangat drastis. Zaman paleozoikum juga disebut dengan zaman primer karena munculnya mahluk hidup bersel satu dan tidak bertulang belakang seperti contohnya amfibi dan bakteri.
  3. Mesozoikum sudah ada sekitar 140 juta tahun yang lalu, pada zaman ini sudah mulai muncul tanda-tanda kehidupan dari hewan bertulang belakang seperti dinosaurus maupun hewan reptil lainnya. Sehingga tidak heran apabila zaman mesozoikum ini biasa disebut dengan zaman reptil atau zaman sekunder.
  4. Neozoikum sudah ada sekitar 60 juta tahun yang lalu, pada zaman ini keadaan bumi sudah lebih baik dan stabil dari pembagian zaman praaksara sebelumnya.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Demokrasi

Shara Nurrahmi S.Pd
7 min read

PPKI

Shara Nurrahmi S.Pd
7 min read

BPUPKI

Shara Nurrahmi S.Pd
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *